Jumat, 15 Maret 2024 08:04:53

Dapur SAE Ramadhan Bentuk Pedulinya Polres Ngawi Kepada Masyarakat

Dapur SAE Ramadhan Bentuk Pedulinya Polres Ngawi Kepada Masyarakat

Beritabatavia.com - Berita tentang Dapur SAE Ramadhan Bentuk Pedulinya Polres Ngawi Kepada Masyarakat

NGAWI - Salah satu bentuk kepedulian Polres Ngawi di bulan suci Ramadhan 1445 H adalah mendirikan dapur SAE yang berfungsi untuk membantu ...

Dapur SAE Ramadhan Bentuk Pedulinya Polres Ngawi Kepada Masyarakat Ist.
Beritabatavia.com - NGAWI - Salah satu bentuk kepedulian Polres Ngawi di bulan suci Ramadhan 1445 H adalah mendirikan dapur SAE yang berfungsi untuk membantu masyarakat. Arti SAE yang dalam bahasa Jawa adalah baik, dan dijabarkan oleh Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M. Si, menjadi Santun Amanah ber-Etika.

"SAE artinya baik dan dipakai sebagai slogan Polres Ngawi SAE yang berarti polisi di Ngawi harus Santun Amanah dan ber-Etika dalam menjalankan tugasnya sebagai abdi negara yakni pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat," tutur Kapolres Ngawi 

Konsep Dapur SAE Ramadhan Polres Ngawi adalah anggota Polri dan Bhayangkari  berbelanja bahan makanan kemudian memasak dan membagikan hasil masakannya kepada masyarakat.

Kapolres Ngawi AKBP Argowiyono, S.H., S.I.K., M.Si ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa, "Sengaja Polres Ngawi mendirikan dapur SAE Ramadhan agar bermanfaat bagi masyarakat dan menjadi ladang amal ibadah bagi anggota dan Bhayangkari."

Dapur SAE yang diinisiasi oleh Kapolres Ngawi ternyata multi fungsi, selain hasil masakan diberikan kepada para pengguna jalan yang melintas untuk bekal buka puasa, ternyata hasilnya juga dibagikan kepada warga terdampak banjir.

Salah satunya, peningkatan debit air sungai yang melanda beberapa desa di wilayah Kecamatan Kwadungan, Kabupaten Ngawi, telah menyebabkan kerugian materil dan mengganggu aktivitas warga.

Sebagai respon tanggap bencana, maka dapur Sae Ramadhan Polres Ngawi yang berada di pendopo Desa Kendung Kecamatan Kwadungan, berfungsi juga untuk masyarakat yang terdampak banjir, selain untuk pengguna jalan raya yang melintas. 

"Aktifitas dapur SAE Ramadhan Polres Ngawi adalah memasak dan menyalurkannya kepada para pengguna jalan raya jelang berbuka puasa dan untuk di wilayah Kwadungan ini dibagikan juga kepada warga yang terdampak banjir," jelas Argo didampingi Dandim 0805 Ngawi Letkol Arm Didik.

Bantuan yang diberikan tersebut meliputi makanan siap saji, air minum dan makanan ringan atau snack.

"Selain anggota Polri dan Bhayangkari, kami membuka pintu kepada siapa saja yang mau berkontribusi di dapur SAE Ramadhan ini dalam  mencari amal ibadah," tambah Kapolres Ngawi di lokasi dapur SAE, pada Kamis (14/3/2024)

Dapur SAE Polres Ngawi ini berjalan selama bulan suci Ramadhan 1445 H, yang tersebar di semua Polsek jajaran Polres Ngawi.

Saat membagikan makanan, anggota Polres Ngawi juga mengimbau pada masyarakat untuk selalu waspada dan berhati-hati, mengingat intensitas curah hujan yang tinggi.

Bencana banjir dapat terjadi kapan saja, oleh karena itu penting bagi masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesigapan. 

"Dengan waspada dan sigapnya petugas serta masyarakat, diharapkan dapat meminimalisir dampak negatif dari bencana banjir," pungkasnya. 

Sebagai informasi dalam kegiatan dapur SAE Ramadhan Polres Ngawi di Ds. Kendung Kec. Kwadungan, turut hadir dan berpartisipasi langsung adalah Ketua Bhayangkari Cabang Ngawi Ny. Marina Argowiyono beserta pengurus Bhayangkari, pejabat utama dan Polwan Polres Ngawi, tiga pilar, ibu-ibu Persit dan relawan Tagana serta para perangkat desa. (d*)

Berita Lainnya
Jumat, 05 Juli 2024
Kamis, 04 Juli 2024
Rabu, 03 Juli 2024
Rabu, 03 Juli 2024
Rabu, 03 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Selasa, 02 Juli 2024
Senin, 01 Juli 2024
Sabtu, 29 Juni 2024
Sabtu, 29 Juni 2024
Sabtu, 29 Juni 2024
Jumat, 28 Juni 2024