Jumat, 14 Februari 2020 18:04:40

Setara Institute : Kepala BPIP Lebih Baik Optimalkan Kinerja

Setara Institute : Kepala BPIP Lebih Baik Optimalkan Kinerja

Beritabatavia.com - Berita tentang Setara Institute : Kepala BPIP Lebih Baik Optimalkan Kinerja

Pernyataan Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, yang menuai polemik dan mengguncang jagat wacana di negeri ini. Setara Institute menyarankan agar ...

Setara Institute : Kepala BPIP Lebih Baik  Optimalkan Kinerja Ist.
Beritabatavia.com - Pernyataan Kepala BPIP, Prof Yudian Wahyudi, yang menuai polemik dan mengguncang jagat wacana di negeri ini. Setara Institute menyarankan agar kepala BPIP lebih baik optimalkan kinerja.
Seperti disampaikan Direktur Riset Setara Institute, Halili, dalam keterangan persnya, Jumat (14/2). Dikatakan, pernyataan Prof Yudian yang dilansir media, mengatakan "Si Minoritas ini ingin melawan Pancasila dan mengklaim dirinya sebagai mayoritas. Ini yang berbahaya. Jadi kalau kita jujur, musuh terbesar Pancasila itu ya agama, bukan kesukuan". Konteks pernyataan tersebut, sebagaimana diberitakan pada laman daring yang sama adalah “Belakangan ada kelompok yang mereduksi agama sesuai kepentingannya sendiri, yang tidak selaras dengan nilai-nilai Pancasila. Seperti Ijtima Ulama untuk menentukan calon Wakil Presiden. Kemudian mereka kecewa, karena manuvernya tidak seperti yang diharapkan, apalagi cenderung dinafikan oleh politisi yang disokongnya.

Sayangnya, kata Halili,  yang menjadi konsumsi awam, juga oknum anggota DPR, Partai Politik, Pimpinan MUI, Pimpinan Ormas Islam, dan bahkan beberapa intelektual di Perguruan Tinggi adalah “Agama Musuh Pancasila”.

Padahal, jika dibaca teks dan konteksnya secara utuh, wacana utama yang dapat diinterpretasi dari pernyataan Kepala BPIP adalah “Sekelompok minoritas yang mengatasnamakan mayoritas telah menggunakan agama untuk memusuhi Pancasila”  juga “Terdapat sekelompok orang yang menggunakan agama untuk kepentingan politik kelompoknya”.

Dalam pandangan Setara Institute, kata Halili, apa yang disampaikan Kepala BPIP faktual adanya. Sebagai pejabat publik, dia secara terbuka mengakui bahwa ada sekelompok orang, yang mereduksi agama, mengatasnamakan agama, dan mengaku mewakili pemeluk agama mayoritas, telah menggunakan agama untuk memusuhi Pancasila.

Mengacu pada data longitudinal SETARA Institute, 2007-2018, Halili menjelaskan,  kelompok-kelompok intoleran, telah melakukan sejumlah pelanggaran kebebasan beragama/berkeyakinan. Dalam 12 tahun, telah terjadi 2.400 peristiwa pelanggaran KBB dengan 3.177 tindakan. Data pelanggaran tersebut menegaskan bahwa individu dan kelompok intoleran telah nyata-nyata melanggar hak konstitusional warga untuk beragama/berkeyakinan yang dijamin oleh Pasal 28E Ayat (1) serta Pasal 29 Ayat (2) Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yang nilai dasar normatifnya bersumber dari Pancasila sebagai Dasar Negara dan Sumber dari segala sumber hukum.

Namun demikian, kata Halili, Setara Institute mengingatkan Kepala BPIP bahwa ruang publik merupakan ruang kontestasi wacana, gagasan, dan narasi. Dalam saluran komunikasi publik yang terbuka, Kepala BPIP seharusnya lebih berhati-hati dalam melontarkan wacana sehingga dialektika publik yang berkembang tidak kontraproduktif terhadap kelembagaan BPIP dan efektivitas kerja-kerja BPIP.

Setara Institute menyarankan, daripada melontarkan wacana yang memantik kegaduhan di ruang publik yang melemahkan urgensi pembinaan ideologi Pancasila. Sebaiknya Kepala BPIP mengoptimalkan kinerja dalam senyap dan lebih memprioritaskan untuk memobilisasi energi, sumber daya, dan kewenangan institusional BPIP dalam memajukan kesetaraan hak dan kedudukan seluruh warga. Membangun perilaku kolektif—terutama dimulai dari penyelenggara negara, dan mengembangkan panduan etik tata kelola pemerintahan negara yang inklusif bagi seluruh warga negara Indonesia, sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
Setara Institute  juga mengajak publik untuk mewaspadai narasi-narasi yang secara sengaja dibangun oleh kelompok-kelompok tertentu untuk mendelegitimasi Pancasila. Seraya terus mengawal secara kritis kinerja Kepala BPIP dan kelembagaan BPIP agar berkontribusi optimal bagi penguatan kebinekaan dan negara Pancasila. O son

 

Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024
Minggu, 17 Maret 2024
Jumat, 15 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024
Kamis, 14 Maret 2024