Senin, 04 April 2022 15:46:58

Satgab Awasi Produksi & Distribusi Selama 24 Jam, Kapolri: Tindak Tegas Kalau Curang

Satgab Awasi Produksi & Distribusi Selama 24 Jam, Kapolri: Tindak Tegas Kalau Curang

Beritabatavia.com - Berita tentang Satgab Awasi Produksi & Distribusi Selama 24 Jam, Kapolri: Tindak Tegas Kalau Curang

Polri dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membentuk Satgas Gabungan (Satgab) untuk melakukan pengawasan dan pemantauan selama 24 jam ...

Satgab Awasi Produksi & Distribusi Selama 24 Jam, Kapolri: Tindak Tegas Kalau Curang Ist.
Beritabatavia.com - Polri dan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) membentuk Satgas Gabungan (Satgab) untuk melakukan pengawasan dan pemantauan selama 24 jam terhadap ketersediaan dan stabilitas minyak goreng serta sembilan bahan pokok (sembako) dari mulai proses di produsen, distribusi hingga pasar.

Pembentukan Satgas gabungan tersebut disepakati saat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menggelar rapat evaluasi ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng, di Mabes Polri, Senin 4/4/2022.

"Untuk memastikan ketersediaan dan betul-betul ada di pasar, kami bersama pak Menperin membentuk satgas gabungan. Satgas gabungan ini kita tempatkan mulai di level pusat para produsen dan di kantor pusat juga ditempatkan personel dari kepolisian dan Kemenperin. Khususnya di beberapa produsen besar melekat selama 24 jam. Untuk mengawasi proses produksi," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, usai rapat evaluasi bersama Memperin, Senin 4/4/2022.

Diharapkan, adanya pengawalan melekat selama 24 jam penuh itu, minyak goreng khususnya jenis curah dapat terjamin ketersediaannya guna memenuhi kebutuhan dari masyarakat. Serta, harga penjualannya pun sesuai dengan kebijakan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh Pemerintah. 

"Karena memang ada kekhawatiran, keragu-raguan terkait dengan penggantian. Dan itu sudah ditegaskan bahwa, semua yang sudah diikat dengan kontrak badan sawit  pasti akan diberikan subsidi. Karena itu tugas dari produsen adalah bagaimana kemudian memastikan produksinya sesuai dengan kontrak yang telah ditetapkan. Kalau ini bisa berjalan 50 persen saja, seharusnya di pasar terpenuhi," tegas Jenderal Sigit.

Kapolri memastikan,pihak Polri akan mengerahkan personel dari Satgas Pangan tingkat pusat, daerah, intelijen hingga Bhabinkamtibmas untuk melakukan pengecekan ketersediaan dan stabilitas harga minyak goreng curah di pasaran, selama 24 jam. 

"Di level distributor baik distributor tingkat I sampai tingkat IV, hingga pengecer akan kita turunkan personel dari Satgas Pusat, daerah, rekan-rekan intelijen, Bhabinkamtibmas untuk turun mengecek di pasar. Sehingga rangkaian proses, mulai dari produsen, distributor sampai dengan pasar betul-betul bisa kita awasi dengan baik," tegas Jenderal Sigit.

Alumni AKPOL 1991 ini mengungkapkan, upaya dan komitmen ini merupakan langkah untuk untuk menghindari segala bentuk gangguan terkait masalah ketersediaan maupun harga minyak goreng curah di pasaran. 

Jenderal Sigit menegaskan, pihaknya akan melakukan tindak tegas apabila ada pihaak yang mencoba memanfaatkaan keadaan dengan melakukan tindakan curang serta melanggar atauran hukum.

Kapolri Jenderal Sigit mengakui, hasil evaluasi yang disampaikan Kemenperin, ditemukan adanya modus pengemasan ulang,munculnya jenis atau merk baru yang selama ini tidak ada di pasar hingga memalsukan dokumen demi mendapatkan jatah subsidi. 

"Pemerintah sudah mengambil kebijakan, memberikan subsidi, memberikan BLT. Dan saya minta pelaku usaha juga melaksanakan kewajiban dengan baik, sehingga kebutuhan masyarakat khususnya menghadapi bulan Ramadhan, dimana aktivitas dan kebutuhan untuk minyak meningkat betul-betul tersedia," tegas Jenderal Sigit.

kapolri

Foto : Kapolri jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Memperin Agus Gumiwang Kartasasmita usai menggelar rapat evaluasi, Senin 4/4/2022

Kapolri juga menjelaskan, pemantauan bukan hanya minyak goreng curah, tetapi ketersediaan dan stabilitas harga sembako dan kebutuhan masyarakat lainnya juga menjadi target Satgas gabungan.

"Kedepan ada beberapa hal yang akan kami kerjakan. Saat ini sedang kita rapatkan terkait kebutuhan sembako yang lain termasuk juga BBM yang saat ini mulai ada fluktuasi terkait harga dan ketersediaan dilapangan," ungkap Kapolri. 0 son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023
Senin, 30 Oktober 2023