Selasa, 07 Mei 2019

Ingat, Konsumsi Soda Diet Picu Makan Berlebihan

Ingat, Konsumsi Soda Diet Picu Makan Berlebihan

Beritabatavia.com - Berita tentang Ingat, Konsumsi Soda Diet Picu Makan Berlebihan

Soda diet kerap dianggap sebagai solusi minuman bersoda yang rendah kalori. Oleh karena itu, soda diet seringkali dipilih sebagai opsi minuman aman ...

Ist.
Beritabatavia.com - Soda diet kerap dianggap sebagai solusi minuman bersoda yang rendah kalori. Oleh karena itu, soda diet seringkali dipilih sebagai opsi minuman aman oleh orang-orang yang sedang berdiet. Padahal hal itu sangat berbahaya bagi kesehatan.

Studi terbaru menunjukkan fakta bahwa soda diet bukanlah sahabat yang baik untuk orang-orang yang berdiet. Konsumsi soda diet justru dapat mendorong seseorang untuk makan lebih banyak.

Studi yang dilakukan oleh George Washington University ini menunjukkan bahwa konsumsi soda diet dapat mempengaruhi kontrol asupan kalori seseorang. Orang-orang yang secara rutin meminum soda diet maupun minuman diet lain rata-rata mengonsumsi hampir 200 kalori tambahan per hari.

Studi ini melibatkan data pengaturan pola makan atau diet pada lebih dari 7.000 anak dan remaja di Amerika Serikat. Studi membandingkan asupan kalori partisipan yang gemar meminum soda diet dan soda biasa dengan partisipan yang hanya meminum air putih.

Dari studi ini diketahui partisipan yang secara rutin meminum soda diet cenderung mengonsumsi kalori ekstra sebesar 196 kalori per hari. Sedangkan partisipan yang rutin meminum soda biasa cenderung mengonsumsi kalori ekstra sebesar 312 kalori.

Seperti dilansir News.com.au, Selasa (07/05/2019) penelitian ini tidak membuktikan bahwa konsumsi soda diet merupakan penyebab kenaikan berat badan secara langsung. Akan tetapi, orang-orang yang mengonsumsi soda diet cenderung mengonsumsi gula tambahan pada makanan mereka.

Kecenderungan ini membuat orang-orang yang gemar mengonsumsi soda diet justru kerap mendapatkan asupan gula tambahan yang lebih tinggi. Dalam jangka panjang, asupan gula tambahan yang berlebih ini dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Temuan sangat bertolak-belakang dengan poin penjualan soda diet yang mengedepankan aspek rendah kalori. Alasannya, studi ini membuktikan bahwa konsumsi soda diet maupun soda biasa tak memberi perbedaan signifikan terhadap asupan kalori keseluruhan seseorang. Konsumsi soda diet bahkan dapat mendorong seseorang untuk mendapatkan asupan kalori melebihi kebutuhan.

Dari temuan, tim peneliti menilai ada satu pesan penting. Tak peduli apakah itu soda diet atau pun soda biasa, tak ada hal baik yang bisa didapatkan dari meminum minuman bersoda. Semakin sedikit konsumsi minuman bersoda akan semakin baik.

Air putih tetap merupakan opsi terbaik untuk minuman sehari-hari. Kebiasaan minum air putih yang benar akan secara alami mendorong seseorang untuk mengurangi asupan gula ataupun makan secara keseluruhan. 0 ENZ



Berita Terpopuler
Jumat, 11 Oktober 2019
Berita Lainnya
Rabu, 18 September 2019
Selasa, 17 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Rabu, 11 September 2019
Senin, 09 September 2019
Sabtu, 07 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Selasa, 03 September 2019
Minggu, 01 September 2019
Jumat, 30 Agustus 2019
Selasa, 27 Agustus 2019
Sabtu, 24 Agustus 2019