Senin, 16 April 2018 19:02:36

Sebar Teror dan Spionase, Pendeta Amerika Diadili

Sebar Teror dan Spionase, Pendeta Amerika Diadili

Beritabatavia.com - Berita tentang Sebar Teror dan Spionase, Pendeta Amerika Diadili

Seorang pastor Amerika Serikat yang dipenjarakan di Turki diadili atas dugaan menyebarkan teror dan Spionase. Kasus ini telah meningkatkan ketegangan ...

  Sebar Teror dan Spionase, Pendeta Amerika Diadili Ist.
Beritabatavia.com - Seorang pastor Amerika Serikat yang dipenjarakan di Turki diadili atas dugaan menyebarkan teror dan Spionase. Kasus ini telah meningkatkan ketegangan antara Washington dan Ankara. Andrew Craig Brunson, pendeta evangelis dari North Carolina, menghadapi hukuman 35 tahun penjara atas tuduhan melakukan kejahatan atas nama kelompok teror tanpa menjadi anggota dan spionase.

Persidangan Brunson mulai digelar hari Senin, 15 April 2018 di provinsi Izmir barat. Dia ditangkap pada Desember 2016 karena diduga memiliki hubungan dengan kelompok pemberontak Kurdi dan jaringan ulama Muslim AS yang dituduh Turki mendalangi kudeta militer yang gagal tahun itu. Ulama, Fethullah Gulen, membantah klaim tersebut.

Pejabat Amerika Serikat Donald Trump berulang kali meminta Brunson dibebaskan. Dalam pertemuan tahun lalu dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan, Presiden Trump meminta agar Turki secepatnya mengembalikan pendeta itu ke AS.

Namun seruan itu tidak digubris setelah Presiden Erdogan juga menuntut agar Gulen diekstradisi dari Amerika Serikat. Anda memberikannya (Gulen) kepada kami dan kami akan memberi Anda yang ini, kata Erdogan mengacu pada Brunson.

Brunson, 50, tinggal di Turki selama 23 tahun dan melayani sebagai pastor Gereja Kebangkitan Izmir dengan jemaat Protestan yang kecil. Pendeta ini pertama kali ditahan pada Oktober 2016 bersama istrinya, Norine Brunson, yang kemudian dibebaskan.

Dakwaan jaksa penuntut Izmir terhadap Brunson mengklaim dia berhubungan dengan para eksekutif tingkat atas jaringan Gulen dan Partai Pekerja Kurdistan yang terlarang, atau PKK. Keduanya disebut kelompok teror di Turki. Brunson dituduh bertindak dalam mode paralel dan terkoordinasi dengan jaringan Gulen dan PKK untuk memecah belah negara.

Jaksa juga menuduh pendeta Brunson melakukan spionase dengan bertindak sebagai agen perang non-konvensional, mengumpulkan informasi intelijen agama sebagai kedoknya. Dakwaan terhadap pendeta Amerika Serikat ini berdasarkan kesaksian beberapa orang, termasuk tiga agen rahasia, dan dugaan bukti digital. 0 KAY

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 08 Mei 2020