Senin, 30 Desember 2019 14:56:00

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

Beritabatavia.com - Berita tentang Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi

GUNUNG Anak Krakatau kembali erupsi, dengan mengeluarkan letusan atau kolom abunya hanya setinggi 50 meter pada Minggu (29/12/2019) pagi pukul ...

  Gunung Anak Krakatau Kembali Erupsi Ist.
Beritabatavia.com -

GUNUNG Anak Krakatau kembali erupsi, dengan mengeluarkan letusan atau kolom abunya hanya setinggi 50 meter pada Minggu (29/12/2019) pagi pukul 05:29 WIB.  Namun pada Senin (30/12/2019) pagi bertambah menjadi 2.000 meter dari atas puncak kawah gunung berapi yang ada di perairan Selat Sunda itu.

"Erupsi dari gunung setinggi 157 meter di atas permukaan laut tersebut dapat terlihat dari rekaman CCTV yang diletakkan di sana. Aktivitas Gunung Anak Krakatau merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Saat ini, Gunung Anak Krakatau memiliki status Level Waspada (level II)," papar Penanggung jawab pos pantau Desa Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan Andi Suardi, Senin (30/12/2019).

Dilanjutkan, arah sebaran abu vulkaniknya ke bagian selatan gunung. Hingga Senin siang, erupsi masih berlangsung, meski tidak terdengar suara dentuman dari arah Gunung Anak Krakatau. "Kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal, conding ke arah selatan. (Erupsi) Masih berlangsung, tidak terdengar dentuman," terangnya.

Meski sedang erupsi, status Gunung Anak Krakatau masih berada di Level II atau Waspada dan wisatawan tidak boleh mendekati gunung, untuk mengantisipasi hal yang tak diinginkan. "Saat ini GAK berada di status level II (waspada) dengan rekomendasi masyarakat atau wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah dalam radius 2 km dari puncak kawah," jelasnya.

Ridwan, Koordinator Lapangan Langgeng-Wisata, sebuah travel agent yang biasa membawa wisatawan ke Lampung, mengatakan bahwa wisatawan yang berkunjung masih bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari dekat. “Bisa ke sana, tapi hanya di jarak aman saja, hanya di Pulau Sebesi. Wisatawan bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari ujung Pulau Sebesi saja menggunakan motor ke Dusun Gubuk Seng,” kata Ridwan. Senin (30/12/2019).

Pulau Sebesi sendiri berada di di wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. "Biasanya perjalanan tur Gunung Anak Krakatau, wisatawan dapat mendekat ke Gunung Anak Krakatau dan melakukan trekking. Namun karena kondisi erupsi, tur tersebut harus dialihkan dengan melakukan kegiatan lain di Pulau Sebesi. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di sana yaitu snorkeling, menyelam, dan melihat kura-kura," paparnya.

Menurut Ridwan, meskipun para wisatawan tidak bisa berkunjung ke Gunung Anak Krakatau, mereka tidak perlu merasa kecewa. Sebab, mereka tetap bisa melihat Gunung Anak Krakatau dari pulau tersebut sembari menikmati kegiatan di sana. “(Wisatawan tetap bisa melihat gunung dari Pulau Sebesi) karena (pulau) tidak terpengaruh oleh erupsi tersebut,” kata Ridwan.

Ridwan masih bisa membawa wisatawan melihat gunung dari jarak aman. Ia tidak begitu khawatir sebab apabila gunung memperlihatkan gerak-gerik akan letusan dengan intensitas tinggi, masyarakat Pulau Sebesi sudah akan diungsikan dari jauh hari.

Admin Marketing Indahnesia Tour, Indah sebagai operator open trip yang memiliki paket wisata ke Lampung, mengatakan wisatawan tidak perlu panik jika sedang berada di Gunung Anak Krakatau atau kawasan sekitar Pulau Anak Krakatau saat terjadi erupsi. Biasanya sebelum perjalanan dimulai, setiap operator tur yang akan mengadakan perjalanan pariwisata ke sana sudah diberitahu sebelumnya.

Namun jika kamu merasa khawatir, kamu bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat lain di Lampung seperti Pulau Pahawang. “Karena kami belum dapat informasi dari ranger setempat, kami alihkan pengunjung yang ingin berwisata ke Pulau Anak Krakatau ke Pulau Pahawang,” kata Indah seperti dilansir laman Kompas, Senin (30/12/2019). 0 NIZ

Berita Lainnya
Kamis, 06 Agustus 2020
Sabtu, 25 Juli 2020
Kamis, 23 Juli 2020
Rabu, 22 Juli 2020
Minggu, 19 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 15 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Senin, 13 Juli 2020
Jumat, 10 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020
Rabu, 08 Juli 2020