Rabu, 18 September 2019

Menkes: Vape Merusak Kesehatan

Menkes: Vape Merusak Kesehatan

Beritabatavia.com - Berita tentang Menkes: Vape Merusak Kesehatan

MENTERI Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek, mengingatkan bagi  penggunan rokok elektrik (e-cigarette/vape) yang kerapkali dikonsumsi masyarakat ...

Ist.
Beritabatavia.com - MENTERI Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek, mengingatkan bagi  penggunan rokok elektrik (e-cigarette/vape) yang kerapkali dikonsumsi masyarakat khususnya remaja dan anak sekolah hendaknya segera menghentikan merokok Vape karena dapat merusak kesehatan.

"Vape sudah jelas ya, ada terbukti merusak kesehatan seharusnya itu dilarang kaeana kalau dari dulu saya sudah mengatakan bahwa vape itu lebih buruk, " kata Nila saat di temui di gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, (18/9).

Alasan penggunaan rokok elektronik yang terlihat melakukan pengisapan udara saat dikonsumsi tersebut merupakan salah satu yang dinilai membahayakan kesehatan "Karena itu dihisap udaranya ke dalam dan kita tidak tahu itu isinya apa, " ucapnya.

Namun demikian, saat disinggung mengenai regulasi yang akan dilakukan oleh pihaknya, Nila mengungkapkan bahwa itu buka merupakan kebijakannya. "Regulasi bukan dari kami (Kemenkes), mungkin itu dari Kementerian Perdagangan," pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) mengaku sudah membuat policy paper terkait dengan peredaran rokok elektrik (e-cigarette/vape).
BPOM  pun telah mengirimnya kepada Kementerian Kesehatan dan Kementerian Perdagangan dengan harapan bisa dijadikan dasar kebijakan bagi pelarangan peredaran rokok jenis baru itu.

"Badan POM sudah menginisiasi dengan menguji dan menjadikan sebagai kajian dan melakukan FGD. Hasilnya sudah tertulis dalam policy paper," ujar Kepala Badan POM, Penny K Lukito.

Dijelaskan, Badan POM tidak berwenang melakukan penindakan terhadap peredaran vape tersebut. Namun, dia menegaskan sikap Badan POM sudah jelas dengan tidak memberikan izin edar vape karena mengandung narkotika. 0 MIO
Berita Lainnya
Rabu, 13 November 2019
Selasa, 12 November 2019
Jumat, 08 November 2019
Kamis, 07 November 2019
Minggu, 03 November 2019
Jumat, 01 November 2019
Rabu, 30 Oktober 2019
Selasa, 29 Oktober 2019
Sabtu, 26 Oktober 2019
Jumat, 25 Oktober 2019
Kamis, 24 Oktober 2019
Rabu, 23 Oktober 2019