Selasa, 01 Juni 2021 12:03:02

Kapolri : Bersatu Lawan Covid-19 Jadikan Momentum Untuk Merefleksikan Hari Lahir Pancasila

Kapolri : Bersatu Lawan Covid-19 Jadikan Momentum Untuk Merefleksikan Hari Lahir Pancasila

Beritabatavia.com - Berita tentang Kapolri : Bersatu Lawan Covid-19 Jadikan Momentum Untuk Merefleksikan Hari Lahir Pancasila

Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan dan semangat gotong royong. ...

Kapolri : Bersatu Lawan Covid-19 Jadikan Momentum Untuk Merefleksikan Hari Lahir Pancasila Ist.
Beritabatavia.com -

Hari lahir Pancasila diperingati setiap 1 Juni menjadi momentum untuk menjaga persatuan dan kesatuan dan semangat gotong royong. Seperti ajakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersatu dan bergotong royong melawan dan memerangi pandemi virus Covid-19 yang masih melanda Tanah Air.  

"Semangat gotong royong itu, merupakan salah satu bentuk merefleksikan peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2021," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dalam keterangan tertulisnya, Selasa 1 Juni 2021.

Dengan bergandengan tangan melawan Covid-19, merupakan wujud generasi penerus bangsa saat ini untuk melanjutkan semangat Founding Fathers Indonesia dalam merumuskan Pancasila sebagai Idiologi Bangsa ketika itu.

"Menanamkan nilai Pancasila di tengah Pandemi Covid-19 dapat dilakukan dengan gotong royong, bersatu dan bergandengan tangan sebagaimana butir ketiga pancasila 'Persatuan Indonesia' dalam melawan dan memerangi Pandemi Covid-19 yang saat ini sedang dihadapi oleh Indonesia khususnya dan dunia pada umumnya," kata Jenderal Sigit.

Menurutnya, Pancasila sebagai bentuk kepribadian dan pandangan hidup berbangsa,  menjadi dasar yang kuat untuk masyarakat dengan pemerintah bersatu menghadapi tantangan yang terjadi saat Pandemi Covid-19.

"Semangat persatuan dan kesatuan dari seluruh lapisan masyarakat bersama dengan Pemerintah, akan mewujudkan Indonesia yang tangguh ketika menghadapi virus corona saat ini," ujar Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu melanjutkan, dengan adanya persatuan itu, maka efek domino yang dihasilkan dari Pandemi Covid-19, mulai dari perekonomian dan kehidupan sosial dapat teratasi dengan baik.

Refleksi Hari Lahir Pancasila juga dapat diimplementasikan dengan kesadaran kedisiplinan dari masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Selain itu, dukungan masyarakat sangat menentukan efektifitas seluruh kebijakan kebijakan pemerintah dalam upaya memutus rantai penyebaran dan penularan virus Covid-19.

"Kedisplinan protokol kesehatan dapat menjadi kunci untuk Indonesia segera bisa keluar dari Pandemi Covid-19. Dukungan dari masyarakat untuk turut serta dan berperan aktif dalam pelaksanaan PPKM Mikro, vaksinasi nasional serta penguatan 3M dan 3T, juga bisa menjadi bentuk nasionalisme atau wujud kecintaan terhadap Pancasila," kata Jenderal Sigit.

Adanya gotong royong masyarakat dan Pemerintah dalam memerangi Covid-19 maka akan terwujud Pancasila dalam tindakan, bersatu untuk Indonesia tangguh. Sebagaimana tema Hari Lahir Pancasila 2021 yang diusung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) tahun ini.O son

Berita Lainnya
Senin, 01 April 2024
Senin, 01 April 2024
Senin, 01 April 2024
Senin, 01 April 2024
Jumat, 29 Maret 2024
Rabu, 27 Maret 2024
Rabu, 27 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Senin, 25 Maret 2024