Senin, 01 Agustus 2011 16:28:25

Penyandang Diabetes Tak Masalah Jika Berpuasa

Penyandang Diabetes Tak Masalah Jika Berpuasa

Beritabatavia.com - Berita tentang Penyandang Diabetes Tak Masalah Jika Berpuasa

Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi penyandang diabetes mellitus di Indonesia meningkat pesat dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2000 ada 8,4 ...

 Penyandang Diabetes Tak Masalah Jika Berpuasa Ist.
Beritabatavia.com - Data Badan Kesehatan Dunia (WHO) memprediksi penyandang diabetes mellitus di Indonesia meningkat pesat dalam 10 tahun terakhir. Tahun 2000 ada 8,4 juta penderita dan meningkat menjadi 21,3 juta orang tahun 2020.

Data WHO tahun 2000 juga menunjukkan Indonesia merupakan negara dengan penderita diabetes terbanyak keempat di dunia mencapai 15-16 juta orang, setelah India (31,7 juta), China (20,8 juta) dan Amerika Serikat (17,7 juta).

Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2007, tiga daerah di Indonesia memiliki tingkat prevalensi diabetes diatas 1,5% yaitu Aceh, Jawa Timur dan Sulawesi Utara.

Bahkan hasil studi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta melonjak dari 4 % tahun 1996 menjadi 12% dari jumlah penduduk dewasa di Indonesia pada tahun 2010. SEbuah kenaikan yang fantastik sangat cepat, papar Dr. Suharko Soebadi, spesialis klinik diabetes pada seminar awam Puasa Bagi Penderita Diabetes yang digelar RS Premier Jatinegara Jakarta, kemarin.

Tingginya angka prevalensi, lanjut staf medik divisi metabolik endrkrim Departemen IP Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dipengaruhi gaya hidup masyarakat seperti banyak mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti gorengan, makanan cepat saji atau makanan lain yang kadar gulanya tinggi.

Juga, akibat polusi udara tinggi yang mempengaruhi kesehatan masyarakat. Penyebab lainnya, karena keturunan dari anggota keluarganya, merokok, minum alkohol dan kurang olahraga, tambahnya.

Selain itu, penyakit DM adalah penyakit yang diturunkan secara genetik sehingga masyarakat diharapkan untuk melakukan skrining terhadap keluarga untuk kemungkinan adanya diabetes dan dapat melakukan tindakan pencegahan yang dibutuhkan.

Kondisi ini diperparah denganĀ  tingkat kepedulian masyarakat Indonesia terhadap diabetes masih dirasa rendah, karena masih banyak pasien datang dengan kasus komplikasi kronis.

Suharko melanjutkan hadirnya bulan suci Ramadhan, merupakan keberuntungan bagi penyandang kencing manis yang berpuasa, karena mampu mengontrol makanannya, mennjaga dan mengendalikan asupan makanan saat sahur dan berbuka puasa.

Disiplin diri tidak mengkonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan sangat penting, menjadi kunci bagi penderita kencing manis, yang ingin berpuasa. Juga, harus memperhatikan pola makan tepat, olahraga cukup serta diet rendah karbohidrat, sarannya.

Silahkan penyandang diabetes untuk berpuasa. Namun penderita stadium berat dengan suntikan insulin 2 kali atau lebih dianjurkan tidak berpuasa. Juga puasa dilarang bagi penderita gula darah tinggi, punya riwayat ketoasidosis, komplikasi serius, sedang infeksi, sedang hamil, usia tua," paparnya.

Menurutnya, Penyakit diabetes millitus adalah penyakit akibat kerusakan pankreas, kelenjar yang memproduksi insulin. Insilun adalah hormon yang mengatur metabolisme gula dari makanan.

Penyakit ini ditandai oleh tingginya kadar gula dalam darah (hiperglikemia), karena gula darah tak dapat diubah ke dalam sel tubuh menjadi energi.

Gejala yang sering muncul adalah poliuria atau sering kencing malam, polifagia atau sering makan, namun berat badan tidak bertambah malah menjadi kurus serta polidipsia atau sering merasa haus. Gejala lainnya, sering kesemutan, gatal-gatal, mata kabur sehingga bergani kacamata, cepat lelah dan lemah. o end

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Senin, 30 Mei 2022