Rabu, 20 November 2019 16:49:28

DPR: Kapolres Harus Tingkatkan Komunikasi Kantibmas

DPR: Kapolres Harus Tingkatkan Komunikasi Kantibmas

Beritabatavia.com - Berita tentang DPR: Kapolres Harus Tingkatkan Komunikasi Kantibmas

PARA kapolres diingatkan untuk dapat bersinergi melalui komunikasi aktif dengan para pejabat baik di tingkat daerah tempatnya bertugas maupun ...

  DPR: Kapolres Harus Tingkatkan Komunikasi Kantibmas   Ist.
Beritabatavia.com -
PARA kapolres diingatkan untuk dapat bersinergi melalui komunikasi aktif dengan para pejabat baik di tingkat daerah tempatnya bertugas maupun tingkat pusat sesuai dengan tupoksinya terkait persoalan keamanan dan hukum.

Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni menyampaikan melalui komunikasi yang baik, para Kapolres akan lebih banyak mengetahui ataupun menyampaikan kondisi terkini di wilayah diamankannya. Terlebih dengan dinamika kembali terganggunya situasi Kantibmas oleh para pelaku berpaham radikalisme hingga terorisme.

Kapolres harus tanggap terhadap kondisi terkini keamanannya. Bagaimana menjaga keamanan lingkungan jika komunikasi dengan pejabat di daerah ataupun tingkat pusat diabaikan. Sementara yang ingin dikomunikasikan adalah mengenai Kantibmas di daerahnya, beber politisi NasDem ini usai Rapat Kerja Komisi III DPR dengan Polri, Rabu (20/11).

Bahkan kami yang berstatus anggota Komisi III DPR telah menyampaikan nama dan status kepada sejumlah Kapolres terkait daerah pemilihan tapi kerap masih ada diabaikan. Jika kami sebagai anggota dewan saja bisa diabaikan, bagaimana masyarakat biasa? sambung Sahroni secara tegas.

Dirinya menekankan, tanpa adanya komunikasi yang baik dapat berimbas pada pengabaian persoalan hukum ataupun menjadi biasnya arus informasi terhadap sebuah peristiwa kejahatan.

Misalkan, anggota dewan menerima aspirasi dari masyarakat mengenai kejahatan di daerah tersebut. Sebagai anggota dewan tentunya informasi tersebut harus disampaikan lebih lanjut kepada aparat polri terkait, dalam hal ini kepada Kapolres selaku pimpinan yang seharusnya mengenal baik kondisi keamanan di kota ataupun kabupaten tempatnya bertugas, ujar Sahroni.

Atau ketika terjadi kejahatan luar biasa, sebut saja terorisme, sebagai pimpinan wilayah maka Kapolres harus dapat menyampaikan kepada pejabat pemerintah ataupun anggota dewan mengenai kondisi aktual, sehingga informasi tidak menjadi bias atau bahkan memunculkan hoaks, kata Sahroni.

Dalam rapat kerja bersama Polri, Sahroni selaku pimpinan Komisi III berpesan kepada Kapolri untuk mengingatkan jajaran tingkat Polres agar respontif jemput bola dan tingkat komunikasi yang baik. Banyak sudah menyampaikan nama dan posisi, Kapolres menganggap enteng, pesannya kepada Kapolri. 0 MIO

Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024