Rabu, 08 Januari 2020 18:43:48

Ukraine Airlines Jatuh di Iran, 180 Penumpang Tewas

Ukraine Airlines Jatuh di Iran, 180 Penumpang Tewas

Beritabatavia.com - Berita tentang Ukraine Airlines Jatuh di Iran, 180 Penumpang Tewas

Pesawat penumpang Ukraine International Airlines jatuh di Parand, wilayah barat daya Teheran Rabu (8/1) pagi waktu setempat. Pesawat Boeing ...

  Ukraine Airlines Jatuh di Iran, 180 Penumpang Tewas Ist.
Beritabatavia.com -

Pesawat penumpang Ukraine International Airlines jatuh di Parand, wilayah barat daya Teheran Rabu (8/1) pagi waktu setempat. Pesawat Boeing 737-800 yang mengangkut 180 penumpang dan awak pesawat itu jatuh tak lama setelah lepas landas di Bandara Imam Khomeini di Teheran, Iran, dan dilaporkan seluruh penumpang serta awak pesawat tewas.

Dikutip dari AFP, Rabu (8/1) melaporkan sulit kemungkinan bahwa seluruh penumpang serta awak pesawat dalam penerbangan PS-752 selamat," kata kepala Bulan Sabit Merah Iran kepada kantor berita ISNA.

Mengacu pada informasi yang didapat dari pelacak penerbangan Flighradar24, penerbangan itu dijadwalkan lepas landas pukul 5:15 pagi waktu Teheran menuju ke Bandara Internasional Boryspil di ibukota Ukraina, Kiev. Namun, pesawat baru diberangkatkan hampir satu jam kemudian yakni pada pukul 06.12.

Sebuah video yang diunggah oleh kantor berita ISNA Iran menunjukkan adanya cahaya redup yang terlihat samar, sesaat sebelum terlihat ledakan besar dari pesawat yang jatuh.

Gulf News mengacu pada laporan ISNA, menyebut kecelakaan ini dilatarbelakangi masalah teknis. Informasi mengenai korban yang jatuh dari insiden ini masih akan terus diperbaharui.

Pernyataan ini juga disampaikan oleh akun The Boeing Company @Boeing. "We are aware of the media reports out of Iran and we are gathering more information." The Boeing Company (@Boeing) January 8, 2020

Sedikitnya sepuluh ambulans juga telah dikerahkan ke lokasi kejadian. Kepala Layanan Medis Darurat Iran Pirhossein Koulivand mengatakan petugas darurat telah dikerahkan ke tempat kejadian, akan tetapi tindakan penyelamatan belum dapat dilakukan karena api masih terus berkobar.

Belum diketahui penyebab kecelakaan itu. Dugaan sementara pesawat itu jatuh karena masalah teknis. Layanan pelacakan penerbangan FlightRadar 24 mengatakan dalam sebuah tweet bahwa jet tersebut telah beroperasi selama sekitar tiga setengah tahun.

Namun Kantor berita Associated Press melaporkan pesawat yang lepas landas dari Bandara Internasional Khomeini itu kemungkinan mengalami kerusakan mesin.

Reza Jafarzadeh, juru bicara badan penerbangan sipil Iran, mengatakan tim penyelidik sudah berada di lokasi kecelakaan di arah barat daya pinggiran Ibu Kota Iran. “Setelah lepas landas dari Bandara Internasional Imam Khomeini, pesawat jatuh di antara Parand dan Shahriar,” kata Jafarzadeh.

Menurut data penerbangan dari bandara itu, pesawat Boeing seri 737-800 yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan Ukraine International Airlines itu lepas landas dan hampir seketika berhenti mengirim data.

Kecelakaan itu terjadi hanya beberapa jam setelah Iran melancarkan serangan rudal balistik ke dua pangkalan di Irak yang menjadi tempat bagi pasukan AS. Serangan itu adalah pembalasan atas serangan AS yang menewaskan pejabat Garda Revolusioner Iran, Jenderal Qassem Soleimani.

Sebelumnya, Badan Regulator Penerbangan Sipil Amerika Serikat (Federal Aviation Administration/FAA) mengeluarkan larangan bagi maskapai penerbangan AS untuk melintasi wilayah udara Iran, Irak, dan Teluk Persia, menyusul serangan rudal Iran. 0 RAN

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Selasa, 14 Januari 2020
Minggu, 12 Januari 2020
Sabtu, 11 Januari 2020
Jumat, 10 Januari 2020
Kamis, 09 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019
Minggu, 29 Desember 2019
Senin, 30 Desember 2019