Rabu, 06 November 2019

Ali Sadikin Tanam Angsana agar Rindang, Anies malah Ditebang

Ali Sadikin Tanam Angsana agar Rindang, Anies malah Ditebang

Beritabatavia.com - Berita tentang Ali Sadikin Tanam Angsana agar Rindang, Anies malah Ditebang

POHON angsana yang dulu rindang di sepanjang trotoar Jalan Cikini saat ini sudah tak berbentuk lagi setelah Dinas Kehutanan DKI Jakarta menumbangkan ...

Ist.
Beritabatavia.com - POHON angsana yang dulu rindang di sepanjang trotoar Jalan Cikini saat ini sudah tak berbentuk lagi setelah Dinas Kehutanan DKI Jakarta menumbangkan pohon-pohon ini karena dianggap mengganggu drainase kawasan tersebut.

Ya, nasib pohon angsana di trotoar Cikini berakhir di era kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Namun, tak banyak yang tahu bahwa pohon angsana ternyata memiliki peran penting dalam sejarah penghijauan DKI Jakarta.

Pohon ini memiliki nama latin pterocarpus indicius dan masuk ke dalam famili fabaceae yang artinya pohon dengan buah polong-polongan. Pada masa pemerintahan Gubernur DKI Jakarta pertama Ali Sadikin, pohon ini menjadi salah satu dari sekian pepohonan yang ditanam untuk penghijauan Jakarta kala itu.

"Kami memiliki pohon akasia, angsana, dan semacam itu untuk menghijaukan seluruh kota," kata Ali Sadikin dalam biografinya "Membenahi Jakarta Menjadi Kota Yang Manusiawi" ditulis Ramdhan KH.

Gubernur yang akrab disapa Bang Ali oleh warga DKI Jakarta itu memilih pohon angsana sebagai pohon untuk penghijauan Ibu Kota karena kala itu Jakarta dalam kondisi yang amat gersang dan panas.

Angsana menjadi pilihan karena pohon tersebut dikenal sebagai pohon yang tumbuh cepat dan rindang. Untuk menggerakkan penghijauan Kota Jakarta secara menyeluruh, Ali Sadikin bahkan mengeluarkan kebijakan tentang keharusan menanam pohon pada halaman rumah warga DKI dengan jumlah tanaman sebanding luas halaman.

Program penanaman pohon tersebut dia jelaskan berhasil menghijaukan Jakarta. "Sewaktu saya selesai dengan tugas saya, usaha kami itu kelihatan hasilnya," kata Ali. 0 KMP






Berita Lainnya
Senin, 28 Oktober 2019
Jumat, 25 Oktober 2019
Kamis, 24 Oktober 2019
Rabu, 23 Oktober 2019
Selasa, 22 Oktober 2019
Minggu, 20 Oktober 2019
Jumat, 18 Oktober 2019
Senin, 14 Oktober 2019
Jumat, 11 Oktober 2019
Kamis, 10 Oktober 2019
Rabu, 09 Oktober 2019
Senin, 07 Oktober 2019