Selasa, 21 Januari 2020 15:38:33

Ikut Kunjungan Jokowi, Kapal Wartawan Istana Terbalik

Ikut Kunjungan Jokowi, Kapal Wartawan Istana Terbalik

Beritabatavia.com - Berita tentang Ikut Kunjungan Jokowi, Kapal Wartawan Istana Terbalik

KAPAL Pinisi yang ditumpangi sejumlah wartawan Istana Kepresidenan terbalik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) ...

   Ikut Kunjungan Jokowi, Kapal Wartawan Istana Terbalik Ist.
Beritabatavia.com - KAPAL Pinisi yang ditumpangi sejumlah wartawan Istana Kepresidenan terbalik di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Selasa (21/1). Para wartawan tengah bertugas dmeliput kunjungan kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) sejak Minggu (19/1) lalu.

Sejumlah wartawan tengah berada di atas kapal sejak pukul 11.00 WITA. Beberapa di antaranya tengah berswafoto usai meliput acara penyerahan sertifikat lahan di Kantor Bupati Manggarai Barat, Kecamatan Komodo dan melepas kepulangan Jokowi ke Jakarta bersama rombongan menteri.

Sekitar pukul 12.35 WITA, Nina, wartawan Harian Kompas memberi kabar di salah satu grup wartawan bahwa kapal yang mereka tumpangi terbalik. Seisi kapal kemudian terlempar ke laut. Tak ada korban dalam musibah ini, namun sejumlah kamra wartawan televisi hilang ditelan ganasnya ombak laut.

Staf BPBD Kabupaten Manggarai Barat Hans membenarkan kejadian kapal terbalik di Labuan Bajo. Ia turut mengonfirmasi bahwa seluruh penumpang selamat. "Lokasi berdekatan dengan Pulau Bidadari Labuan Bajo. Seluruh penumpang dan ABK selamat. Penyebab kejadian kemungkinan akibat gelombang tinggi. Saat ini BPBD sedang berkoordinasi dengan SAR dan instansi terkait lainnya," tuturnya.

Istana Kepresidenan menyatakan peristiwa terbaliknya kapal Plataran Pinisi Bali yang ditumpangi sejumlah wartawan peliputan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo terjadi di luar agenda kepala negara. Jokowi sejatinya sudah bertolak pulang ke DKI Jakarta saat kejadian tersebut.

Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan agenda kunjungan kerja terakhir Jokowi di Labuan Bajo berupa penyerahan sertifikat lahan kepada masyarakat sekitar. Usai agenda itu, Jokowi dan rombongan langsung menuju Bandara Komodo untuk kembali ke ibu kota.

"Peristiwa tersebut terjadi di luar agenda Kepresidenan karena setelah acara terakhir di Labuan Bajo, yaitu penyerahan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat pada Selasa pagi," ucap Bey dalam keterangan resmi, Selasa (21/1).

Setelah agenda itu, rombongan wartawan menuju dermaga yang letaknya tak jauh dari Hotel Plataran, tempat Jokowi menginap selama kunjungan kerja. Mereka berlayar menuju Pulau Bidadari di kawasan perairan Labuan Bajo.

Para wartawan itu, yakni Edho Ferdihanzah dari TVRI, Krismastianto Baruno Suryokusumo dari Berita Satu TV, Agus Rahmat dari Vivanews.com,  dan Lizsa Egeham dar Liputan6.com. Kemudian, Desca Lidya Natalia dari LKBN Antara, Nina Susilo dari Harian Kompas, dan Anindyka Pribadi dari SCTV.

"Dalam perjalanan kembali dari Pulau Bidadari, saat berada di tengah laut, Desca, salah satu wartawan yang ikut menyampaikan terjadi perubahan cuaca mendadak yaitu ombak tinggi dan angin kencang sehingga kapal terbalik," terangnya.

Ombak tinggi dan angin kencang kemudian membalikkan kapal beserta isinya. Para wartawan dan Anak Buah Kapal (ABK) kemudian terlempar ke laut. "Petugas pantai di Hotel Plataran yang melihat kejadian tersebut segera bergerak menuju lokasi dengan speedboat. Setelah itu para wartawan dibawa ke Hotel Plataran dan langsung diperiksa oleh tim dokter dari RS Siloam Labuan Bajo," katanya.

Usai pemeriksaan dari petugas media, Bey mengatakan para wartawan pun kembali meneruskan agenda kunjungan kerja, yaitu kepulangan ke ibu kota. "Saat ini, mereka sudah berada di Bandara Komodo, Labuan Bajo untuk kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat pukul 15.40 WITA," ujarnya.  0 END

 

Berita Lainnya
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Senin, 04 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024
Sabtu, 02 Maret 2024
Jumat, 01 Maret 2024
Kamis, 29 Februari 2024
Kamis, 29 Februari 2024
Kamis, 29 Februari 2024