Selasa, 16 Oktober 2018 17:40:17

Hati-hati, Lima Sayuran Haram Dihangatkan

Hati-hati, Lima Sayuran Haram Dihangatkan

Beritabatavia.com - Berita tentang Hati-hati, Lima Sayuran Haram Dihangatkan

Demi prinsip hemat dan praktis, banyak orang menghangatkan makanan agar bisa dikonsumsi kembali. Di luar itu, makanan dihangatkan juga bertujuan ...

   Hati-hati, Lima Sayuran Haram Dihangatkan Ist.
Beritabatavia.com - Demi prinsip hemat dan praktis, banyak orang menghangatkan makanan agar bisa dikonsumsi kembali. Di luar itu, makanan dihangatkan juga bertujuan untuk memberikan rasa yang lebih nikmat saat disantap. Namun, tak semua jenis makanan bisa dihangatkan.

Beberapa sayuran yang dihangatkan kembali justru menimbulkan berbagai penyakit. Tercatat ada lima makanan yang haram dihangatkan, antara lain:

1. Bayam
Di samping kaya akan nutrisi, bayam dapat diolah menjadi beragam masakan, mulai dari makanan berkuah hingga tumis. Jika bayam tak habis dalam sekali makan, sebaiknya nikmati dalam kondisi dingin apa adanya. Olahan bayam yang dihangatkan hanya akan mendatangkan bencana. Bayam memiliki kandungan nitrat yang tinggi. Perannya begitu penting untuk tubuh. Komponen tak akan menimbulkan masalah saat proses pengolahan pertama. Jika dipanaskan, nitrat akan melepaskan senyawa karsinogenik saat proses cerna oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya masak bayam secukupnya dan habis dalam sekali makan.

2. Kentang
Kentang bisa dijadikan campuran sup dan pengganti nasi bagi mereka yang mengidap diabetes. Akan tetapi, kentang bisa berubah jadi makanan beracun jika dibiarkan di suhu normal setelah proses pemasakan pertama. Suhu normal ruangan membuat pertumbuhan bakteri langka serta racun pada kentang tumbuh subur. Solusinya, jika kentang akan dikonsumsi lagi setelah dimasak, sebaiknya simpan dalam kulkas.

3. Jamur
Sangat direkomendasikan untuk langsung menyantap olahan jamur setelah matang. Idealnya, jamur tidak disimpan dan dikonsumsi keesokan hari. Jamur banyak mengandung protein dan mineral. Menghangatkan jamur bukan pilihan tepat sebab Anda akan memecah protein di dalamnya lebih jauh sehingga bisa menimbulkan masalah pencernaan. Menghangatkan makanan olahan jamur akan melepaskan racun yang mengandung oksidasi nitrogen dan radikal bebas. Jika terpaksa disimpan untuk keesokan hari, maka sebaiknya disimpan dan disantap dalam kondisi dingin.

4. Seledri
Seperti bayam, seledri juga dilarang untuk dihangatkan. Seledri yang dipanaskan hanya akan melepas senyawa karsinogenik dan berbahaya untuk kesehatan. Selain seledri, wortel pun sebaiknya tidak dihangatkan.

5. Bit
Bit menyimpan beragam manfaat untuk tubuh. Namun, ia bisa berubah jadi makanan beracun kala dihangatkan. Seperti bayam, seledri, dan wortel, bit juga banyak mengandung nitrat. Sayur berwarna merah ini sebaiknya habis dikonsumsi dalam sekali duduk. Jika masih bersisa, sebaiknya jadikan bit sebagai campuran salad sehingga bisa dikonsumsi dalam kondisi dingin. 0 CIO


Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022