Jumat, 12 Januari 2024 16:06:36

Dirkrimum Polda Metro Ungkap Ranmor Tersimpan di Gudang Pusziad

Dirkrimum Polda Metro Ungkap Ranmor Tersimpan di Gudang Pusziad

Beritabatavia.com - Berita tentang Dirkrimum Polda Metro Ungkap Ranmor Tersimpan di Gudang Pusziad

Ratusan unit kendaraan bermotor (ranmor) hasil kejahatan yang ditampung di Gudbalkir Pusziad, Jln. Buduran 8, Kecamatan Buduran, ...

Dirkrimum Polda Metro Ungkap Ranmor Tersimpan di Gudang Pusziad  Ist.
Beritabatavia.com - Ratusan unit kendaraan bermotor (ranmor) hasil kejahatan yang ditampung di Gudbalkir Pusziad, Jln. Buduran 8, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, berhasil dibongkar tim Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Pomdam V/Brawijaya. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Brigjen Pol Trunoyudo kepada wartawan saat konferensi pers, Rabu (10/1), di Mapolda Metro, Jakarta Selatan mengatakan, pengungkapan ini merupakan wujud nyata sinergitas TNI-Polri dalam penegakan hukum.

"Sebanyak 214 unit sepeda motor dan 46 unit mobil diamankan petugas ratusan kendaraan ini rencananya akan diselundupkan melalui jalur laut Pelabuhan Tanjung Perak ke Pelabuhan Dili, Kota Dili, Timor Leste," ujar Trunoyudo didampingi Wadan Puspomad Mayjen TNI Eka Wijaya Permana, Kadispenad Brigjen TNI Kristomei Sianturi, Dirreskrimum Kombes Pol Wira Satya Triputra, dan Kasubdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Yuliansyah.

Lebih lanjut Kombes Pol Wira Satya Triputra menambahkan, kasus ini terungkap setelah Polda Metro Jaya menyelidiki laporan polisi periode 2022-Januari 2024 yang dilaporkan oleh korban berinisial TM dan IM, serta Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia.

Penyidik Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian mencokok dua orang warga sipil yakni M dan EI. Tersangka M berperan sebagai pengepul atau penadah, sementara EI adalah donatur yang membiayai pengiriman kendaraan ke Timor Leste.

"Tersangka mendapatkan kendaraan dari beberapa wilayah baik Jakarta, Jateng, Jatim, maupun Jabar. Kendaraan tersebut rata-rata tidak dilengkapi STNK dan BPKB ketika dibeli dan ditampung oleh pelaku," terang Wira.

Kemudian kendaraan tersebut ditampung di Gudbalkir Pusziad, Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Setelah itu kendaraan akan dikirim ke Timor Leste melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

"Kendaraan tersebut ditampung di suatu tempat, sebuah gudang di Sidoarjo, Jatim dan para tersangka ini sambil melakukan kegiatan mempersiapkan kontainer yang akan dimuat nantinya melalui Pelabuhan Tanjung Perak. Setelah dimuat akan diberangkatkan menuju ke Timor Leste. Di mana di Timor Leste sudah ada pemesan yang akan menampung," papar Wira. 0ferry

Berita Lainnya
Rabu, 10 Juli 2024
Rabu, 10 Juli 2024
Rabu, 10 Juli 2024
Rabu, 10 Juli 2024
Rabu, 10 Juli 2024
Senin, 08 Juli 2024
Sabtu, 06 Juli 2024
Kamis, 04 Juli 2024
Kamis, 04 Juli 2024
Kamis, 04 Juli 2024
Kamis, 04 Juli 2024
Rabu, 03 Juli 2024