Selasa, 23 Oktober 2018 14:59:16

Cara Alami Obati Asam Urat

Cara Alami Obati Asam Urat

Beritabatavia.com - Berita tentang Cara Alami Obati Asam Urat

Asam urat bisa menimbulkan rasa sakit yang mengganggu hingga bengkak pada bagian sendi. Penyakit yang satu ini mulai mendapatkan perhatian. ...

 Cara Alami Obati Asam Urat Ist.
Beritabatavia.com -

Asam urat bisa menimbulkan rasa sakit yang mengganggu hingga bengkak pada bagian sendi. Penyakit yang satu ini mulai mendapatkan perhatian. Sebab, asam urat tak hanya menyerang kaum lansia, tapi juga orang muda.

Asam urat disebabkan konsumsi makanan dengan kandungan tinggi purin. Saat purin dicerna, tubuh menghasilkan asam urat sebagai produk limbah. Purin sendiri ditemukan dalam sejumlah makanan, seperti jenis daging tertentu, ikan sarden, kacang-kacangan, dan minuman beralkohol.

Normalnya, tubuh menyaring asam urat melalui ginjal dan urine. Jika Anda terlalu banyak mengonsumsi purin dan tubuh tak mampu membuang produk limbah ini dengan cepat, maka asam urat akan menumpuk dalam darah. Akibatnya adalah rasa nyeri pada persendian.

Di luar itu, tingginya kadar asam urat dalam tubuh juga disebabkan oleh faktor genetik, obesitas, dan stres. Jika tak ditangani dengan baik, asam urat bisa berujung pada beberapa penyakit kronis seperti gangguan ginjal, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Umumnya, medis akan memberikan resep obat yang kudu dikonsumsi pemilik asam urat. Namun, sebenarnya Anda juga bisa mengatasi asam urat tanpa harus bergantung pada obat-obatan. Anda harus meminum banyak air mineral untuk membuang asam urat dari tubuh. Selain itu, konsumsi buah-buahan dan sayur, ujar ahli nutrisi, dr Anju Sood, mengutip NDTV.

Beberapa cara mengatasi asam urat secara alami dirangkum dari berbagai sumber.

1. Rajin minum air lemon
Ahli pengobatan herbal, dr B.N Sinha menyarankan untuk meminum air lemon setidaknya dua kali dalam sehari. Lemon diketahui mengandung asam sitrat yang mampu mengusir asam urat dari tubuh. Selain itu, kata Sinha, Anda juga perlu mengonsumsi vitamin C seperti yang ada pada jambu dan jeruk.

2. Konsumsi buah dan sayur kaya antioksidan
Sebuah penelitian yang digagas oleh University of Maryland menunjukkan bahwa penderita asam urat harus mengonsumsi banyak buah dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Beri menjadi contoh buah-buahan yang kaya antioksidan. Beri dengan warna gelap mengandung flavonoid yang disebut dengan anthocyanin. Nama yang terakhir ini mampu mengatasi peradangan dan keram. Selain itu, jenis sayur seperti tomat dan paprika juga mampu menyeimbangkan kadar asam urat dalam tubuh.

3. Makanan kaya serat
Penelitian yang sama merekomendasikan pemilik asam urat untuk mengonsumsi banyak makanan kaya serat. Disebutkan, makanan kaya serat mampu menyerap kelebihan asam urat dan mengeliminasinya dari tubuh. Sejumlah makanan seperti oat dan pisang disebut sebagai sumber serat yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh.

4. Hindari gula tambahan dalam makanan olahan
Umumnya, asam urat disebabkan oleh kandungan protein berlebih. Namun, sejumlah penelitian menunjuk gula sebagai salah satu kandungan yang berpotensi meningkatkan asam urat. Mengutip Healthline, peneliti menemukan bahwa jenis gula tambahan pada makanan olahan dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi. Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa label makanan. Perhatikan seberapa besar gula tambahan yang digunakan.

5. Minum air mineral
Meminum banyak air mineral dapat membantu ginjal untuk mengeliminasi asam urat dari tubuh dengan lebih cepat. Dengan minum air mineral minimal delapan gelas per hari, zat yang tak terpakai dalam tubuh akan terangkut keluar. Beberapa ahli juga percaya bahwa minum air mineral turut membantu melancarkan pembuangan asam urat yang menumpuk dalam tubuh.

6. Hindari minuman beralkohol
Minuman beralkohol bisa menimbulkan dehidrasi. Selain itu, minuman jenis satu ini juga bisa meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Hal itu terjadi karena ginjal harus bekerja keras untuk menyaring limbah yang diproduksi dalam darah.

7. Mengontrol berat badan
Sebagaimana telah disebutkan di atas, obesitas atau kelebihan berat badan menjadi salah satu penyebab kadar asam urat yang tinggi. Anda bisa memilih sumber karbohidrat kompleks dalam menu diet. Konsumsi lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh.

8. Kurangi stres
Stres, kualitas tidur yang buruk, dan kurang olahraga menyebabkan peradangan yang mampu meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Aktivitas yoga disebut mampu mengatasi rasa stres yang kerap mendera. Selain itu, Anda juga bisa melakukan rutinitas olahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari. Olahraga dapat melatih sendi, sehingga bisa mencegah rasa nyeri disebabkan asam urat. 0 CIO



Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022