Minggu, 05 Mei 2019

Transjakarta Resmi Operasikan Bus Listrik

Transjakarta Resmi Operasikan Bus Listrik

Beritabatavia.com - Berita tentang Transjakarta Resmi Operasikan Bus Listrik

PT Transjakarta memperkenalkan bus listrik ke masyarakat DKI di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sekitaran Bundaran ...

Ist.
Beritabatavia.com - PT Transjakarta memperkenalkan bus listrik ke masyarakat DKI di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat hari ini. Beberapa manfaat dan keunggulan beroperasinya bus listrik di Jakarta. Selain ramah lingkungan, menurutnya kendaraan ini juga mampu membawa angin segar bagi warga Jakarta.

"Tentu pertama memang green itu artinya memang untuk lingkungan lebih bersih, lebih sehat untuk masyarakat, dan mesinnya tidak berisik itu yang utama," papar Direktur Utama PT Transjakarta, Agung Wicaksono  saat memperkenalkan bus listrik ke masyarakat DKI, di Bunderan HI, Jakarta, Minggu (5/5/2019).

Menurutnya, keunggulan bus listrik ini juga mendorong perkembangan di sektor industri otomotif. "Kendaraan listrik ini selain kesempatan dipakai masyarakat dan angkutan umum tapi juga kesempatan mengembangkan sebuah industri baru buat Indonesia karena itu layak buat didorong dan apalagi ini adalah masa depan," sebutnya.

Di samping itu, bagi Indonesia sendiri ini menjadi kesempatan besar apabila mau mengembangkan kendaraan listrik. Namun demikian, industri kendaraan listrik ini harus dibangun dengan proses yang panjang. "Nah, listrik ini kan sesuatu yang baru, kesempatannya ada di sini karena negara-negara di dunia belum banyak juga yang pakai," sebutnya.

PT Transjakarta hari ini resmi memperkenalkan bus listrik ke masyarakat DKI di Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat.

Diakatkan, selain untuk memperlihatkan ke masyarakat seperti apa wujud bus listrik. Pihaknya juga ingin meyakinkan kepada masyarakat bahwa bus listrik aman dan ramah lingkungan. "Untuk buat masyarakat merasa bahwa bus listrik ini aman, bersih, dan mereka menyadari masa depan akan hadir di ke hidupan kita," kata Agung.

Total ada 3 bus yang akan segera diuji coba. Bus listrik ini berasal dari Cina dan Indonesia sendiri. "Sekarang ini pra uji coba sampai keluarnya perizinan. Pra uji coba ini dilakukan di kawasan wisata, di Monas, nanti waktu liburan sekolah. Setelah itu, STNK sudah keluar baru akan diuji coba selama 6 bulan. Di Koridor I dan Koridor VI," Jelas dia.

Ysai uji coba, baru pihaknya akan menambah jumlah kendaraan. Namun, semuanya harus melalui proses evaluasi lebih dahulu. "6 bulan jalan, kita cek, kita evaluasi. Dan nanti kita akan perbanyak dan perluas," pungkas dia.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pra uji coba mobil listrik milik PT Transjakarta. Anies tampak didampingi Dirut PT Transjakarta Agung Wicaksono, Sekda DKI Jakarta Saefullah dan beberapa pajabat lainnya. Uji coba dilakukan mulai dari Balai Kota, Jakarta Pusat hingga Bundaran Hotel Indonesia dan kembali lagi ke Balai Kota.

Anies mengaku bus listrik yang ditumpanginya tergolong unik. Sebab, tak menimbulkan suara. "Saya pernah naik bus listrik. Tapi ini pertama kali saya naik bus listrik di Jakarta," kata Anies pada April lalu.

Anies Baswedan menyebut saat ini yang sedang di pra uji cobakan baru tiga bus saja. Tapi, dia berharap saat beroperasi ada kenaikan jumlah bus. "Ini baru tiga pertama. Bulan-bulan awal Insyaalah bisa sampai10 nantinya, kemudian sambil kita siapkan proyeksi untuk menggunakan semua bus Transjakarta menggunakan listrik," jelasnya. 0 LEO


Berita Lainnya
Rabu, 31 Juli 2019
Selasa, 30 Juli 2019
Sabtu, 27 Juli 2019
Jumat, 26 Juli 2019
Rabu, 24 Juli 2019
Jumat, 19 Juli 2019
Kamis, 18 Juli 2019
Rabu, 17 Juli 2019
Selasa, 16 Juli 2019
Senin, 15 Juli 2019
Minggu, 14 Juli 2019
Senin, 08 Juli 2019