Senin, 18 April 2011 14:28:59

Uni Emirat Arab Batasi Akses Blackberry

Uni Emirat Arab Batasi Akses Blackberry

Beritabatavia.com - Berita tentang Uni Emirat Arab Batasi Akses Blackberry

Research In Motion (RIM) produsen Blackberry kembali tersandung peraturan suatu negara yang memaksa RIM membuka akses servernya di Kanada, terkait ...

 Uni Emirat Arab Batasi Akses Blackberry Ist.
Beritabatavia.com - Research In Motion (RIM) produsen Blackberry kembali tersandung peraturan suatu negara yang memaksa RIM membuka akses servernya di Kanada, terkait konten dan Blackberry Messenger (BBM). Negara tersebut kali ini, Uni Emirat Arab (UEA).

Negara kaya minyak di kawasan Teluk itu memaksa RIM mentaati regulasi telekomunikasi terkait keamanan negara, menanggapi aksi terorisme yang kian marak di kawasan Timur Tengah tersebut.

RIM membuat pernyataan resmi, Minggu (17/4) melalui surat elektronik (email) seperti dikutip Yahoo.com, bahwa RIM terus melakukan negosiasi dengan regulator UEA terkait. Saat ini RIM melunak dengan membatasi pelanggan individu dan organisasi kurang dari 20 pengguna tidak memiliki akses ke BBM.

Otoritas telekomunikasi UEA menyatakan semua layanan Blackberry akan terus berlanjut. Tapi tidak secara eksplisit menyatakan mundur dari rencana untuk membatasi akses server RIM.

Regulator telekomunikasi UEA mengkonfirmasi RIM bahwa pembatasan serupa akan diberlakukan kepada smartphone lain yang menyediakan akses serupa, kata pimpinan RIM melalui surat elektronik (email).

Motorola Inc dan Apple Inc juga menyediakan solusi komunikasi serupa, namun RIM tetap menjadi pilihan utama warga dan profesional asing pengguna akses internet bergerak di negara kaya minyak tersebut.

Regulator telekomunikasi UEA telah membatasi akses ke sistem Blackberry Enterprise Server (BES), yang menyediakan bentuk komunikasi digital paling aman pada perangkat genggam sehingga banyak digunakan perusahaan-perusahaan internasional untuk menyimpan email dan data lainnya.

Otoritas UEA melarang akses BES untuk kepentingan pribadi dan hanya organisasi atau perusahaan terdaftar yang boleh mengakses, itu pun dengan syarat minimal 20 account atau lebih sesuai aturan baru regulator telekomunikasi UEA. Pembatasan tersebut dinilai regulator UEA lebih aman untuk memantau penggunaan server RIM.

Sepertinya sangat sewenang-wenang.... Yang bisa saya pikirkan, mereka berusaha untuk mengatasi masalah keamanan dengan membatasi penggunaan platform ini lebih aman bagi perusahaan besar dan organisasi, kata Matthew Reed, analis riset Informa Telecoms & Media Dubai.

Ketentuan ini bakal menyulitkan pengguna personal Blackberry maupun perusahaan kecil dan kantor cabang, tambah Reed. o end


Berita Lainnya
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Senin, 30 Oktober 2023