Selasa, 19 November 2019 17:08:26

Sering Lakukan Kesalahan? Cobalah Meditasi

Sering Lakukan Kesalahan? Cobalah Meditasi

Beritabatavia.com - Berita tentang Sering Lakukan Kesalahan? Cobalah Meditasi

JIKA Anda pelupa atau sering membuat kesalahan ketika terburu-buru, ada baiknya mengikuti rekomendasi dari hasil studi dari Michigan State ...

    Sering Lakukan Kesalahan? Cobalah Meditasi Ist.
Beritabatavia.com - JIKA Anda pelupa atau sering membuat kesalahan ketika terburu-buru, ada baiknya mengikuti rekomendasi dari hasil studi dari Michigan State University. Sebuah studi baru dari Michigan State University menemukan bahwa meditasi dapat membantu seseorang menjadi tidak terlalu rentan pada kesalahan.

Penelitian yang diterbitkan dalam Brain Sciences ini menguji bagaimana meditasi terungkap dalam pikiran dan tubuh seseorang, mengubah aktivitas otak dengan cara yang menunjukkan peningkatan pengenalan kesalahan.

Ketertarikan masyarakat pada meditasi dan mindfullness melampaui apa yang dapat dibuktikan sains dalam hal efek dan manfaatnya. Sungguh luar biasa bagi saya bahwa kami dapat melihat bagaimana satu sesi meditasi yang dipandu dapat menghasilkan perubahan aktivitas otak pada orang yang tidak bermeditasi, kata Jeff Lin, kandidat doktor psikologi MSU dan co-author studi tersebut seperti dilansir Science Daily, Selasa (19/11/2019).

Temuan menunjukkan bahwa berbagai bentuk meditasi dapat memiliki efek neurokognitif yang berbeda dan ada sedikit penelitian tentang bagaimana pemantauan terbuka berdampak pada pengenalan kesalahan.

Beberapa bentuk meditasi membuat Anda fokus pada satu objek tunggal, biasanya napas Anda, tetapi meditasi pemantauan terbuka sedikit berbeda, membuat Anda memperhatikan semua yang terjadi dalam pikiran dan tubuh. Tujuannya adalah untuk duduk dengan tenang dan memperhatikan dengan cermat ke mana perjalanan pikiran tanpa terlalu terperangkap dalam pemandangan, kata Lin.

Lin dan rekan peneliti MSU-nya, William Eckerle, Ling Peng dan Jason Moser merekrut lebih dari 200 peserta untuk menguji seberapa terbuka meditasi pemantauan memengaruhi cara orang mendeteksi dan merespons kesalahan.

Para peserta, yang belum pernah bermeditasi sebelumnya, dibawa melalui latihan meditasi pemantauan terbuka selama 20 menit, sementara para peneliti mengukur aktivitas otak melalui electroencephalography, atau EEG. Kemudian, mereka menjalankan tes gangguan terkomputerisasi.

EEG dapat mengukur aktivitas otak pada tingkat milidetik, jadi kami mendapatkan pengukuran tepat aktivitas saraf setelah kesalahan dibandingkan dengan tanggapan yang benar, kata Lin.

Dia melanjutkan, sinyal saraf tertentu terjadi sekitar setengah detik setelah kesalahan yang disebut kesalahan positif, yang terkait dengan pengenalan kesalahan sadar. Peneliti menemukan bahwa kekuatan sinyal ini meningkat pada meditator relatif terhadap kontrol.

Sementara para meditator tidak memiliki peningkatan langsung pada kinerja tugas yang sebenarnya, temuan para peneliti menawarkan jendela yang menjanjikan potensi meditasi yang berkelanjutan. Temuan ini adalah demonstrasi kuat dari apa yang dapat dilakukan hanya 20 menit meditasi untuk meningkatkan kemampuan otak untuk mendeteksi dan memperhatikan kesalahan, kata Moser.

Itu membuat kita merasa lebih percaya diri dalam meditasi mindfulness apa yang sebenarnya dapat dilakukan untuk kinerja dan fungsi sehari-hari di sana saat ini, ujar Moser.

Di saat meditasi dan mindfullness telah mendapatkan minat arus utama dalam beberapa tahun terakhir, Lin berada di antara sekelompok kecil peneliti yang mengambil pendekatan neuroscientific untuk menilai efek psikologis dan kinerja mereka.

Ke depan, Lin mengatakan bahwa fase penelitian selanjutnya adalah memasukkan kelompok peserta yang lebih luas, menguji berbagai bentuk meditasi dan menentukan apakah perubahan dalam aktivitas otak dapat diterjemahkan menjadi perubahan perilaku dengan praktik jangka panjang.

Sangat menyenangkan melihat antusiasme masyarakat terhadap mindufullness, tetapi masih banyak pekerjaan dari perspektif ilmiah yang harus dilakukan untuk memahami manfaat yang bisa didapat, dan yang sama pentingnya, bagaimana cara kerjanya. Sudah saatnya kita mulai melihatnya melalui lensa yang lebih keras, ujarnya. 0 NIZ

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022