Selasa, 01 Juni 2021 10:25:36

Kapolri Terbitkan Izin Keramaian Kompetisi Sepakbola Liga 1 & Liga 2

Kapolri Terbitkan Izin Keramaian Kompetisi Sepakbola Liga 1 & Liga 2

Beritabatavia.com - Berita tentang Kapolri Terbitkan Izin Keramaian Kompetisi Sepakbola Liga 1 & Liga 2

Setelah dipastikan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan dengan displin yang ketat, aktivitas olahraga mulai bergeliat. Kepastian itu ...

Kapolri Terbitkan Izin Keramaian Kompetisi Sepakbola Liga 1 & Liga 2 Ist.
Beritabatavia.com - Setelah dipastikan protokol kesehatan (prokes) tetap dijalankan dengan displin yang ketat, aktivitas olahraga mulai bergeliat. Kepastian itu diperoleh, setelah Polri menerbitkan izin keramaian pelaksanaan kompetisi sepakbola Liga1 dan Liga 2 musim 2021 dan telah diserahkan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainuddin Amali, Senin (31/5/2021).

“Dari hasil diskusi dan kesepakatan, kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat,” kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, kepada wartawan di Mabes Polri, Senin 31/5/2021.

Menurut Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, meskipun izin keramaian untuk menggelar kompetisi tersebut diberikan, seluruh pihak harus tetap mengutamakan azas Salus Populi Supreme Lex Esto atau keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi.

Sigit menjelaskan,nantinya pihak kepolisian akan melakukan pengawasan dan evaluasi berkala selama bergulirnya kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Apabila ditemukan pelanggaran, maka aparat tak segan untuk memberikan sanksi yang menyangkut pertandingan itu sendiri.

“Kegiatan (kompetisi Liga 1 dan Liga 2) akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan liga,” tegas Jenderal Sigit.

Dikatakan, pemberian izin keramaian untuk melaksanakan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 setelah evaluasi pelaksanaan Piala Menpora dinilai berjalan dengan baik. Meskipun, di akhir-akhir masih ada sedikit pelanggaran, yakni konvoi sekelompok suporter.

Oleh karena itu, mantan Kapolda Banten itu meminta seluruh pihak penyelenggara memastikan peristiwa konvoi suporter sepak bola tidak akan kembali terulang di pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2.

“Turnamen sepakbola beberapa waktu lalu tentu menjadi bagian dari evaluasi kami. Penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yang kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster Covid-19,” tutur Sigit.

Sementara Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memastikan terkait dengan pelaksanaan Liga 1 dan Liga 2 seluruh terkait bakal berkomitmen untuk menerapkan protokol kesehatan.

Salah satunya, kata Zainudin, pelaksanaan pertandingan bakal dilaksanakan terpusat di Pulau Jawa yang angka penyebaran virus coronanya rendah atau dikategorikan sebagai zona hijau.

“Semua pertandingan dipusatkan di Pulau Jawa dengan beberapa klaster. Kami merasa apa yang sudah direncanakan dan dipaparkan saat rapat koordinasi sudah siap untuk permohonan izin keramaian,” tutup Zainudin. O son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 07 Agustus 2023
Jumat, 04 Agustus 2023
Senin, 10 Juli 2023
Minggu, 09 Juli 2023
Selasa, 20 Juni 2023
Kamis, 08 Juni 2023
Jumat, 19 Mei 2023
Kamis, 11 Mei 2023
Rabu, 10 Mei 2023
Senin, 08 Mei 2023
Jumat, 28 April 2023
Selasa, 21 Maret 2023