Minggu, 23 Juni 2019

Waspadai, Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3

Waspadai, Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3

Beritabatavia.com - Berita tentang Waspadai, Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tubuh tidak dapat menghasilkan omega-3 sendiri, sehingga kamu ...

Ist.
Beritabatavia.com - Omega-3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun, tubuh tidak dapat menghasilkan omega-3 sendiri, sehingga kamu perlu mendapatkannya dari asupan makanan. Kegunaan omega-3 untuk tubuh ini bisa membantu kamu terbebas dari kolesterol, pusing, dan mual.

Selain itu, manfaat lain omega-3 untuk tubuh adalah baik untuk perkembangan sel serta perkembangan fungsi otak dan saraf. Begitu banyak manfaat omega-3 ini untuk kesehatan tubuh, maka apabila tubuh kamu kekurangan omega-3 akan memberikan dampak yang kurang baik untuk tubuh.

Agar kamu bisa lebih mengenal bahwa tubuh kamu memerlukan asupan omega-3, maka berikut ini Liputan6.com telah merangkum beberapa tanda tubuh yang kekurangan omega-3. Telah dirangkum dari berbagai sumber, ini tanda kamu memerlukan asupan omega-3 yang cukup, Minggu (23/6/2019).

Omega-3 merupakan asam lemak esensial yang tidak diprosuksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus didapatkan melalui makanan. Omega-3 terdiri dari dua jenis yaitu DHA, EPA, dan ALA.

DHA (docosahexaenoic acid) merupakan asam lemak omega-3 yang terkandung dalam beberapa jenis minyak ikan dan rumput laut. Sedangkan EPA (aisocaspentaenoic acid) sama halnya dengan DHA, EPA juga banyak terkandung di dalam ikan laut. Lalu AHA (alpha-linolenic acid) merupakan asam lemak omega-3 yang ditemukan terkandung dalam kacang-kacangan dan biji-bijian serta daging berkualitas tinggi dari sapi yang diberi makan rumput.

Berdasarkan rekomendasi dari dr. Anita Amalia Sari dari Klikdokter, mengatakan bahwa beberapa makanan ini mengandung omega-3 yang wajib dimakan. Berikut daftar makanannya: Makanan laut seperti salmon, tuna, hering, dan sarden. Kacang-kacangan. Biji-bijian. Sayuran. Produk susu dan telur.  Minyak.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi omega-3 bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah dan kadar trigliserida. Asam lemak ini juga dapat menghambat pembentukan plak lemak yang menyumbat pembuluh arteri atau aterosklerosis. Dengan demikian, konsumsi omega-3 dapat menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Selain manfaat kesehatan bagi jantung dan pembuluh darah, omega-3 juga diteliti membawa harapan bagi penyembuhan depresi, kanker, serta hiperaktif pada anak. Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3

#. Sulit Berkonsentrasi
Tanda tubuh kamu kekurangan omega-3 yang umum dirasakan adalah sulit untuk berkonsentrasi dalam melakukan aktivitas. Dibandingkan dengan orang yang telah memenuhi asupannya dengan omega-3 setiap hari, dirinya lebih mudah berkonsentrasi atau bahkan tingkat konsentrasinya meningkat. Karena itu, omega-3 sangat dibutuhkan bagi kamu yang memiliki keluhan nyeri sendi.

#. Mudah Lelah
Banyak penyebab orang menjadi lelah. Namun bila kamu terlalu sering mengalami lelah, itu menandakan kamu kurang mendapat asupan omega-3 pada tubuh, Omega-3 ini sangat baik dalam hal memberikan energy pada tubuh. Nah, buat kamu yang sangat mudah merasakan lelah, penting untuk mengonsumsi secara cukup yang bisa didapatkan dari ikan atau bisa juga dari suplemen omega-3 yang banyak dijual di pasaran.

#. Nyeri Sendi
Asam lemak omega-3 yang berasal dari minyak ini merupakan salah satu sumber anti-inflamasi atau anti-peradangan yang sangat kuat. Omega-3 ini dapat menghentikan proses yang dapat menghancurkan jaringan dan sendi, sehingga bisa mencegah terjadinya peradangan awal.

#. Rambut Kering
Omega-3 kerap ditemukan pada folikel rambut. Omega-3 pada rambut terletak di membran sel di kulit kepala dan pada minyak di rambut yang membuat rambut tetap terhidrasi. Selain itu, asam lemak omega-3 juga berguna untuk membantu pertumbuhan rambut. Maka dari itu, hal yang perlu kamu perhatikan adalah untuk mengonsumsi lemak omega-3. Pentingnya mendapatkan asupan lemak asam omega-3 dari makanan ini untuk mendapatkan rambut yang sehat.

#. Kuku Rapuh
Bila kamu mendapati kondisi kuku menjadi lunak, mudah mengelupas, dan rapuh, ini merupakan tanda dari tubuh kamu kekurangan omega-3. Hal ini juga sudah dijelaskan dalam penelitian yang menunjukkan bahwa omega-3 dari sumber hewani seperti minyak ikan lebih mudah diserap tubuh dibandingkan omega-3 dari tanaman.

#. Kulit Kering
Salah satu rahasia kulit sehat adalah lemak omega-3 yang ditemukan secara alami pada struktur dinding sel. Semakin kekurangan lemak omega-3, maka akan semakin kering kulit kamu. Omega-3 ini membantu kulit menyerap nutrisi sehat dan mengeluarkan produk limbah yang berbahaya dalam tubuh. 0 LEO
Berita Terpopuler
Jumat, 11 Oktober 2019
Berita Lainnya
Rabu, 18 September 2019
Selasa, 17 September 2019
Sabtu, 14 September 2019
Rabu, 11 September 2019
Senin, 09 September 2019
Sabtu, 07 September 2019
Rabu, 04 September 2019
Selasa, 03 September 2019
Minggu, 01 September 2019
Jumat, 30 Agustus 2019
Selasa, 27 Agustus 2019
Sabtu, 24 Agustus 2019