Sabtu, 06 Juli 2019

Kali di Pondok Bambu Penuh Sampah

Kali di Pondok Bambu Penuh Sampah

Beritabatavia.com - Berita tentang Kali di Pondok Bambu Penuh Sampah


 Warga RW 1 Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengeluhkan sampah yang menumpuk di Kali Tegal Amba. Hampir di semua ...

Ist.
Beritabatavia.com -
 Warga RW 1 Kelurahan Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur, mengeluhkan sampah yang menumpuk di Kali Tegal Amba. Hampir di semua permukaan air, dipenuhi sampah yang tak pernah diangkat.

Meski selama ini Dinas Lingkungan Hidup mengaku memiliki pasukan yang bertugas untuk mengakut sampah dari aliran air, hal itu tak terlihat di sepanjang aliran kali Tegal Amba. Kali yang melintas di tiga kelurahan seperti Pondok Bambu, Duren Sawit dan Klender, semuanya penuh sampah.

Rika, 37, warga RW 1 Kelurahan Pondok Bambu mengatakan, sudah lebih dari dua bulan sampah di kali tidak dibersihkan. Akibatnya, kondisi sampah menumpuk dan hampir menutupi seluruh permukaan air.

"Biasanya seminggu sekali dibersihkan sama pasukan oren pakai karung. Ada juga dari UPK Badan Air pakai excavator amfibi. Tapi ini udah dua bulan lebih enggak dibersihkan," katanya, Jumat (5/7/2019).

Menurut Rika, akibat menumpuknya sampah dan air tak mengalir dengan baik, mempengaruhi kondisi di lingkungan sekitar. Pasalnya, menjelang malam, banyaknya nyamuk di tempat tinggalnya sehingga membuat dirinya harus memakai lotion anti nyamuk berulang-ulang kali. "Ya pasti jadi sarang nyamuk, karena air nggak mengalir, jadinya jentik pada ngumpul," terangnya.

Atas kondisi yang ada, kata Rika, ia pun berharap petugas terkait bisa segera menangani permasalahan sampah. Dengan membersihkan seminggu atau dua minggu sekali pasti bersihkan sampah di kali. "Jangan sampai cuma gara-gara sampah warga malah terjangkitnya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD)," ungkapnya.

Terkait hal tersebut, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, Budi Mulyanto mengatakan, pihaknya akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. Dimana laporan itu akan disampaikan ke Unit Pelaksana Kerja (UPK) Badan Air. "Akan langsung saya teruskan ke UPK Badan Air, agar segera ditindaklanjuti," ujarnya. 0 PK
Berita Terpopuler
Minggu, 14 Juli 2019
Berita Lainnya
Selasa, 25 Juni 2019
Senin, 24 Juni 2019
Minggu, 23 Juni 2019
Sabtu, 22 Juni 2019
Sabtu, 22 Juni 2019
Jumat, 21 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Selasa, 18 Juni 2019
Selasa, 18 Juni 2019
Senin, 17 Juni 2019
Minggu, 16 Juni 2019
Minggu, 16 Juni 2019