Minggu, 10 April 2011 12:56:56

Bank Jangan Gegabah Setujui Kartu Kredit

Bank Jangan Gegabah Setujui Kartu Kredit

Beritabatavia.com - Berita tentang Bank Jangan Gegabah Setujui Kartu Kredit

Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI), Wimboh Santoso, meminta bank agar lebih hati-hati dan tidak memberikan ...

Bank Jangan Gegabah Setujui Kartu Kredit Ist.
Beritabatavia.com - Direktur Direktorat Penelitian dan Pengaturan Perbankan Bank Indonesia (BI), Wimboh Santoso, meminta bank agar lebih hati-hati dan tidak memberikan plafon tinggi kepada nasabah kartu kredit. BI khawatir pola konsumtif masyarakat terlalu tinggi dan seringkali tidak sesuai pendapatan sehingga memanfaatkan pinjaman kartu kredit, yang sangat mudah diperoleh.

Ketentuan tentang pemberian plafon kredit akan dimasukkan dalam revisi peraturan tentang kartu kredit. Kami tengah mengkaji sejumlah aturan kartu kredit pasca sejumlah kasus, termasuk tewasnya Irzen Octa yang diduga akibat tindakan kekerasan jasa penagih atau debt collector, ujarnya pada wartawan di Jakarta, akhir pekan ini..

Sementara itu, Ketua Dewan Eksekutif Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI), Dodit Probojakti menghimbau agar BI juga bisa mengawasi bank agar bisa mengontrol jumlah kartu kredit yang bisa dimiliki seorang nasabah.

Karena BI telah memiliki sistem informasi tentang si nasabah dari berbagai bank. Kemudian, bank penerbit kartu akan menggunakan informasi itu untuk menentukan plafon pinjaman dan berapa jumlah kartu kredit yang bisa dimiliki.

Harusnya sudah bisa dibatasi berapa jumlah kartu kredit yang bisa dimiliki oleh nasabah, karena BI kan sudah ada sistem infomasi debitur, tiap orang yang punya pinjaman consumer, kartu kredit, KPR, Kredit kepemilikan mobil, personal loan, dst semuanya kan ada datanya, ujarnya.

Jadi menurut Dodit, penerbit kartu atau bank harusnya bukan melihat dari besarnya pendapatan nasabah, tapi dari bagaimana track record nasabah selama dia meminjam pada bank lain.  O brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023
Senin, 30 Oktober 2023