Jumat, 11 Agustus 2023 21:05:03

Didukung Akses Cipularang, Menteri PUPR Apresiasi Kawasan Wisata Religi Endan Andansih

Didukung Akses Cipularang, Menteri PUPR Apresiasi Kawasan Wisata Religi Endan Andansih

Beritabatavia.com - Berita tentang Didukung Akses Cipularang, Menteri PUPR Apresiasi Kawasan Wisata Religi Endan Andansih

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan sekaligus menandatangani prasasti Masjid Endan ...

Didukung Akses Cipularang, Menteri PUPR Apresiasi Kawasan Wisata Religi Endan Andansih Ist.
Beritabatavia.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan sekaligus menandatangani prasasti Masjid Endan Andansih, Kawasan Wisata Religi Yayasan Endan Andansih, di Purwakarta, Jawa Barat, Jumat (11/8/2023). 

“Selamat untuk peresmian Masjid Endan Andansih. Karena memang tidak banyak yang punya ide membangun kawasan wisata religi seperti ini. Mudah-mudahan kita semua mendapatkan berkahnya,” ujar Basuki.

Pada kesempatan yang sama Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Muhammad Yusuf Ateh sekaligus Ketua Dewan Pembina Yayasan Endan Andansih menyampaikan, Masjid Endan Andansih yang diresmikan pada Juni 2023 lalu oleh Sekjen Kemen PUPR Mohammad Zainal Fatah, berada di atas lahan seluas 18.965 m2 dan dapat menampung sekitar 1.200 jamaah. 

“Kawasan Wisata Religi Yayasan Endan Andansih ini dibangun untuk kepentingan masyarakat. Selain untuk tujuan beribadah, kawasan masjid juga dilengkapi dengan taman bermain anak-anak, Rumah Singgah, Telaga Mulya, Restoran Rakyat Indonesia, serta UMKM Mandiri,” tambah Yusuf Ateh.

Lebih lanjut, Yusuf menjelaskan bahwa masjid ini dilengkapi dengan arsitektural ornamen kaligrafi hand painted pada setiap kubahnya, hingga ornamen fasade GRC cetak. Pengerjaannya dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya Bangunan Gedung selama 210 hari kerja. “Rencananya juga akan dibangun Boarding School di area belakang masjid,” katanya.

Akses dari Jakarta menuju Kawasan Wisata Religi Yayasan Endan Andansih ini telah didukung oleh Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang), yaitu dengan adanya akses keluar (exit toll) di Km 99 menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purawakarta. Ke depannya, juga akan dibangun akses masuk dari Kabupaten Purwakarta ke Jalan Tol Cipularang pada Km 99.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Inspektur Jenderal Kemen PUPR T. Iskandar, Plt Direktur Jenderal Sumber Daya Air Jarot Widyoko, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Hery Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, Direktur Jalan Bebas Hambatan Triono Junoasmono, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan dan Jembatan DKI Jakarta - Jawa Barat Brawijaya. 0fery

Berita Lainnya
Minggu, 31 Maret 2024
Selasa, 26 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Rabu, 06 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Selasa, 05 Maret 2024
Kamis, 29 Februari 2024
Kamis, 15 Februari 2024
Senin, 12 Februari 2024
Senin, 05 Februari 2024
Rabu, 31 Januari 2024
Kamis, 11 Januari 2024