Rabu, 25 April 2012 18:00:33

33 Merek Kendaraan Ramah Lingkungan Ramaikan IIMS 2012

33 Merek Kendaraan Ramah Lingkungan Ramaikan IIMS 2012

Beritabatavia.com - Berita tentang 33 Merek Kendaraan Ramah Lingkungan Ramaikan IIMS 2012

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, kembali digelar. Ajang pameran kendaraan terbesar di Asia Tenggara, yang diprakasai Gabungan insustri ...

  33 Merek Kendaraan Ramah Lingkungan Ramaikan IIMS 2012 Ist.
Beritabatavia.com - Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012, kembali digelar. Ajang pameran kendaraan terbesar di Asia Tenggara, yang diprakasai Gabungan insustri kendaraan bermotor Indonesia (Gaikindo) dengan pelaksana PT Dyndra Promosindo ini, bakal digelar di Jakarta Iternational Expo Kemayoran,  20-30 September 2012 nanti.

Hingga saat ini yang mendaftar ikut pameran mencapai 33 merek kendaraan, jumlah ini akan meningkat lagi mengingat event pameran masih bulan September. Tahun ini, saya yakin lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya, papar Johnny Darmawan, Ketua penyelenggara IIMS di Jakarta, Rabu (25/4).

Apalagi, lanjut Johnny, dengan tema 'eco Mobility' bertujuan untuk mempromosikan mobilitas dan aksesibilitas yang ramah lingkungan. Tema ini, juga merupakan semangat gaya hidup masyarakat perkotaan untuk memiliki cara yang cerdas dalam bertransportasi sekaligus mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar fosil, jelasnya.

Dijelaskan, Eco-Mobility dipicu perilaku berkendara, yang sering membawa dampak negatif terhadap lingkungan, kesehatan, serta dukungan infrastruktur kota yang belum sepadan.

Masyarakat perlu solusi tepat untuk bertransportasi dengan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan, sekaligus dapat menambah daya dukung pada lingkungan sekitar.

Karena itu, semangat yang diangkat adalah semangat untuk memprioritaskan cara hidup yang mengutamakan kegiatan ramah lingkungan serta konservasi energi, lanjutnya.

Johnny menilai gairah Industri otomotif tahun ini, masih bagus meski muncul masalah timbul diluar dugaan, seperti batasan kredit, isu rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) hingga pembatasan pemakaian BBM bagi kendaraan.

Meski demikian, lanjut dia, gairah industri otomotif nasional masih bagus. Terbukti angka penjualan tidak mengalami penurunan secara signifikan. Bahkan, banyak produk baru yang diikutsertakan dalam IIMS 2012.

Sekitar 33 merek kendaraan terdiri 25 merek kendaraan penumpang dan 8 merek kendaraan niaga, yang diikuti oleh 251 perusahaan diperkirakan akan meramaikan pameran. Dengan total 33 merek peserta, pelaksanaan IIMS 2012 merupakan penyelenggaraan IIMS dengan merek peserta terbanyak dalam beberapa tahun terakhir, katanya.

Pameran ini ditargetkan bisa menarik 350.000 pengunjung. Pada IIMS 2010, pameran dikunjungi 280.000 orang dengan transaksi sebesar Rp 2,5 Triliun. Tahun 2011, pengunjung meningkat menjadi 322.000 orang dengan transaksi penjualan mencapai Rp 3,2 Triliun.

Tahun ini kami tak berani pasang target muluk-muluk, namun dari sisi peserta yang meningkat diharapkan ada kenaikan. Tapi kami belum bisa pasang target dulu, jelasnya.

Lia, Automotive Event Division Manager PT Dyndra Promosindo menjelaskan areal pameran diperluas dari 63.654 m2 pada tahun 2011 menjadi 70.550 m2. Area peserta APM sendiri meliputi area sebesar lebih dari 30 ribu m2 membentang dari Hall A, B, C1, C2, D1 dan Hall D2.

Dilanjutkan, agar animo pengunjung meningkat, IIMS 2012 tetap mempertahankan program unggulan di setiap penyelenggaraan IIMS, meliputi Indonesia International Automotive Conference, Test Drive, IIMS Drift War, Favorite Car Competition, Favorite Stand Competition, Exhibitors Night, Stunt Show, Classic Cars Show, dan Miss Motor Show 2012.

Juga untuk memberikan apresiasi terhadap media yang telah mendukung IIMS selama ini, panitia kembali menyelenggarakan Lomba Penulisan Wartawan dengan tema utama Eco-Mobility sesuai dengan tema IIMS 2012.

Selain program yang berhubungan langsung dengan otomotif, juga ada program sosial selama IIMS 2012 berlangsung yakni Kunjungan Penyandang Cacat, Kunjungan Anak Yatim, Student’s Day, Sumbang Buku dan Donor Darah, juga memberikan dukungan untuk beberapa organisasi non-profit seperti WWF, UNICEF, FAO serta dukungan kepada berbagai universitas, serta Persatuan Penyandang Cacat Indonesia (PPCI).

Dan sebagai bukti dukungan IIMS 2012 terhadap perkembangan industri otomotif Indonesia, pada tahun ini IIMS akan menggandeng UKM yang memproduksi berbagai lini produk pendukung industri otomotif untuk ikut memamerkan hasil karyanya tambahnya.

Dan untuk terus menyajikan kenyamanan bagi pengujungnya IIMS juga kembali menyediakan fasilitas-fasilitas untuk pengunjungnya, dengan menambah fasilitas pendukung pameran seperti penambahan area kantung parkir dan juga penambahan armada shuttle bus menuju area pameran.

Dikatakan, selain fasilitas dan kemudahan menuju ke area pameran dengan kantung parkir dan free shuttle bus, IIMS juga menyediakan fasilitas didalam area pameran berupa Medic Room, Nursery Room, ATM Center di Pusat Niaga JIExpo, Charging Corner, Smoking Area, dan Press Room yang khusus di persiapkan untuk jurnalis yang terdaftar IIMS 2012.

Tahun ini, agar pengunjung yang membawa anak-anak merasa lebih nyaman, penyelenggara membuat fasilitas baru berupa Kids Corner dan peminjaman stroller, yang dapat dinikmati oleh pengunjung IIMS 2012 secara cuma-cuma, kata Lia. o endy




Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 31 Januari 2024
Kamis, 11 Januari 2024
Rabu, 10 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Kamis, 04 Januari 2024
Rabu, 27 Desember 2023
Sabtu, 25 November 2023
Sabtu, 25 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Jumat, 24 November 2023
Sabtu, 18 November 2023
Sabtu, 18 November 2023