Rabu, 27 November 2019 16:16:33

Mau Tahu Penyebab Cepat Lelah Saat Olahraga?

Mau Tahu Penyebab Cepat Lelah Saat Olahraga?

Beritabatavia.com - Berita tentang Mau Tahu Penyebab Cepat Lelah Saat Olahraga?

PENYEBAB cepat lelah saat olahraga dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Walaupun olahraga memiliki dampak agar kamu lebih sehat, namun ...

 Mau Tahu Penyebab Cepat Lelah Saat Olahraga? Ist.
Beritabatavia.com -
PENYEBAB cepat lelah saat olahraga dipengaruhi oleh pola hidup yang tidak sehat. Walaupun olahraga memiliki dampak agar kamu lebih sehat, namun jika pola hidup yang kamu jalankan tidak sehat, malah akan mengakibatkan sebaliknya.

Olahraga yang seharusnya menjadi kegiatan yang membuat tubuh lebih bugar malah membuat kamu semakin lemas. Beberapa faktor seperti kondisi kesehatan, makanan yang dikonsumsi, atau waktu istirahat yang kurang harus benar-benar diperhatikan.

Penyebab cepat lelah saat olahraga harus segera dihindari jika tidak ingin usaha yang kamu lakukan menjadi sia-sia. Tentunya kamu tidak ingin hanya berolahraga beberapa menit saja sudah membuat lelah dan lemas. Padahal yang kamu inginkan adalah kesehatan dan kebugaran.

Inilah penyebab cepat lelah saat olahraga, yang dihimpu dari berbagai sumber, Rabu (27/11), antara lain:

#. Tidak Cukup Istirahat
Penyebab cepat lelah saat berolahraga yang pertama adalah tidak cukup istirahat. Kementerian Kesehatan Indonesia menyarankan waktu tidur yang cukup setidaknya 6-8 jam. Jika kurang dari itu, maka kamu bisa jadi cepat lelah saat olahraga. Saat tubuh tak cukup beristirahat, hormon kortisol akan meningkat. Hal ini bisa memicu stres dan menghambat pemulihan tubuh dari stres. Ini bisa mengakibatkan rasa lelah yang berkepanjangan. Salah satu cara untuk meredam stres agar mendapatkan kualitas tidur yang baik adalah dengan meditasi. Sebuah studi menemukan bahwa meditasi mindfullness dapat meningkatkan kualitas tidur, terutama bagi seseorang yang sering mengalami gangguan tidur.

#. Dehidrasi
Penyebab cepat lelah saat berolahraga selanjutnya adalah dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi menyebabkan tubuh jadi kekurangan volume darah. Akibatnya, saat berolahraga, jantung akan berdetak lebih cepat dan kuat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan oksigen ke otot. Ditambah lagi, tubuh akan mengeluarkan banyak cairan melalui keringat. Tubuh pun jadi kehilangan cairan elektrolit. Jika asupan cairan tidak cukup, tubuh jadi cepat lelah saat melakukan aktivitas fisik.

#. Kekurangan Karbohidrat
Kekurangan karbohidrat juga merupakan salah satu penyebab cepat lelah saat olahraga. Jika kamus sedang mengurangi asupan karbohidrat dalam program diet, sebaiknya pikirkan terlebih dulu sebelum berolahraga. Karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh. Karbohidrat nantinya akan dipecah menjadi glukosa yang dapat membentuk energi. Meskipun tubuh bisa mengambil energi dari lemak dan protein, tetapi asupan karbohidrat dapat membuat kamu lebih mudah berenergi

#. Kekurangan Zat Besi
Selain karbohidrat, kekurangan zat besi juga menjadi penyebab cepat lelah saat olahraga. Jika tubuh kekurangan zat besi, otomatis tubuh akan cepat mudah lelah. Terutama dalam masa menstruasi, tubuh mengeluarkan banyak zat besi dalam darah. Jumlah zat besi yang rendah dapat menurunkan kadar oksigen yang beredar dalam tubuh. Hal ini juga berdampak pada penurunan energi pada otot dan otak. Kamu bisa memperoleh zat besi dari beragam makanan, seperti daging ayam dan ikan, kacang-kacangan, buah bit, brokoli, maupun sayuran hijau.

#. Tak beri Jeda untuk Tubuh Istirahat
Penyebab cepat lelah saat olahraga selanjutnya adalah tidak memberi jeda untuk tubuh beristirahat. Ketika otot tubuh lelah, itu tandanya tubuh sedang stres.
Berolahraga dapat meningkatkan stres oksidatif dan bisa berdampak pada kerusakan jaringan. Jika memaksa tubuh tetap berolahraga tanpa jeda istirahat, kamu bisa mengalami cedera serius. Kelelahan yang ekstra akibat olahraga berlebihan juga bisa menimbulkan masalah serius pada kesehatan mental. Alangkah lebih baik jika kamu memberikan waktu rehat yang cukup untuk tubuh. Setidaknya tubuh perlu memulihkan diri dua hari dalam seminggu.

#. Sedang Mengonsumsi Obat
Obat-obatan juga bisa menjadi penyebab cepat lelah saat olahraga. Dilansir dari Live Strong,  obat golongan beta blocker dapat menurunkan tekanan darah. Saat berolahraga, kamu akan merasa sangat lelah ketika tidak cukup darah yang terpompa ke otak dan otot karena obat tersebut menjaga agar denyut jantung tidak mencapai angka tertentu. Selain itu, obat golongan statin untuk menurunkan kolestrol tinggi, juga memiliki dampak yang sama. Obat statin bekerja dalam menghalangi coenzyme Q10, yang membuat nutrisi untuk produksi energi dalam tubuh. Beberapa orang mengalami kram otot atau kelelahan ekstra saat mengonsumsi obat tersebut.

#. Memiliki Kondisi Tiroid
Mudah lelah karena kehabisan energi saat olahraga, mungkin terjadi karena tiroid bermasalah. Menurut American Thyroid Association, 1 dari 8 perempuan mengalami gangguan tiroid. Hormon tiroid sendiri memiliki peran penting dalam mengatur metabolisme tubuh. Hormon ini dapat mengubah makanan sebagai energi. Cara mudah mengatasinya adalah dengan konsumsi zink, selenium, dan zat besi. Mineral tersebut dapat diperoleh dari rumput laut, telur, ikan, dan garam meja

Cara Mengatasi Cepat Lelah saat Olahraga:  Biasakan diri untuk berolahraga,  Jangan pernah melewatkan pemanasan dan pendinginan,  Minum air putih yang cukup,  Cukupi waktu tidur, Perhatikan asupan karbohidrat,  Waspadai alergi atau asma dan Jangan memaksakan diri melakukan olahraga berat.  0 KAY
Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Rabu, 08 Februari 2023
Sabtu, 04 Februari 2023
Kamis, 05 Januari 2023
Senin, 19 September 2022
Senin, 13 Juni 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 26 April 2022
Selasa, 19 April 2022
Senin, 18 April 2022
Senin, 18 April 2022
Jumat, 18 Maret 2022
Kamis, 20 Januari 2022