Selasa, 09 Juli 2019

Wisatawan Thailand Tewas di Pulau Padar Labuan Bajo

Wisatawan Thailand Tewas di Pulau Padar Labuan Bajo

Beritabatavia.com - Berita tentang Wisatawan Thailand Tewas di Pulau Padar Labuan Bajo

WISATAWAN yang berlibur di Pulau Padar Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menelan korban jiwa. Kini Wisatawan asal Thailand bernama ...

Ist.
Beritabatavia.com - WISATAWAN yang berlibur di Pulau Padar Labuhan Bajo Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menelan korban jiwa. Kini Wisatawan asal Thailand bernama Norathep Vanapirome meninggal dunia saat sedang mendaki di puncak Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Flores, NTT, Minggu (23/6/2019).

Kapolres Manggarai Barat AKBP Julisa Kusumawardono membenarkan korban yang meninggal di puncak Pulau Padar merupakan wisatawan asal Thailand. "Korban Mr Norathep Vanapirone berusia 69 tahun, warga negara Thailand meninggal pada saat trekking di Pulau Padar sekitar pukul 10.30 Wita," kata Kapolres Julisa seperti dilansir laman Kompas, Selasa (09/07/2019).

Pemilik Dragon Island Tour, Maksi Kamil mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan pemandu wisata asal Thailand untuk memandu wisata Norathep bersama 14 temannya selama di Labuan Bajo dan Taman Nasional Komodo. Norathep bersama rombongan tiba di Labuan Bajo pada Sabtu (22/6/2019).

Tiba di Labuan Bajo, rombongan langsung menuju restoran untuk menikmati matahari terbenam dan makan malam. Selanjutnya, mereka menginap di Hotel Bintang Flores.  Keesokan harinya pada pukul 05.00, rombongan dijemput untuk bertolak menuju Taman Nasional Komodo.

Di Taman Nasional Komodo, mereka dijadwalkan mengunjungi Pulau Rinca, Padar, Komodo, Manta Point, Kanawa, dan kembali ke Labuan Bajo pada sore harinya. "Di Pulau Rinca, mulai dari di kapal sampai dengan selesai trekking dia ini sangat aktif tanpa ada keluhan apa pun. Dia aktif mengambil gambar, bawa dua kamera," ujar Maksi.

Di Pulau Padar, Norathep masih terlihat bersemangat melakukan trekking. Sementara itu, teman-temannya memilih kembali ke kapal untuk beristirahat.  Sampai di puncak, korban sempat memotret dengan dua kamera yang dibawanya.

"Tidak lama setelah ambil gambar, ia tiba-tiba jatuh tanpa ada keluhan sedikit pun. Anak-anak praktik dan guide-nya kaget melihat dia jatuh. Dia jatuh bukan karena terpeleset, tiba-tiba jatuh dengan kameranya," katanya.

Melihat kejadian itu, pemandu wisata dan teman-temannya sempat melakukan pertolongan dengan memberikan napas buatan serta membuka bajunya. Namun, nyawa Norathep tidak tertolong. Kemudian, jenazah Norathep dibawa ke Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo dan dirujuk ke RSUD Labuan Bajo di Merombok.

Ia mengatakan, anak korban tengah dalam perjalanan untuk menjemput jenazah sang ayah.  "Anaknya sendiri dan staf kantor dari Thailand sedang dalam perjalanan menuju Labuan Bajo. Pukul 01.00 dini hari nanti tiba di Labuan Bajo," ujarnya.

Sebelumnya, Minggu (23/12/2018), Kapal wisata KM Lahila tenggelam di wilayah perairan Pulau Padar, Kawasan Taman Nasional Komodo (TNK), Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Koordinator Pos SAR Manggarai Barat Edi Suryono mengatakan, kapal nahas itu mengangkut 11 orang wisatawan domestik. "Dari 11 penumpang tersebut, lima orang dilaporkan selamat dan enam orang lainnya belum diketahui keberadaan mereka,"ungkap Edi kepada Kompas.com, Minggu siang.

Data yang diperoleh sementara, lanjut Edi, kapal itu dinahkodai oleh Sudarlim (L) dan tiga orang kru kapal masing-masing Nurtin, Hartono, dan Elias. Sedangkan 11 orang wisatawan domestik sebut Edi, diantaranya Dr Yudi Prayudi, Dr Tyas Priyayi, Sekar Ayu Padmadhani, Raditya Arif Pambudi, Pramathya Hadi Wicaksono, Ervin, dan Grogorius.

Menurut Edi, setelah menerima laporan, tim SAR gabungan kemudian berangkat dari Pelabuhan Labuan Bajo untuk melaksanakan pencarian di tempat kejadian dan akan mengevakuasi korban yang selamat. "Untuk kronologi lengkap dan penyebab kecelakaan itu masih kami himpun," tutupnya. 0 KMP




Berita Lainnya
Senin, 01 Juli 2019
Sabtu, 29 Juni 2019
Kamis, 27 Juni 2019
Rabu, 26 Juni 2019
Senin, 24 Juni 2019
Minggu, 23 Juni 2019
Kamis, 20 Juni 2019
Selasa, 18 Juni 2019
Sabtu, 15 Juni 2019
Kamis, 13 Juni 2019
Selasa, 11 Juni 2019
Jumat, 07 Juni 2019