Rabu, 01 Juli 2020 13:49:21

Jenderal Idham : Polri Tidak Pandang Bulu Soal Dana Penanganan Covid-19

Jenderal Idham : Polri Tidak Pandang Bulu Soal Dana Penanganan Covid-19

Beritabatavia.com - Berita tentang Jenderal Idham : Polri Tidak Pandang Bulu Soal Dana Penanganan Covid-19

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memerintahkan Polri melakukan kordinasi yang bersinergi dengan penegak hukum lainnya seperti Kejaksaaan ...

Jenderal Idham : Polri Tidak Pandang Bulu Soal Dana Penanganan Covid-19 Ist.
Beritabatavia.com -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali memerintahkan Polri melakukan kordinasi yang bersinergi dengan penegak hukum lainnya seperti Kejaksaaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengawasi anggaran penanganan covid-19. Agar anggaran yang disiapkan negara untuk membiayai penanganan wabah virus covid-19 tidak dicuri oleh oknum yang tidak bertanggungjawab.

“Saya perintahkan kepada jajaran Polri, Kejaksaan, KPK dan lembaga pengawas internal pemerintahan untuk terus memperkuat sinergi memperkuat kerjasama,” kata Presiden Jokowi saat upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta, Rabu 1 Juli 2020.

Selain mengawasi anggaran yang jumlahnya cukup besar Rp 695,5 triliun bahkan akan terus bertambah sesuai dengan kebutuhan. Presiden juga meminta Polri mendorong percepatan penggunaan anggaran.

“Tolong pelaksanaan program penanganan Covid-19 ini dibantu percepatannya dan diawasi penggunaan anggarannya. Alokasi dananya cukup besar Rp695,2 triliun. Dan, bisa lebih besar lagi jika diperlukan,” tegas Presiden Jokowi. Tetapi aspek pencegahan harus lebih dikedepankan dalam pengawasan anggaran Covid-19. Sehingga pengawasan dilakukan tanpa harus menunggu terjadinya masalah, kata Presiden menambahkan.

Presiden Jokowi menekankan, kalau ada potensi masalah segera ingatkan. Tapi kalau sudah ada niat buruk untuk korupsi ada mensrea ya harus ditindak. Silakan digigit saja apalagi dalam situasi krisis sekarang ini tidak boleh ada satupun yang main-main.

kapolri

foto : Kapolri Jenderal Idham Aziz

Sebelumnya Presiden Jokowi juga telah menyampaikan perintah serupa. Kemudian mendapat respon dari Kapolri Jenderal Idham Aziz dengan menyatakan Polri siap menjalankan instruksi Presiden Jokowi untuk menindak tegas siapapun pihak yang berani menyelewengkan dana yang digelontorkan pemerintah untuk membantu perekonomian warga di tengah pandemi Covid-19. Idham memastikan Polri tidak akan pandang bulu.

“Dalam situasi dan kondisi pandemi seperti ini apabila ada yang menyalahgunakan, maka Polri tidak pernah ragu untuk menangkap dan memproses pidana,” kata Kapolri Jenderal Idham Azis.

Bahkan, kata Idham, Polri telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) dibawah komando Kepala Bareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo. Tim tersebut tidak akan segan-segan menindak oknum yang menyalahgunakan dana yang dikhususkan bagi rakyat itu.

“Polri sudah membentuk satgas khusus di bawah kendali Kabareskrim,” ujar Idham.

Jenderal bintang empat ini mengingatkan semua pihak jangan sampai menyalah gunakan kelonggaran aturan dana Covid dengan tujuan memperkaya diri.

“Presiden sudah mempermudah proses pencairan dana Covid. Awas, siapa saja yang ingin bermain curang, akan saya sikat. Hukumannya sangat berat,” tutur Mantan Kabareskrim Polri ini. O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 28 Juli 2020
Selasa, 21 Juli 2020
Jumat, 17 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Kamis, 16 Juli 2020
Rabu, 01 Juli 2020
Selasa, 30 Juni 2020
Rabu, 24 Juni 2020
Minggu, 21 Juni 2020
Rabu, 17 Juni 2020
Rabu, 17 Juni 2020
Jumat, 12 Juni 2020