Kamis, 23 September 2010 21:24:52

KBRI Berlin Gelar "Indonesia Update"

KBRI Berlin Gelar "Indonesia Update"

Beritabatavia.com - Berita tentang KBRI Berlin Gelar "Indonesia Update"

Berbagai cara dilakukan oleh KBRI Berlin, Jerman untuk melakukan pengenalan Indonesia kepada berbagai kalangan di Jerman maupun untuk mendapatkan ...

KBRI Berlin Gelar Ist.
Beritabatavia.com - Berbagai cara dilakukan oleh KBRI Berlin, Jerman untuk melakukan pengenalan Indonesia kepada berbagai kalangan di Jerman maupun untuk mendapatkan masukan mengenai bagaimana meningkatkan hubungan RI Jerman, baik dengan pendekatan yang bersifat formal maupun informal. Setelah sukses meluncurkan Sarasehan Bulanan yang sudah berjalan hampir 2 tahun, KBRI Berlin memulai pendekatan baru lainnya dengan penyelenggaraan Indonesian Update untuk berbagai kalangan di Jerman dan untuk yang pertama dilakukan bagi kalangan media dan yayasan politik di Jerman.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Eddy menekankan pentingnya peran media dan yayasan politik Jerman dalam ikut mengenalkan dan membantu upaya pembangunan di Indonesia. Dubes juga menyampaikan berbagai perkembangan di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya yang terjadi di Indonesia dan peran aktif Indonesia dalam kerjasama regional maupun internasional. Disamping itu, Dubes juga mengemukakan kemajuan  kerjasama bilateral RI-Jerman, khususnya setelah kunjungan Presiden RI ke Jerman bulan Desember 2009, seperti terbentuknya forum konsultasi bilateral RI-Jerman bulan Mei 2010 dan penyelenggaraan the First Interfaith dan Intercultural Dialogue RI Jerman di Yogyakarta bulan Juni 2010.

Dalam rangka menarik manfaat dari potensi yang dimiliki Jerman, Dubes juga menginformasikan rencana penyelenggaraan 3 kegiatan besar KBRI Berlin bekerjasama dengan elemen masyarakat Indonesia di Jerman yaitu Renewable Energy Conference di Berlin tanggal 12-13 Oktober 2010, Konperensi mengenai Perubahan Iklim di Hamburg, 1-2 Nopember 2010 dan Indonesian Day di Munchen tanggal 5 Nopember 2010.

Nampak antusiasme hadirin dalam acara tersebut yang terlihat dengan banyaknya pertanyaan dan saran dalam rangka meningkatkan performance Indonesia di Jerman dan hubungan RI Jerman, antara lain  mengenai perkembangan forest protection yang dilakukan oleh Pemri saat ini, perkembangan pariwisata di Indonesia, perlunya media trip dan pengenalan  kuliner Indonesia.

Turis dan Jurnalis Asing Harus Ijin Untuk ke Papua
Menanggapi hal tersebut, Dubes antara lain menjelaskan bahwa Indonesia berperan aktif dalam persidangan-persidangan internasional terkait perubahan iklim. Mengenai pariwisata, Dubes menjelaskan bahwa Indonesia selalu berpartisipasi aktif dalam pameran pariwisata terbesar di dunia - International Tourism Bourse (ITB) Berlin - sebagai wahana promosi pariwisata Indonesia di Jerman dan kunjungan  turis Jerman  ke Indonesia menunjukkan trend yang meningkat.
Terkait dengan Papua, dijelaskan bahwa daerah tersebut mempunyai potensi ecotourism yang sangat baik, namun diperlukan beberapa persyaratan untuk masuk daerah tersebut karena pemerintah RI ingin memberikan perhatian khusus bagi turis dan jurnalis asing dari aspek keamanan.O KBRI Berlin/brn
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 26 Februari 2023
Minggu, 19 Februari 2023
Jumat, 17 Februari 2023
Minggu, 20 November 2022
Sabtu, 20 Agustus 2022
Senin, 08 Agustus 2022
Senin, 30 Mei 2022
Rabu, 27 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 08 Mei 2020