Sabtu, 06 November 2021 13:29:43

4 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

4 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Beritabatavia.com - Berita tentang 4 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan

Selain bentuknya menarik perhatian, rasa terong ungu juga enak bila diolah menjadi makanan seperti sayur lodeh atau terong balado. Bukan hanya ...

4 Manfaat Terong Ungu Untuk Kesehatan Ist.
Beritabatavia.com -

Selain bentuknya menarik perhatian, rasa terong ungu juga enak bila diolah menjadi makanan seperti sayur lodeh atau terong balado. Bukan hanya lezat, terong ungu juga ternyata mengandung banyak vitamin seperti vitamin A, B Kompleks, C,E D dan K serta kaya zat besi, antosianin, ellagic acid serta phycocyanian. Sehingga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber, manfaat terong ungu bagi kesehatan tubuh :

1. Menurunkan Tekanan Darah
Hipertensi terjadi ketika tekanan darah 130/80 mmHg. Diperkirakan 45 persen orang dewasa di atas 18 tahun memiliki tekanan darah tinggi, menurut Centers for Disease Control (CDC).

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan stroke, aneurisma, gagal jantung, demensia, dan gagal ginjal, menurut Mayo Clinic.

2. Menyehatkan Jantung
Terong adalah buah rendah karbohidrat dengan 2,5 gram serat per porsi. Serat dapat membantu menurunkan kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dalam darah, mengurangi peradangan dan menurunkan tekanan darah, menurut Mayo Clinic.

Serat makanan, terutama serat larut dari buah memiliki hubungan terbalik dengan beberapa penyakit, termasuk penyakit jantung. Serat larut dikaitkan dengan risiko penyakit jantung yang lebih rendah.

3. Menyehatkan Usus
Makan makanan yang kaya buah-buahan dan sayuran, termasuk terong, membantu menjaga bakteri baik di usus sekaligus menjaga agar bakteri jahat tidak membuat sakit.

Bakteri usus memfermentasi serat dari buah-buahan dan sayuran yang menciptakan asam lemak rantai pendek untuk menyerap lebih banyak nutrisi penting dari makanan, menurut tinjauan Agustus 2019 di Comprehensive Review in Food Science and Food Safety.

4. Kaya Antioksidan
Warna ungu tua pada kulit terong berasal dari antioksidan kuat antosianin. Makanan lain yang tinggi antosianin termasuk blueberry, cranberry dan kubis merah.

Antosianin membantu melindungi tanaman dari kerusakan akibat stres oksidatif, menurut ulasan Februari 2021 di Physiologia Plantarum.

Penelitian pada hewan, manusia, dan laboratorium telah menemukan bukti antosianin memiliki sifat antioksidan dan antimikroba dan terkait dengan peningkatan kesehatan visual dan neurologis, menurut tinjauan Agustus 2017 di Food and Nutrition Research. O red/son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 23 Juni 2020
Kamis, 30 April 2020
Minggu, 05 April 2020
Kamis, 02 April 2020
Rabu, 01 April 2020
Senin, 16 Maret 2020
Selasa, 10 Maret 2020
Senin, 09 Maret 2020
Selasa, 03 Maret 2020
Jumat, 24 Januari 2020
Selasa, 21 Januari 2020
Jumat, 17 Januari 2020