Senin, 13 Mei 2013 15:31:59

Enam Indikasi Perilaku Depresi

Enam Indikasi Perilaku Depresi

Beritabatavia.com - Berita tentang Enam Indikasi Perilaku Depresi

Terkadang seseorang tidak menyadari jika dirinya terjebak dalam depresi. Ia akan berpikir bahwa itu hanya stres biasa sehingga tidak diperhatikan ...

 Enam Indikasi Perilaku Depresi Ist.
Beritabatavia.com - Terkadang seseorang tidak menyadari jika dirinya terjebak dalam depresi. Ia akan berpikir bahwa itu hanya stres biasa sehingga tidak diperhatikan secara khusus. Hingga akhirnya depresi mengganggu kegiatan dan hubungan dengan orang lain.

Berikut 6 kebiasaan yang berubah saat depresi yang diuraikan Jerry Kennard dalam situs kesehatan Health Central.

1. Gelisah
Kebanyakan dari kita berpikir bahwa depresi biasanya terdeteksi dari menurunnya aktivitas dan produktivitas. Padahal, tidak semua kasus depresi dapat diindikasikan dengan gejala itu. Depresi juga bsa ditandai dengan timbulnya perasaan gelisah. Gejala ini mengacu pada situasi saat depresi dan gelisah hadir berdampingan. Pada kasus ini, penderita akan merasa tidak betah untuk duduk atau sekadar berbaring. Kendati perasaan gelisah ini hilang, mereka akan merasa lebih mudah marah, frustrasi, dan impulsif. Keadaaan ini adalah kombinasi yang sangat buruk bagi diri seseorang. Mereka berisiko tinggi bunuh diri dan melakukan tindak kekerasan terhadap diri sendiri.

2. Tidur panjang
Seseorang yang gemar bersosialisasi tiba-tiba selalu menolak ajakan untuk pergi atau menghindari kontak sosial dengan orang lain. Bagi sebagian orang, tidur panjang di musim dingin dengan hari yang pendek dan minim paparan sinar matahari, akan membuat mereka lelah, cemas, dan marah. Ini memang gangguan biasa di musim dingin, tapi beberapa orang tidak mampu beradaptasi sebaik orang lain.

3. Lesu
Kebanyakan penderita depresi kehilangan motivasi dan semangatnya. Mereka melambat. Berbicara lebih lambat, bergerak lebih lambat. Mereka merasa seakan da beban berat di punggung yang mereka tanggung. Bahkan, mereka menunjukkan ekspresi wajah dan gerakan yang menunjukkan kedepresian itu. Mereka lebih senang untuk tidak melakukan apa-apa dibanding harus banyak bergerak, seperti bangun dari tempat tidur, bahkan makan dan minum.


4. Suka menunda
Pesimistis dan penundaan adalah bagian dari depresi. Anda mungkin tahu bahwa ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan suasana hati, tapi Anda lebih memilih untuk tidak peduli dan tidak mau berdamai dengan itu. Jika Anda berada atau sudah hampir masuk dalam fase ini, depresi akan meningkat di kemudian hari. Mungkin Anda merasa nyaman dengan penundaan ini, tapi jika dibiarkan berlarut-larut, depresi akan semakin dalam.

5. Diet
Beberapa orang akan malas makan jika suasana hati sedang buruk. Itu agak tidak biasa selama mereka mencari tahu bahwa diet tidak berpengaruh selama depresi, meskipun itu hanya sekadar memilih makanan yang disuka.

6. Tidur
Saat depresi, pola tidur akan berantakan. Kurangnya tidur tentu akan memengaruhi suasana hati. Pola tidur sesorang memang bervariasi. Namun, sekitar 80% penderita depresi memiliki kendala tidur, seperti tidur terlalu malam atau bangun terlalu dini.

Jika Anda sudah mengetahui kebiasaan yang akan berubah akibat depresi maka Anda akan dapat segera mengantisipasinya. o kay

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 29 Maret 2023
Sabtu, 25 Maret 2023
Jumat, 24 Maret 2023
Senin, 27 Februari 2023
Jumat, 10 Februari 2023
Minggu, 01 Januari 2023
Selasa, 27 Desember 2022
Minggu, 20 November 2022
Rabu, 09 November 2022
Sabtu, 13 Agustus 2022
Sabtu, 04 Juni 2022
Kamis, 02 Juni 2022