Sabtu, 20 Mei 2023 04:21:18

Buka Latsitarda ke-43, Ini Harapan Panglima TNI dan Kapolri pada Calon Pemimpin Masa Depan

Buka Latsitarda ke-43, Ini Harapan Panglima TNI dan Kapolri pada Calon Pemimpin Masa Depan

Beritabatavia.com - Berita tentang Buka Latsitarda ke-43, Ini Harapan Panglima TNI dan Kapolri pada Calon Pemimpin Masa Depan

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda ...

Buka Latsitarda ke-43, Ini Harapan Panglima TNI dan Kapolri pada Calon Pemimpin Masa Depan Ist.
Beritabatavia.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin upacara pembukaan Latihan Integrasi Taruna Wreda (Latsitarda) Nusantara ke-43 tahun 2023, di Istana Gubernur Sumatera Barat, Jln. Jend. Soedirman No. 51 Kota Padang, Jumat (19/5/2023).

Latihan yang digelar sejak 15 Mei hingga 7 Juni mendatang ini bertema "Latsitarda Nusantara XLIII (43)/2023 Menuju Sumatera Barat Unggul", yang dipusatkan di Kota Padang, Kota Solok, Kota Pariaman, Kabupaten Pesisir dan Kabupaten Pasaman.

Latsitarda Nusantara merupakan kegiatan rutin bagi Taruna Taruni Akademi tingkat akhir sebelum dinyatakan lulus dan dilantik sebagai perwira TNI maupun Polri oleh Presiden di Istana Negara.

Kegiatan ini untuk memantapkan jiwa integrasi antara para Taruna Taruni, Praja IPDN serta Mahasiswa perguruan tinggi lokal dan masyarakat serta mengenal daerah dengan segala permasalahannya. Mereka diwajibkan tinggal dengan orang tua asuh masing-masing.

Materi kegiatan Latsitarda Nusantara berupa sasaran fisik dan non fisik. Sasaran fisik diantaranya Karya Bakti dengan melakukan perbaikan rumah ibadah, perbaikan Pos Kamling, RTLH, pembersihan saluran air/drainase, perbaikan jalan, pengaspalan jalan dan lain sebagainya. Sementara non fisik yaitu, riset sosial, penyuluhan (kesehatan, Narkoba, tertib lalu lintas), wisata sejarah dan pendidikan kesadaran bela negara, promosi Akademi TNI, Akpol dan IPDN serta ceramah.

Latsitarda 43 ini diikuti 1.413 peserta dari Taruna Akmil TNI sebanyak 362 Orang, Taruna Akademi Angkatan Laut 100 orang dan 11 orang Taruni, Taruna Akademi Angkatan Udara 107 orang dan 13 orang Taruni, Taruna Akpol 241 orang dan 29 Taruni, IPDN 75 Putra dan 25 Putri, Mahasiswa Daerah 75 Putra dan 25 Putri, serta Pengasuh/Pendukung 300 Putra dan 50 Putri. 

Para peserta dibagi menjadi satu Mentarlat dan empat Yontarlat, yakni Yontarlat I/Macan, Yontarlat II/Hiu, Yontarlat III/Elang dan Yontarlat IV/Kijang yang akan bermarkas di daerah yang akan ditentukan.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo berharap selama Latsitarda ini terjalin sinergitas dan soliditas antara seluruh stakeholder, baik itu TNI, Polri, IPDN, lembaga Politeknik Siber, mahasiswa dan masyarakat. "Para peserta diharapkan betul-betul bisa merasakan bagaimana semakin hari yang namanya soliditas dan sinergisitas itu sangat penting, apalagi menghadapi berbagai macam persoalan bangsa yang tentunya semakin berat ke depan," ujarnya.

Lebih lanjut, Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pembekalan kepada para Taruna-Taruni, Praja IPDN dan mahasiswa sebagai kader-kader pemimpin di masa depan agar tetap solid dan bersinergi dalam menjalankan tugas.

“Latihan ini dititikberatkan pada integrasinya, karena namanya latihan integrasi taruna wreda, taruna tingkat akhir. Dalam pelaksanaannya akan dilakukan berbagai kegiatan dengan sasaran fisik dan non fisik. Saya tekankan untuk mereka berlatih sinergitas dan soliditas,” tambah Yudo.

Latsitarda Nusantara ini, lanjut Yudo adalah program tahunan untuk memupuk dan memantapkan kemanunggalan TNI-Polri dengan masyarakat, menanamkan dan menumbuhkembangkan jiwa kejuangan, cinta tanah air serta semangat integrasi. “Sebagai upaya membangun soliditas TNI-Polri dan masyarakat, membantu Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan kemampuan akademik serta menambah wawasan, sebagai bekal menyongsong tugas dimasa yang akan datang,” tegasnya.

Pembukaan Latsitarda Nusantara XLIII ini dihadiri oleh Kepala Staf Tiga Angkatan, Danjen Akademi TNI Letjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Kalemdiklat Komjen Pol Purwadi Arianto, Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi, Gubernur AAU Marsda TNI Eko Dono Indarto, Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno H Siregar, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah bersama jajaran Forkopimda Sumbar beserta istri. 0fery

Berita Lainnya
Senin, 15 April 2024
Senin, 15 April 2024
Sabtu, 13 April 2024
Sabtu, 13 April 2024
Jumat, 12 April 2024
Selasa, 09 April 2024
Selasa, 09 April 2024
Minggu, 07 April 2024
Sabtu, 06 April 2024
Jumat, 05 April 2024
Kamis, 04 April 2024
Kamis, 04 April 2024