Rabu, 08 Juni 2022 00:13:28

115 Calon Jamaah Haji Ngawi Berangkat, Polres Ngawi Perketat Pengamanan Dan Pengawalan

115 Calon Jamaah Haji Ngawi Berangkat, Polres Ngawi Perketat Pengamanan Dan Pengawalan

Beritabatavia.com - Berita tentang 115 Calon Jamaah Haji Ngawi Berangkat, Polres Ngawi Perketat Pengamanan Dan Pengawalan

Kepolisian Resor (Polres) Ngawi perketat pengamanan dan pengawalan pemberangkatan 115 calon jamaah haji dari wilayah Kabupaten Ngawi menuju tempat ...

115 Calon Jamaah Haji Ngawi Berangkat, Polres Ngawi Perketat Pengamanan Dan Pengawalan Ist.
Beritabatavia.com -

Kepolisian Resor (Polres) Ngawi perketat pengamanan dan pengawalan pemberangkatan 115 calon jamaah haji dari wilayah Kabupaten Ngawi menuju tempat transit di Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Pada tahun 2022 ini pemerintah melalui Kementerian Agama telah membuka kembali kegiatan haji dan umroh, dan kebijakan tersebut disambut baik oleh umat muslim di Kabupaten Ngawi, sebab sudah dua tahun lamanya selama pandemi Covid-19 melanda, calon jamaah haji terdaftar sangat merindukan keberangkatan haji ke tanah suci. Tentu saja kegembiraan dan sukacita tersebut menjadi berkah tersendiri bagi umat muslim khususnya calon jamaah haji Kabupaten Ngawi untuk menyempurnakan ibadahnya dalam menjalani rukun Islam.

Kini tibalah saatnya pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2022 pukul 15.00 WIB sebanyak 115 calon jamaah haji Ngawi berangkat dari Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi menuju tempat transit Asrama Haji Sukolilo Surabaya selanjutnya berangkat ke tanah suci Arab Saudi masuk dalam kelompok terbang (kloter) 7 gelombang 1.

Ditemui dilokasi kegiatan pengamanan Wakapolres Ngawi Kompol Kennedy mengatakan, bahwa untuk memastikan keamanan dan kelancaran pemberangkatan 115 calon jamaah haji ini, Polres Ngawi menerjunkan 50 personel pengamanan ditambah lagi perkuatan personel Polwan sebanyak 20 orang sebagai pagar pembatas antara pengantar dan calon jemaah haji menuju kendaraan bus pengangkut.

"Kita tetapkan pola bertindak dalam pengamanan secara terbuka maupun tertutup dengan mengedepankan tindakan pre-emtif dan preventif serta mempertimbangkan hasil pemetaan dan prediksi kerawanannya," jelas Kompol Kennedy.

Kompol Kennedy menyebut, pola pengamanan pemberangkatan dibagi dua, yang pertama diawali dengan pengamanan pemberangkatan koper milik calon jamaah haji di Aula Kemenag Ngawi dengan menggunakan kendaraan truk. Kemudian dilanjutkan pengamanan upacara pemberangkatan 115 calon jemaah haji di pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi. Kompol Kennedy menambahkan, upacara pemberangkatan jamaah haji dipimpin oleh Bupati Ngawi H. Ony Anwar Harsono S.T., M.H. dihadiri undangan Forkopimda Kabupaten Ngawi, pejabat terkait, dan perwakilan MUI Kabupaten Ngawi, IPHI, KBIH, FK KBIU, Ormas Keagamaan, serta unsur PPIH, termasuk 115 calon jamaah haji dan pendamping, kegiatan upacara menerapkan protokol kesehatan secara ketat sesuai PPKM level 1 Kabupaten Ngawi.

"Perlu diketahui bahwa secara keseluruhan jumlah 115 calon jamaah haji yang berangkat ke tanah suci ini terdiri dari 51 laki laki dan 64 perempuan, seluruhnya berasal dari 16 wilayah kecamatan di Kabupaten Ngawi, keberangkatannya didampingi 1 orang dari Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) yaitu sdr. Abdul Halim, berangkat dari pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi dengan menggunakan 3 unit Bus menuju tempat transit Asrama haji Sukolilo Surabaya diiringi 2 unit kendaraan PPIH, dikawal 2 unit kendaraan Patwal lantas dan 1 unit ambulance," ujar Kompol Kennedy.

Selain itu, Kompol Kennedy menjelaskan, Polres Ngawi akan prioritaskan pengamanan lokasi parkir kendaraan pengantar, lokasi upacara pemberangkatan dan lokasi jalur keluarnya Bus pengangkut calon jamaah haji dari halaman Pendopo Kabupaten Ngawi. Lebih lanjut, Kompol Kennedy menerangkan bahwa pihaknya akan melokalisir antara pengantar dengan calon jamaah haji dari tempat upacara menuju ke bus pengangkut dengan membentuk barikade barisan personil Polwan.

"Pola pengamanan tersebut untuk membuat kelancaran jalannya prosesi upacara dan pelepasan pemberangkatan calon jamaah haji menuju kendaraan bus pengangkut," sebut Kompol Kennedy Wakapolres Ngawi.

Adapun route perjalanan rombongan menurut Waka Kompol Kennedy adalah Pendopo Wedya Graha Ngawi - Gerbang Tol Ngawi - Masjid Sukolilo Nganjuk (Sholat Azar) Tol Nganjuk Surabaya - Asrama Haji Sukolilo Surabaya. Sedang untuk rencana kepulangan jemaah haji Kompol Kennedy mengungkapkan, yaitu berangkat dari Arab Saudi pada hari Selasa tanggal 19 Juli 2022, tiba di Bandara Juanda Surabaya hari Rabu tanggal 20 Juli 2022 dan kembali ke Ngawi diperkirakan malam hari pukul 21.30 WIB. (Tk/red).

Berita Lainnya
Kamis, 11 Agustus 2022
Kamis, 11 Agustus 2022
Rabu, 10 Agustus 2022
Rabu, 10 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Rabu, 03 Agustus 2022
Rabu, 03 Agustus 2022
Selasa, 02 Agustus 2022
Senin, 01 Agustus 2022
Senin, 01 Agustus 2022