Rabu, 10 Mei 2023 15:46:09

KTT Asean Summit ke-42 di Bajo, Polri Berikan Pengamanan Pengawalan Hingga Bali

KTT Asean Summit ke-42 di Bajo, Polri Berikan Pengamanan Pengawalan Hingga Bali

Beritabatavia.com - Berita tentang KTT Asean Summit ke-42 di Bajo, Polri Berikan Pengamanan Pengawalan Hingga Bali

Labuhan Bajo - Pembukaan KTT Asean ke-42 yang dibuka oleh Presiden Jokowi pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023 berjalan lancar, hal ini juga berkat ...

KTT Asean Summit ke-42 di Bajo, Polri Berikan Pengamanan Pengawalan Hingga Bali Ist.
Beritabatavia.com - Labuhan Bajo - Pembukaan KTT Asean ke-42 yang dibuka oleh Presiden Jokowi pada hari ini, Rabu, 10 Mei 2023 berjalan lancar, hal ini juga berkat adanya pengamanan pengawalan dari Satgas III Walrolakir yang memberikan pengawalan serta rute, sehingga para delegasi dan kepala negara tiba di lokasi pembukaan acara KTT tepat waktu.

Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan selaku Kasatgas III Walrolakir Operasi Komodo Terpusat 2023 dalam pengamanan KTT Asean Summit mengatakan keberhasilan jalannya pengawalan dan pengamanan mulai tadi pagi dan kemarin di Labuan Bajo berkat informasi pusat kendali posko, baik Command Center Polri maupun pokso K3i Korlantas Polri. Dari informasi posko tersebut kedatangan dan keberangkatan itu disampaikan kepada seluruh jajaran yang ada di rute ini.

"Tadi pagi alhamdulillah sudah berjalan lancar, Kepala Negara dari hotel masing-masing menuju ke venue ini bisa tepat waktu itu yang terpenting, tepat waktu dan tidak ada yang terlambat, dan sepanjang jalan alhamdulillah lancar semua tidak ada hambatan," sebut Aan.

Selain itu, dalam pengamanan tamu delegasi dan Kepala Negara KTT Asean Summit ke-42, Polri tidak hanya memberikan pengamanan untuk para delegasi dan Kepala Negara yang menginap di Labuan Bajo saja, tetapi pengamanan dan pengawalan juga diberi Polri kepada delegasi yang tidak menginap di Labuan Bajo. Seperti Kepala Negara Brunei Darussalam yang menginap di Bali, Polri tetap berikan pengamanan dan pengawalan.

"Tadi pagi 07.45 WITA untuk Brunei ini mendarat langsung menuju ke Meurorah, langsung kita kawal, begitu juga dengan di Bali, juga diberlakukan sama untuk pengamanan Sultan Brunei ini, jadi pengamanannya berlaku pengamanan VVIP," terang Aan.

Aan menjelaskan bahwa Polri bersama dengan TNI akan memberikan pengamanan objek, termasuk rute dan pengawalan dari hotel menuju ke bandara begitu juga sebaliknya.

"Nanti malam setelah dinner untuk sultan Brunei ini akan kembali ke Bali. Itu pengamanan Kepala Negara yang ada diluar Labuan Bajo.
Pengawalan sudah disiapkan di Bali, pengamanan rute kita gunakan personel yang ada di Bali," jelas Aan.

Pengamanan yang dilakukan Polri kepada para Delegasi baik yang di Labuan Bajo maupun di Bali, Aan menambahkan bahwa pengendaliannya tetap dari command center, selain itu juga bisa dikendalikan melalui aplikasi K3i.

"Kita kendalikan kapan berangkat, kapan tiba, sampai dimana di perjalanan itu kita kendalikan dari sini semua, semua sudah ada jadwal keberangkatan dan ketibaan.
Dari command center sudah dapat terpantau semua termasuk Polres penyangga, kemudian Polda penyangga, ada Bali, NTB kemudian polres-polres sekitar Labuan Bajo itu semua terpantau dari command center," tambah Aan.

Kesuksesan pembukaan KTT Asean Summit, Aan juga menyebut bahwa ini berkat adanya kerjasama masyarakat yang sudah mematuhi aturan lalu lintas yang diterapkan. Sehingga perjalanan para delegasi dan kepala negara di sepanjang jalan aman dan lancar.

"Dengan sosialisasi yang kita berikan, memberikan petunjuk rambu-rambu arah yang kita lakukan sampai dengan hari ini, masyarakat sudah terbiasa dengan alur yang kita buat ini," terang Aan.

Berita Lainnya
Jumat, 07 Juni 2024
Kamis, 06 Juni 2024
Rabu, 05 Juni 2024
Minggu, 02 Juni 2024
Minggu, 02 Juni 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Jumat, 31 Mei 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Kamis, 30 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024
Rabu, 29 Mei 2024