Rabu, 30 Oktober 2019 10:40:10

2020, Kalideres-Ujung Menteng Tersambung MRT

2020, Kalideres-Ujung Menteng Tersambung MRT

Beritabatavia.com - Berita tentang 2020, Kalideres-Ujung Menteng Tersambung MRT

 PT MRT Jakarta merencanakan memulai pembangunan fase III yang menghubungkan Kalideres di Jakarta Barat dan Ujung Menteng di Jakarta Timur ...

   2020, Kalideres-Ujung Menteng Tersambung MRT Ist.
Beritabatavia.com -
 PT MRT Jakarta merencanakan memulai pembangunan fase III yang menghubungkan Kalideres di Jakarta Barat dan Ujung Menteng di Jakarta Timur pada tahun 2020. Pada saat bersamaan MRT tahap II juga akan dimulai untuk rute Bundaran HI-Kampung Bandan Ancol.

Direktur Utama PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan biaya pembangunan fase III diperkirakan sebesar US$4 miliar atau setara Rp56 Triliun (asumsi kurs Rp14.000). Untuk funding, kita mencoba dari direct lending, penyertaan modal pemerintah, lalu dana swasta, kata William dalam keterangan resminya.

Menurut William, saat ini ada tiga pendonor yang sudah menyatakan sudah tertarik. Ketiganya adalah JICA, Asian Development Bank, Asian Infrastructure Investment Bank. Kita mulai sounding. Saya besok ke Singapura menghadiri Indonesian Investment Day yang digelar bersama BKPM, Bappenas dan Kedutaan Besar Indonesia di Singapura untuk memaparkan rencana fase 3 kita seperti apa, khususnya kepada pendonor utama, kata William.

Pembicaraan kepada pendonor akan berlangsung intens pada tahun ini. Ia mengaku optimistis dapat menarik ketiga pendonor tersebut. Pembangun fase III PT MRT Jakarta setidaknya memerlukan empat dukungan, di antaranya dukungan politik, dukungan regulasi, dukungan pendanaan dan dukungan regulasi. Untuk dukungan politik, William mengatakan pembangunan fase III sudah mendapat dukungan dari Presiden Jokowi.

Kalau dukungan politiknya sudah ada. Presiden mengatakan segera fase III, dukungan dari kementerian, dukungan dari Gubernur DKI Jakarta sehingga persoalannya adalah menyelesaikan aspek regulasi, aspek pendanaan, dan aspek teknis, jelas William.

Terkait regulasi, PT MRT perlu mendapatkan regulasi yang memasukkan pembangunan fase III sebagai proyek strategis nasional. Lalu memberikan kesempatan kepada BUMD seperti PT MRT Jakarta untuk mendapatkan direct lending, ucapnya.

Pembangunan fase III akan dilakukan secara simultan dengan fase II Bundaran HI-Kota yang sedang dikerjakan pada tahun yang sama.  Berdasarkan kajian Jabodetabek Urban Transport Policy Integration (JUTPI), untuk menyelesaikan jangka panjang 230 km jalur MRT, pembangunan tiap fase perlu dilaksanakan dalam setiap tahun. Sehingga, pembangunan fase III tidak perlu menunggu selesainya pembangunan fase II.

Fase III akan membentang sepanjang 31 km yang dibagi atas 2 stage dari Kalideres-Cempaka Putih dan Cempaka Putih-Ujung Menteng masing-masing sejauh 21 km dan 10 km. 0 BAIM
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Rabu, 25 Desember 2019
Selasa, 24 Desember 2019
Minggu, 22 Desember 2019
Jumat, 20 Desember 2019
Rabu, 11 Desember 2019
Selasa, 10 Desember 2019
Senin, 09 Desember 2019
Sabtu, 07 Desember 2019
Kamis, 05 Desember 2019