Selasa, 10 September 2019

Hadapi Thailand, Simon Ultimatum Pemain Senior

Hadapi Thailand, Simon Ultimatum Pemain Senior

Beritabatavia.com - Berita tentang Hadapi Thailand, Simon Ultimatum Pemain Senior


PELATIH tim nasional (timnas) Indonesia, Simon McMenemy, mencoba terus meningkatkan mentalitas skuat Timnas senior Garuda jelang pertandingan ...

Ist.
Beritabatavia.com -
PELATIH tim nasional (timnas) Indonesia, Simon McMenemy, mencoba terus meningkatkan mentalitas skuat Timnas senior Garuda jelang pertandingan kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 kontra Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta, Selasa (10/9) malam WIB. Menurut dia, tidak mudah bagi pasukannya melupakan kekalahan 2-3 dari Malaysia pada laga pertama kualifikasi pekan lalu.

"Besok (nanti malam) pertandingan besar, kami masih susah move on dari pertandingan terakhir (kalah dari Malaysia), masih ada pemain yang sedih. Namun, kami profesional, hidup kami ditentukan karena kami menang," kata Simon dalam keterangan resminya, Selasa (10/

Simon menegaskan, sudah memberi ultimatum pada anak asuhnya untuk tampil dengan kualitas sama dengan laga melawan Malaysia atau lebih baik saat menghadapi Thailand. Menurut dia, penentuan kualitas tim dapat dibuktikan saat mampu bangkit dari kekalahan. "Satu hal yang saya suka dari pemain (Indonesia) adalah keinginan untuk bangkit," ujar pelatih asal Skotlandia itu.

Meski para pemainnya sempat keletihan menghadapi jadwal pertandingan yang padat, Simon memastikan stamina anak asuhnya tetap terjaga hingga 90 menit. Sebab, ia menekankan untuk tetap menjaga tempo permainan di babak kedua untuk mencegah terulangnya kesalahan pada laga sebelumnya.

"Tantangannya adalah cara bermain bagus di babak kedua, saya akan mengatur stamina pemain agar tak terlalu boros. Pemain siap secara fisik dan mental. Mungkin banyak kritik, tapi pemain saya adalah petarung," ujarnya menegaskan.

Soal kekuatan Thailand, Simon menilai permainan Tim Gajah Putih itu akan tetap menakutkan meski hanya menurunkan 10 pemain. "Mereka punya teknik dan pemain yang bermain di luar negeri. Tantangannya tentu beda ketika lawan Thailand. Pendekatan strategi harus lebih kuat," kata Simon.

Ia menilai, kualitas yang dimiliki Thailand sangat berbeda dengan tim lain di Asia Tenggara. Secara rekor, ia juga mengakui Indonesia masih kalah dengan Thailand, yakni tiga kemenangan dari total 13 pertemuan sejak 1997. "Namu, rekor itu ada untuk dipecahkan. Walaupun lawan Brasil, Inggris, tidak ada bedanya. Setiap tim punya kesempatan untuk menang," ujarnya.

Pelatih asal Skotlandia itu menegaskan kepada pemainnya untuk tetap fokus dalam 90 menit pertandingan. Simon berpendapat, kualitas sebuah tim dibuktikan dari kemampuan bangkit dari keterpurukan pada laga-laga sebelumnya. "Tantangannya adalah cara bermain bagus di babak kedua, saya akan mengatur stamina pemain agar tak terlalu boros. Pemain siap secara fisik dan mental. Mungkin banyak kritik tapi pemain saya adalah petarung." sambungnya.

Kiper sekaligus kapten timnas, Andritany Ardhiyasa, menyatakan siap mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia saat menghadapi Thailand. "Kekalahan kemarin (dari Malaysia) sangat menyedihkan. Kami akan fokus mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia dengan kemenangan," kata Andritany dalam konferensi pers jelang laga, Selasa (9/9).

Ia dan pemain lain tak ingin terlalu berlarut-larut dalam keterpurukan pascakekalahan atas Malaysia. Mengemban dua posisi vital sebagai kiper dan kapten membuatnya siap dikritik soal performanya di bawah mistar gawang. "Secara fisik dan mental saya siap. Saya biasa dikritik karena itu bagian dari pekerjaan saya," ujar dia.

Dari segi statistik, yang menunjukkan Indonesia hanya menang tiga kali dari total 13 pertemuan kontra Thailand, tak dipusingkan Andritany. Menurut dia, semua tim memiliki kesempatan yang sama untuk menang.

Sebagai pemimpin skuat di atas lapangan, ia sudah memupuk kepercayaan diri tampil di depan puluhan ribu suporter yang akan datang langsung ke stadion. "Mau lawan Brasil, Inggris, apa pun itu sama saja. Kami hanya ingin menang," kata dia 0 RIO
Berita Lainnya
Minggu, 03 November 2019
Minggu, 03 November 2019
Sabtu, 02 November 2019
Kamis, 31 Oktober 2019
Kamis, 31 Oktober 2019
Rabu, 30 Oktober 2019
Selasa, 29 Oktober 2019
Senin, 28 Oktober 2019
Senin, 28 Oktober 2019
Sabtu, 26 Oktober 2019
Jumat, 25 Oktober 2019
Jumat, 25 Oktober 2019