Selasa, 10 Desember 2019 17:21:22

Bakteri & Kuman Ancam Wajah, Mau Tahu Tempat Sembunyinya?

Bakteri & Kuman Ancam Wajah, Mau Tahu Tempat Sembunyinya?

Beritabatavia.com - Berita tentang Bakteri & Kuman Ancam Wajah, Mau Tahu Tempat Sembunyinya?

TERNYATA  Alat-alat seperti kuas dan spons wajah mudah tercemar bakteri berbahaya juga kuman yang menjengkelkan. Tetapi banyak pengguna masih ...

 Bakteri & Kuman Ancam Wajah, Mau Tahu Tempat Sembunyinya? Ist.
Beritabatavia.com - TERNYATA  Alat-alat seperti kuas dan spons wajah mudah tercemar bakteri berbahaya juga kuman yang menjengkelkan. Tetapi banyak pengguna masih lalai untuk membersihkannya sesering mungkin. Studi terbaru dari Fakultas Ilmu Kehidupan dan Kesehatan di Universitas Aston di Birmingham, Inggris, menambah bukti bahwa produk rias dan aplikator kosmetik mengandung bakteri berbahaya.

Bahkan, Semua produk makeup memiliki masa simpan yang mengacu pada periode di mana mereka biasanya aman digunakan. Durasi periode ini bervariasi dari satu produk ke produk lain, dan penggunaan makeup yang tidak tepat, seperti menggosok eyeshadow dengan jari yang tidak bersih, dapat memengaruhinya juga.

Banyak perusahaan menggunakan simbol (toples makeup terbuka) dan angka, mewakili beberapa bulan, pada kemasan untuk menunjukkan berapa lama produk ini aman digunakan setelah seseorang membukanya.

Dalam penelitian, temuan yang muncul dalam Journal of Applied Microbiology ini, Amreen Bashir dan Peter Lambert menganalisis sampel dari 467 produk kecantikan yang telah disumbangkan oleh pengguna di Inggris. Produk-produk ini antara lain 96 lipstik, 92 eyeliner, 93 maskara, 107 lipglos, dan 79 blender kecantikan (spons makeup yang digunakan orang untuk menggunakan alas bedak atau concealer).

Hasil tes mengungkapkan bahwa sekitar 70-90 persen dari semua produk ini terkontaminasi oleh bakteri. Secara dominan, para peneliti menemukan S. aureus, E. coli, dan Citrobacter freundii, yang merupakan bakteri yang terkait dengan infeksi kulit, keracunan makanan, dan infeksi saluran kemih (ISK), masing-masing.

Sebagian besar kontaminan ditemukan staphylococci/micrococci. Enterobacteriaceae juga terdeteksi pada semua jenis produk, dengan prevalensi tinggi pada pencampur kecantikan (26,58 persen), tulis para peneliti, dilansir Medical News Today, Selasa (10/12/2019).

Blender kecantikan juga memiliki tingkat kontaminasi jamur tertinggi, yaitu 56,96 persen. Para peneliti percaya bahwa ini karena orang pertama-tama harus membasahi spons ini untuk dapat merias wajah dengan mereka. Permukaan lembab menjadi lahan subur bagi jamur.

Beberapa muatan kontaminan bakteri tertinggi, terutama Enterobacteriaceae, juga terdapat dalam lipglos, dengan lipstik menunjukkan tingkat kontaminasi terendah. Menurut informasi yang dilaporkan orang-orang yang telah mengirim produk-produk ini ke Bashir dan Lambert untuk penelitian mereka, hanya 6,4 persen produk kecantikan yang pernah dibersihkan. Tidak ada kuas maskara yang dikirimkan yang pernah dibersihkan.

Juga, menurut data yang dilaporkan, orang biasanya menerapkan sebanyak 27,3 persen dari produk kecantikan, terutama eyeliner, di kamar mandi yang dapat menyebabkan kontaminasi dengan kotoran. Yang mengkhawatirkan, ternyata orang menjatuhkan 28,7 persen dari produk di lantai, yang bisa dipenuhi bakteri. Dari sampel blender kecantikan, orang telah menangani atau menyimpan 35,6 persen di antaranya di kamar mandi dan menjatuhkan sebanyak 64,4 persen di lantai.

Para peneliti memperingatkan bahwa temuan ini dapat menimbulkan masalah, terutama untuk orang dengan gangguan kekebalan yang lebih rentan terhadap infeksi. 0 NIZ





Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022