Senin, 15 Januari 2018 16:47:16

Langkah Mundur Hidupkan Becak di Jakarta

Langkah Mundur Hidupkan Becak di Jakarta

Beritabatavia.com - Berita tentang Langkah Mundur Hidupkan Becak di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menghidupkan kembali transpotasi becak di Jakarta. Kini tengah membuat rute khusus becak di Jakarta. ...

  Langkah Mundur Hidupkan Becak di Jakarta Ist.
Beritabatavia.com -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bakal menghidupkan kembali transpotasi becak di Jakarta. Kini tengah membuat rute khusus becak di Jakarta. Langkah ini dianggap sebagai suatu kemunduran di tengah perkembangan teknologi yang membuat transportasi berbasis aplikasi online menjamur.

Larangan operasional becak di ibu kota pun sudah diatur dalam Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum. Mengembalikan becak ke jalan raya itu kemunduran jauh, kalau kebijakan itu diambil, tidak selaras dengan semangat mendorong orang beralih ke transportasi massal, kata pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga seperti dilansir ANTARA News, Senin (15/01/2018),

Dia berpendapat becak masih bisa hadir di Jakarta selama bukan untuk alat transportasi, tetapi khusus untuk di tempat wisata seperti Kota Tua, Monas, Ancol atau TMII. Di Jerman dan Inggris masih ada lokasi wisata seperti Kota Tua dan Monas, (becak) hanya untuk wisata di dalam, kata dia.

Dicontohkan, becak di Jerman bernama Velotaxi. Bentuknya futuristik, mirip seperti mobil kecil namun mengandalkan tenaga genjotan kaki. Pengendaranya juga anak-anak muda, berbeda dengan kesan tukang becak di Indonesia yang identik dengan orang tua.

Bila dilihat sebagai moda transportasi, ada banyak pertimbangan yang membuat becak tidak cocok di ibu kota. Ditilik dari segi lebar jalan di Jakarta yang sudah dipadati kendaraan, rute khusus becak dirasa tidak memungkinkan. Bila dipaksakan, jalan jadi semakin terasa sempit.

Untuk kondisi sekarang jalan saja tidak cukup, terbukti orang jalan kaki saja susah, sepeda saja sekarang berjibaku (dengan motor dan mobil), ujar dia.

Dari sisi manusiawi, membiarkan becak kembali beroperasi di Jakarta juga bukan pilihan tepat. Udara Jakarta yang sudah tercemar polusi bukanlah lingkungan yang sehat untuk pengemudi becak. Apalagi biasanya pengemudi becak adalah orang-orang yang sudah berumur.

Pasti sudah sepuh-sepuh, sudah tidak manusiawi (kalau disuruh mengendarai becak). Susah menemukan orang usia 25-30 tahun yang mau jadi tukang becak, mereka pasti lebih memilih ngojek, itu kalau bicara soal produktivitas, papar dia.

Peran becak yang dulu jadi transportasi dari pintu ke pintu, penumpang dijemput dari rumah dan diantar langsung ke tujuan, kini tergantikan oleh ojek berbasis aplikasi online. Becak dinilai akan sulit bersaing dari segi kecepatan, tarif dan kepraktisan. Apalagi ojek berbasis aplikasi online pun berlomba-lomba mematok tarif terjangkau.

Kalau wacana itu mengemuka demi memperluas lapangan kerja, dia menyarankan untuk mengarahkan sumber daya manusia ke area transportasi massal. Jadi driver, operator, dimanfaatkan tenaganya sesuai kebutuhan zaman.

Ketimbang mengembalikan becak di Jakarta, sebaiknya pemerintah DKI fokus membenahi transportasi massal agar terintegrasi untuk membuat warga mau beralih ke angkutan umum. 0 ano
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022
Senin, 30 Mei 2022