Jumat, 06 Desember 2019 17:45:48

PHRI Apresiasi Pemecatan Dirut Garuda

PHRI Apresiasi Pemecatan Dirut Garuda

Beritabatavia.com - Berita tentang PHRI Apresiasi Pemecatan Dirut Garuda

 Pemecatan Dirut PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) bukannya disambut keprihatinan, kesedihan, malah ...

 PHRI Apresiasi Pemecatan Dirut Garuda Ist.
Beritabatavia.com -  Pemecatan Dirut PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra (Ari Askhara) bukannya disambut keprihatinan, kesedihan, malah sebaliknya disambut gembira. Ungkapan kegembiraan itu dilontarkan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)  bahkan -Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI). 

Ketua Umum PHRI, Hariyadi Sukamdani, menyatakan Ari Askhara adalah salah satu sosok yang mempersulit adanya kompetisi di dunia penerbangan dan menciptakan kartel. Dan Puncaknya melakukan skandal penyelundupan motor gede (Moge) Harley Davidson.

Selama ini ada upaya untuk membuat kompetitif, tapi dipersulit. Ini terus terang saya dengan adanya pergantian Dirut Garuda ini, saya sebagai Ketua PHRI dari Sektor pariwisata gembira banget. Kita yang komplain paling berat karena dia penyebabnya, dia menciptakan kartel, lontar Ketum PHRI Hariyadi di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Hariyadi secara gamblang mengatakan, Ari mendikte pasar dengan menekan sejumlah online travel agent seperti Traveloka. Akibatnya, bukan hanya harga tiket penumpang pesawat yang tetapi juga kargo. Ini titik kita membenahi semua itu karena ini bicara tidak hanya pariwisata, tapi konektivitas, bicara pertumbuhan ekonomi kita juga. Bayangkan bukan hanya penumpang yang kena masalah, kargo kan juga jadi mahal banget. Itu kan mengganggu banget, ujarnya.

Hariyadi berharap pergantian Dirut Garuda bisa meningkatkan kompetisi harga tiket pesawat, sehingga bisa mendorong pariwisata. Dibandingkan dengan rute yang sama di ASEAN maupun Eropa sama-sama penerbangan 1-2 jam, kalau bicara Pesawat LCC kita (Indonesia) lebih mahal. Pokoknya di mana tidak ada kompetisi pasti harganya mahal. Kalau ada kompetitor, harga murah. Tidak fair lah rakyat dirugikan. Apalagi wilayah timur sangat terganggu banget karena terjadi penurunan kunjungan traveler, ujar Hariyadi.

Di tempat terpisah, Ikatan Awak Kabin Garuda Indonesia (IKAGI) menggelar konferensi pers terkait penyelundupan Harley Davidson milik Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk Ari Askhara di RA Residence, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Ketua IKAGI Zaenal Muttaqin menyambut baik langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberhentikan Dirut Garuda Indonesia Ari.
Kami sangat mendukung respons cepat Pak Erick, ujar Zaenal.

Terlepas dari penyelundupan Harley Davidson, Ia menilai kepemimpinan Ari diwarnai sederet kontroversi yang merugikan karyawan maupun penumpang. Salah satu di antaranya adalah pemalsuan laporan keuangan Garuda Indonesia tahun lalu. Kebijakan ini sangat merugikan Garuda Indonesia, kata Zaenal.

Dari sisi internal, kebijakan kontroversial Ari antara lain penghentian iuran bagi IKAGI, pembentukan serikat pekerja tandingan IKAGI, melakukan PHK tanpa dasar, hingga penerapan jam kerja yang berlebihan tanpa istirahat. Maka kami sangat bersyukur bahwa Pak Erick sudah memecatnya. Masih banyak direksi yang melakukan kebijakan-kebijakan yang berpotensi merugikan pekerja. Semoga jajaran Garuda Indonesia ke depan bisa diisi oleh sosok yang baik, ujar Zaenal. 0 DAY
 
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020