Minggu, 02 Mei 2021 15:31:56

Hasil Penjualan Dipotong, Ratusan Seller Lazada Resah dan Rugi

Hasil Penjualan Dipotong, Ratusan Seller Lazada Resah dan Rugi

Beritabatavia.com - Berita tentang Hasil Penjualan Dipotong, Ratusan Seller Lazada Resah dan Rugi

Kepiawaian Lazada menyenangkan konsumen dengan berbagai fasilitas sehingga berani mengklaim menjadi destinasi belanja online di ...

Hasil Penjualan Dipotong, Ratusan Seller Lazada Resah dan Rugi Ist.
Beritabatavia.com -

Kepiawaian Lazada menyenangkan konsumen dengan berbagai fasilitas sehingga berani mengklaim menjadi destinasi belanja online di Indonesia, ternyata tidak membuat ratusan penjual atau seller pengguna platform Lazada ikut senang. Justru seller resah lantaran Lazada sangat piawai mengemas pasal-pasal kesepakatan untuk mengeruk keuntungan dengan cara memotong uang hasil penjualan tanpa seizin para seller pengguna platform Lazada.

Disebutkan, pihak Lazada dengan cara semena-mena memotong uang seller dariĀ  hasil penjualan barang dengan alasan tidak sesuai dimensi produk yang ditulis dalam spesifikasi barang. Praktik lainnya atau yang disebut para seller sebagai kasus autoposting yaitu pemotonganĀ  ongkos kirim dengan alasan kelebihan berat barang. Tindakan Lazada semena-mena dan sepihak itu membuat ratusan seller Lazada mengalami kerugian hingga ratusan juta rupiah. Tetapi para seller mengaku tak berdaya meskipun diperlakukan semena-mena oleh Lazada.

Seperti pengakuan Aci, salah seorang penjual atau seller Lazada, praktik pemotongan uang hasil penjualan sudah berjalan sejak 2019 silam. Sehingga Aci penjual alat-alat rumah tangga di Lazada itu mengalami kerugian hingga mencapai Rp 600 jutaan. Aci asal Sumatera Utara mengaku kesal akibat tindakan pihak Lazada,seraya menunjukkan dokumen bukti pemotongan uang miliknya oleh Lazada.

" Uang hasil penjualan dipotong langsung tanpa izin. Kalau barang tidak sesuai atau beratnya melebihi kembalikan saja ke seller, jangan diproses lalu main potong uang pedagang," kata Aci.

Padahal, lanjutnya, kita sudah sesuai ketentuan yang tertera dalam kesepakatan antara seller dengan Lazada. Tetapi Lazada selalu menyebut tidak sesuai dan menyalahkan seller kemudian langsung memotong, urusannya belakangan. Buktinya kalau seller terus komplain dengan cara lebih keras, Lazada mengembalikan uang seller yang dipotong tetapi jumlahnya sangat kecil.

"Keinginan seller, kalau dianggap barang tidak sesuai ya balikin aja. Kenapa Lazada tetap mengirim kemudian memotong hasil penjualan, padahal profit satu kiriman hanya ribuan rupiah," ujar Aci.
Para seller mengaku sedang mengumpulkan bukti-bukti, apabila uang yang dipotong pihak Lazada tidak segera dikembalikan, mereka akan menempuh jalur hukum atau melaporkan kasus ini ke kepolisian. O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023
Senin, 30 Oktober 2023