Kamis, 27 Januari 2011 18:57:31

Mantan Kapolri Jadi Komisaris Utama Kereta Api

Mantan Kapolri Jadi Komisaris Utama Kereta Api

Beritabatavia.com - Berita tentang Mantan Kapolri Jadi Komisaris Utama Kereta Api

Mantan Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri diangkat menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api (PTKA). Pengangkatn ini seiring dengan perombakan ...

Mantan Kapolri Jadi Komisaris Utama Kereta Api Ist.
Beritabatavia.com - Mantan Kapolri, Jenderal Bambang Hendarso Danuri diangkat menjadi Komisaris Utama PT Kereta Api (PTKA). Pengangkatn ini seiring dengan perombakan yang dilakukan Kementerian BUMN terhadap jajaran Direksi dan Komisaris PT Kereta Api (PTKA).

Diharapkan manajemen baru bisa membawa angin segar di tubuh BUMN transportasi perkeretapian. Juga kami berharap kepengurusan baru di tubuh PTKA akan membuat kinerja PTKA lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya, ungkap Menteri BUMN, Mustafa Abubakar, di Jakarta, Kamis (27/1).

Menteri BUMN melanjutkan insiden di Petarukan tahun 2010, hendaknya menjadi hikmah atau pelajaran berharga yang harus dipetik. Sehingga kedepannya, mudah-mudahan kecelakaan tidak terulang lagi.
Tugas manajemen PTKA memang sangat berat. Saya sadari tidak mudah jalani tugas mengingat infrastruktur yang sebgian kurang layak, paparnya.

Guna meminimalisir angka kecelakaan kereta api, Kementerian BUMN khusus membentuk Direktorat Keselamatan Penumpang. Direktorat ini dengan misi keselamatan penumpang kereta api, katanya.

Dikatakan pemilihan mantan Kapolri berdasarkan alasan yang diselimuti latar belakangannya sebagai aparat penegak hukum. KOndisi ini sangat logis, sehingga diharapkan bisa menertibkan pernik-pernik kenakalan lempar batu atau bonek-bonek. Kalau mantan Kapolri yang pegang, dia kan sangat pengalaman untuk itu, komentarnya.

Menteri BUMN membantah kalau terpilihnya Bambang Hendarso Danuri karena adanya titipan dari pihak tertentu. Namun hal ini menyangkut keadaan pengamanan yang dihadapi oleh manajemen PTKA.

Berdasarkan surat Keputusan Menteri Negara BUMN selaku Rapat Umum Pemegang Saham Nomor: KEP-13/MBU/2011 tanggal 25 Januari 2011, Budhi Muliawan S diberhentikan dengan hormat sebagai Caretaker Komisaris Utama PTKA. Termasuk memberhentikan Herkianus manao dan Koessuyudono sebagai anggota Dewan Komisaris PTKA.

Sebagai gantinya, mantan Kapolri, Bambang Hendarso Danuri didapuk sebagai Komisaris Utama PTKA. Termasuk mengangkat Ashwin Sasongko dan Herry Bakti Singayuda Gumai sebagai anggota Dewan Komisaris PTKA. Kementerian BUMN juga memberhentikan dengan hormat Achmad Kuntjoro sebagai Direktur Keuangan PTKA, yang digantikan oleh Kurniadi Atmosasmito. Sedangkan Rono Pradipto sebagai Direktur Keselamatan dan Manajemen Risiko PTKA. Posisi Direktur Utama PTKA masih dijabat oleh Ignasius Jonan.

Sayangnya, saat pelantikan berlangsung Bambang Hendarso Danuri berhalangan hadir. Mustafa mengatakan mantan Kapolri itu sedang ada keperluan di Medan, Sumatera Utara. o end

Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024