Kamis, 23 September 2010 11:47:11

PBB: Serangan Israel ke Freedom Flotilla Pelanggaran Berat HAM

PBB: Serangan Israel ke Freedom Flotilla Pelanggaran Berat HAM

Beritabatavia.com - Berita tentang PBB: Serangan Israel ke Freedom Flotilla Pelanggaran Berat HAM

Serangan pasukan komando Israel terhadap kapal kemanusiaan bertujuan Gaza pada Mei lalu tidak bisa dibenarkan secara hukum dan mengakibatkan ...

PBB: Serangan Israel ke Freedom Flotilla Pelanggaran Berat HAM Ist.
Beritabatavia.com - Serangan pasukan komando Israel terhadap kapal kemanusiaan bertujuan Gaza pada Mei lalu tidak bisa dibenarkan secara hukum dan mengakibatkan pelanggaran HAM dan hukum kemanusiaan internasional.

Demikian hasil kesimpulan panel pakar-pakar PBB mengenai tragedi Freedom Flotilla seperti diberitakan kantor berita Reuters, Kamis (23/9).

Tiga pakar internasional telah ditunjuk oleh Dewan HAM PBB untuk menyelidiki serangan Israel yang menewaskan 9 aktivis pro-Palestina tersebut. Menurut panel internasional tersebut, blokade Israel atas Gaza juga telah menimbulkan krisis kemanusiaan dan merupakan pelanggaran hukum.

Ketiga pakar tersebut merupakan hakim-hakim dari Inggris dan Trinidad serta seorang penasihat HAM asal Malaysia.

Dalam laporan mereka disebutkan, militer Israel telah menggunakan kekuatan yang sama sekali tidak perlu dan luar biasa keras untuk menghentikan konvoi kapal kemanusiaan Freedom Flotilla.

Itu merupakan pelanggaran berat HAM dan hukum kemanusiaan internasional, demikian pernyataan ketiga pakar internasional itu.

Dikatakan pula, Israel berhak akan keamanan. Karena itu penembakan roket ke Israel oleh kelompok Hamas juga merupakan pelanggaran hukum HAM.

Namun ditegaskan pula bahwa blokade Israel atas Gaza bagaimanapun tak bisa dibenarkan secara hukum. Menurut panel tersebut, Israel telah menolak bekerja sama dengan misi penyelidikan mereka. Israel pun diserukan untuk mengidentifikasi siapa saja yang terlibat dalam penyerangan itu dan mengadili mereka. o dtc/nor
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 08 Mei 2020