Senin, 15 April 2019

Belimbing, Bisa Menurunkan Berat Badan Lhoo...

Belimbing, Bisa Menurunkan Berat Badan Lhoo...

Beritabatavia.com - Berita tentang Belimbing, Bisa Menurunkan Berat Badan Lhoo...



Manfaat belimbing ternyata banyak sekali terutama untuk kesehatan. Setiap orang menginginkan untuk mendapati kondisi yang sehat bagi dirinya. ...

Ist.
Beritabatavia.com -

Manfaat belimbing ternyata banyak sekali terutama untuk kesehatan. Setiap orang menginginkan untuk mendapati kondisi yang sehat bagi dirinya. Karena, kesehatan merupakan hal nomor satu bagi sebagian orang.

Nah, untuk menjaga kesehatan, kamu hanya perlu menjaga kedisplinan dalam diri. Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapati tubuh yang sehat seperti olahraga yang teratur, menjauhi rokok dan alkohol, dan sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki gizi tinggi.

Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan gizi baik. Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat dalam buah sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh. Meski begitu, pada kenyataannya, masih banyak orang yang menyepelekan pola makan untuk mengonsumsi buah setiap hari ini.

Padahal banyak sekali khasiat yang bisa didapatkan dari setiap buah, misalnya saja buah belimbing ini. Siapa sangka, buah yang banyak tumbuh di pekarangan rumah dan sering diabaikan ini ternyata memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi secara rutin. Apa saja sih sebenarnya manfaat belimbing bagi kesehatan tubuh manusia?

Dirangkum dari berbagai sumber, ini penjelasan tentang belimbing dan manfaat belimbing untuk kesehatan.

#. Kandungan Belimbing
Meski belimbing tidak sepopuler buah-buahan lainnya, namun belimbing memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Buah berwarna kuning kehijauan ini memiliki kalori yang rendah. Pada satu buah belimbing hanya mengandung sekitar enam gram karbohidrat. Sedangkan, dalam satu cangkir buah belimbing, terkandung karbohidrat sebanyak sembilan gram.

Belimbing ini kaya akan serat tapi rendah lemak. Ya, satu cangkir buah belimbing hanya mengandung kurang dari satu gram lemak dan dapat memnuhi 14 persen kebutuhan serat harian. Bahkan, lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh ganda yang bisa menghasilkan vitamin E dan antioksidan.

Pada satu buah belimbing mengandung setidaknya dua gram protein dan 45 miligram vitamin C atau, sekitar 75 persen dari asupan vitamin C harian yang disarankan. buah belimbing juga kaya akan berbagai zat yang baik untuk tubuh.

Zat tembaga (copper) dalam buah belimbing dapat mendukung pembentukan sel darah merah dalam tubuh. Sedangkan, kalium dan elektrolit yang terkandung dalam belimbing dapat membantu kamu untuk mempertahankan detak jantung yang sehat dan membantu fungsi saraf. Ini manfaat belimbing lainnya untuk kesehatan tubuh.

#. Menurunkan Berat Badan
Belimbing yang memiliki minim kalori ini namun kaya akan serat ini, aman untuk dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Makan belimbing secara rutin dapat memaksimalkan sistem metabolisme, sehingga dapat mempercepat menurunkan berat badan. Kandungan serat yang terdapat dalam belimbing ini dapat membantu kamu mendapatkan rasa kenyang yang lebih lama.

#. Melancarkan Pencernaan
Banyaknya kandungan serat yang terdapat pada belimbing, mampu merangsang pergerakan sisa makanan di dalam perut sehingga dapat muemudahkannya untuk dikeluarkan. Serat ini juga dapat mengeluarkan racun dari usus besar. Selain itu, serat pada belimbing dipercaya dapat memudahkan usus untuk menyerap nutrisi makanan.

#. Mencegah Kanker
Manfaat belimbing lainnya adalah bisa membantu mencegah penyakit kanker. Kandungan flavonoid polifenol yang terdapat di dalam buah belimbing ini mampu melawan efek mutagenic akibat radikal bebas dan membuangnya dari tubuh, sehingga terhindar dari risiko penyakit kronis. Selain itu, kandungan serat yang sangat banyak ini mampu membantu memberisihkan racun di dalam usus besar.

#. Memelihara Jantung
Manfaat belimbing untuk kesehatan lainnya adalah bisa bantu memelihara jantung. Kandungan zat natrium dan kalium yang cukup tinggi pada belimbing ini, bermanfaat sebagai pengganti elektrolit dalam tubuh. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, dapat membantu mengintrol tekanan darah dan detak jantung, hingga memberisihkan plak pada pembuluh darah, juga melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

#. Merangsang Produksi ASI
Siapa sangka, manfaat belimbing ini juga baik untuk ibu menyusui. Ternyata, kandungan buah belimbing ini dapat merangsang produksi ASI dan melancarkan kelenjar susu yang tersumbat pada ibu muda. Jadi, untuk ibu yang sedang menyusui, selain daun katuk, kamu bisa menginsumsi buah belimbing.

#. Mengontrol Diabetes
Buah belimbing aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Bahkan, buah ini bagus untuk orang yang memiliki riwayat diabetes karena dapat mengontrol kadar gula darah dan mengurangi kolesterol.

#. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Setiap hari tubuh membutuhkan asupan vitamin C dengan kadar tertentu. Nah, buah belimbing bisa mencukupi kebutuhkan vitamin C itu. Satu buah belimbing dapat menyumbang 50 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

#. Meningkatkan Kepadatan Tulang dan Gigi
Kandungan zat besi, magnesium, fosfor, seng, dan kalsium yang ada pada buah belimbing dapat menambah kepadatan tulang dan gigi. Tentu saja, manfaat belimbing ini cocok untuk mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis dan radang sendi.

#. Mengobati Sariawan
Tidak perlu ditanyakan lagi, selain serat, buah belimbing juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Tentunya kamu sudah paham kan, bahwa vitamin C ini sangat berguna untuk mengobati sariawan. Jadi, jangan lupa konsumsi belimbing saat sariawan datang melanda.

#. Anti-ulkus atau Tukak
Jika kamu memiliki riwayat penyakit maag, kamu bisa coba buah belimbing sebagai obat penyembuh. Ekstrak daun dan buah belimbing memiliki kandungan terpenoid, flavonoid dan lendir. Lendir dalam buah belimbing inilah yang dapat melindungi lapisan lambung, sehingga membantu menghindari kerusakan akibat gastritis. 0 NIZ



Berita Terpopuler
Sabtu, 14 September 2019
Berita Lainnya
Minggu, 18 Agustus 2019
Jumat, 16 Agustus 2019
Rabu, 14 Agustus 2019
Selasa, 13 Agustus 2019
Minggu, 11 Agustus 2019
Jumat, 09 Agustus 2019
Selasa, 06 Agustus 2019
Jumat, 02 Agustus 2019
Selasa, 30 Juli 2019
Minggu, 28 Juli 2019
Sabtu, 27 Juli 2019
Jumat, 26 Juli 2019