Selasa, 14 Desember 2021 15:31:05

Polri Temukan Modus Baru Praktik TPPU Lewat Game Online & Uang Kripto

Polri Temukan Modus Baru Praktik TPPU Lewat Game Online & Uang Kripto

Beritabatavia.com - Berita tentang Polri Temukan Modus Baru Praktik TPPU Lewat Game Online & Uang Kripto

Kepolisian mengendus modus baru praktik tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan menggunakan game online dan mata uang kripto (cryptocurrency) ...

Polri Temukan Modus Baru Praktik TPPU Lewat Game Online & Uang Kripto Ist.
Beritabatavia.com -

Kepolisian mengendus modus baru praktik tindak pidana pencucian uang (TPPU) dengan menggunakan game online dan mata uang kripto (cryptocurrency) yang sampai saat ini dilarang di Indonesia.

Meski Polri mengakui masih menemukan kesulitan untuk mengungkap modus baru TPPU dengan menggunakan game online dan uang kripto yang sekaligus merupakan bagian dari perkembangan teknologi. Tetapi Polri menyebut setiap kejahatan pasti meninggalkan jejak yang dapat digunakan sebagai petunjuk untuk mengungkapnya.

"Jadi namanya jejak digital itu pasti bisa terungkap. Mau email, WA, website, bisa terungkap karena data tersebut pasti meninggalkan jejak,” kata Dirtipideksus Bareskrim Polri, Brigjen Pol Whisnu Hermawan kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (14/12/2021). Saat ini yang lagi tren adalah game online, tambahnya.

Menurut Whisnu, tim dari Cyber Crime Mabes Polri maupun satuan terkait penanganan kejahatan berbasis teknologi sudah mencoba melakukan penelusuran transaksi melalui game online serta kripto.

"Ternyata game online belum bisa kita deteksi, bagaimana dia bisa membuat suatu transaksi menggunakan game online,” jelasnya.

“Game online, kripto, ini menjadi hal yang in lah sekarang ini. Lewat kripto saja, lewat game online saja, karena enggak terdeteksi. Ini juga menjadi permasalahan ke depan karena teknologi saja semakin canggih," sambungnya.

Namun demikian, Whisnu memastikan segala TPPU yang dilakukan berbasis transaksi digital selain yang terbaru tersebut mampu diatasi dengan mudah.

"Bila dia menggunakan teknologi digital mudah-mudahan dengan kemampuan dan teknologi yang kita dapat, kita punya saat ini, dapat mengungkap beberapa perkara melalui digital forensik tersebut," tandasnya. O red/son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 02 September 2021
Jumat, 27 Agustus 2021
Rabu, 18 Agustus 2021
Sabtu, 14 Agustus 2021
Rabu, 30 Juni 2021
Minggu, 13 Juni 2021
Rabu, 26 Mei 2021
Selasa, 25 Mei 2021
Selasa, 11 Mei 2021
Rabu, 05 Mei 2021
Minggu, 02 Mei 2021
Jumat, 09 April 2021