Selasa, 26 April 2022 19:27:50

Kapolri : Tidak Perlu Cemas Polri Kerahkan Tim Amankan Pemudik

Kapolri : Tidak Perlu Cemas Polri Kerahkan Tim Amankan Pemudik

Beritabatavia.com - Berita tentang Kapolri : Tidak Perlu Cemas Polri Kerahkan Tim Amankan Pemudik

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan ...

Kapolri : Tidak Perlu Cemas Polri Kerahkan Tim Amankan Pemudik Ist.
Beritabatavia.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengapresiasi masyarakat yang telah menindaklanjuti imbauan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk melakukan mudik Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2022 lebih awal sebelum prediksi puncak arus mudik pada 28 - 30 April 2022.

"Disatu sisi, kami juga sangat berterima kasih dan apresiasi masyarakat yang telah mendengarkan imbauan mudik yang disampaikan oleh Bapak Presiden yaitu mudik lebih awal," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat meninjau kesiapan pelaksanaan mudik di Pelabuhan Merak, Banten, bersama Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan stakeholder terkait lainnya, Selasa (26/4/2022).

Jenderal Sigit menyebut, dari hasil pemantauan telah terjadi peningkatan arus mudik sebelum tanggal 28 - 30 April 2022. Maka, mudik lebih awal yang diputuskan oleh masyarakat akan semakin mencegah terjadinya potensi kemacetan pada H-4 hingga H-1 Lebaran. 

"Kita lihat bahwa, dari mulai kemarin dan hari ini kegiatan arus mudik sudah mulai terlihat dan tentunya ini sangat baik khususnya untuk mengurai kemacetan. Prediksi puncak arus mudik pada H-4, H-3, H-2 dan H-1. Kalau ini bisa kita urai tentunya kemacetan pun kita harapkan bisa semakin kita kurangi," ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterima, Jenderal Sigit menjelaskan,Pelabuhan Merak telah masuk ke dalam situasi kuning lantaran terjadinya lonjakan penumpang.

"Siang ini tadi kita lihat sempat masuk situasi kuning artinya sempat ada penyetopan sementara di jalur yang sudah dipersiapkan dan kemudian kita liat juga diseluruh dermaga terlihat sudah penuh. Artinya disatu sisi kita melihat bahwa terjadi pergeseran waktu masyarakat yang akan melaksanakan mudik khususnya di wilayah Merak," jelas Jenderal Sigit.

Selain meninjau Pelabuhan Merak, Kapolri Jenderal Sigit bersama para menteri terkait juga mengecek langsung kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu. Untuk memastikan fasilitas yang disediakan melayani para pemudik dan warga setempat yang hendak melengkapi vaksinasi hingga dosis III atau Booster telah siap dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Tadi di pos pam di monitor bagaimana semua terkoneksi dengan BNPB dan stakeholder lainnya termasuk situasi-situasi yang memang harus diketahui dengan menggunakan CCTV dan tersambung Command Center kita lihat semua terkoneksi dengan baik. 
Tentunya harapan kita ini juga bisa memberikan pelayanan yang jauh lebih baik kepada masyarakat yang akan mudik," ungkap mantan Kapolda Banten itu.

Dia juga menjelaskan, untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman para pemudik, Polda Banten dan Polda Lampung telah menurunkan tim atau Satgas untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas yang menganggu pemudik.

"Jadi masyarakat diharapkan tidak usah cemas dan takut. Karena Polri dengan seluruh stakeholder yang ada telah mempersiapkan tim. Sehingga masyarakat yang mudik khususnya di waktu atau jam rawan ada satgas yang siap untuk mengawal. Sehingga masyarakat bisa mudik dan selamat sampai di rumah," tegas Kapolri Jenderal Sigit. 0 son

Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024