Selasa, 03 Maret 2020 12:37:17

Pesta Dansa Penyebar Corona

Pesta Dansa Penyebar Corona

Beritabatavia.com - Berita tentang Pesta Dansa Penyebar Corona

Klub Amigos, tempat hiburan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, tetap beroperasi seperti biasa.  Meski disebut tempat seorang warga Depok, ...

Pesta Dansa Penyebar Corona Ist.
Beritabatavia.com -

Klub Amigos, tempat hiburan di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, tetap beroperasi seperti biasa.  Meski disebut tempat seorang warga Depok, Jawa Barat,  terinfeksi virus corona (covid-19), pada 14 Februari 2020 lalu. Saat itu, warga yang tertular virus corona mengunjungi klub Amigos dan berdansa dengan teman dekatnya seorang warga Jepang untuk merayakan pesta hari valentine.

Agus, manager Klub Amigos, saat ditemui Senin (2/3) mengatakan, klub sudah dibuka sejak pukul 10.00 WIB.

"Kita tetap buka, biasanya memang hari Senin pengunjung sepi, tapi kita lihat besok setelah kabar ini diklarifikasi, apakah ada dampak atau tidak," kata Agus.

Agus menyebutkan, managemen dan karyawan kaget, setelah mendengar kabar pasien positif corona (covid-19) terkonfirmasi setelah berinteraksi dengan warga negara Jepang di klub.

Dinyatakan, WNA Jepang yang tinggal di Malaysia tersebut pernah menghadiri pesta dansa di sebuah klub bernama Paloma dan Amigos pada 14 Februari 2020 bersama WNI yang positif corona.

Agus mengatakan, alasan Amigos Klub tetap beroperasi karena yakin tidak ada penyebaran corona di klub itu. Terbukti tidak ada satu pun karyawan Amigos Klub termasuk dirinya yang mengalami sakit atau gangguan kesehatan sejak 14 Februari 2020.

"Dari tanggal 14 februari sampai detik ini, bisa saya yakini  semua karyawan saya sehat," kata Agus.

Selain itu, manajemen klub menerapkan standar layanan yang tinggi selama beroperasi sejak tahun 1979. Amigos tidak memperbolehkan karyawan yang sedang pilek untuk bertugas di depan maupun di belakang, juga memberlakukan "general check up" setiap sebulan sekali kepada karyawan.

Agus berharap, kabar tentang corona yang disematkan kepada Amigos Club yang diduga jadi tempat dansa pasien positif corona dengan WNA Jepang dapat dikonfirmasi ulang oleh pemerintah.

"Jangankan mengenai masalah corona. Pilek aja itu benar benar harus kita cegah, baik karyawan mau di depan ataupun mau di belakang, contoh kita menggunakan sarung tangan, general cleaning di sini setiap minggu," kata Agus.

Dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif terinfeksi virus corona. Saat ini dirawat di ruang isolasi di RSPI Dr Sulianti Saroso, Jakarta.
Kedua orang yang terinfeksi adalah seorang ibu berusia 64 tahun dan anaknya berusia 31 tahun.

Infeksi tersebut berawal saat sang anak yang merupakan guru dansa mengikuti pertemuan klub dansa di salah satu klub di Jakarta. Saat acara tersebut, ia berdansa dengan seorang WN Jepang yang merupakan teman dekatnya.

WN Jepang itulah yang menularkan virus corona. Saat WN Jepang kembali ke Malaysia, ia dinyatakan positif terinfeksi virus corona dan saat ini dirawat di Malaysia.

Berikut kronologi lengkap WNI yang tertular virus corona:
14 Februari 2020
Sianak berusia 31 tahun menghadiri acara klub dansa di Jakarta. Ia sempat berdansa dengan WN Jepang.
16 Februari 2020
Merasakan gejala demam, batuk dan sesak napas. Keluhan tersebut dirasakan selama 10 hari.
20 Februari 2020
Anak melakukan kontak dengan sang ibu.
22 Februari 2020
Ibu mulai menunjukkan gejala sama dengan anak, yakni demam, batuk dan sesak napas.
26 Februari 2020
Keluhan tak kunjung sembuh, kedua pasien memutuskan berobat ke RS Mitra Depok. Dari hasil pemeriksaan anak didiagnosa broncopneumonia, dugaan terinfeksi virus corona dengan riwayat kontak kasus positif corona.
Sementara sang ibu didiagnosa tifoid, Infeksi Saluran Pernapasan dan dugaan terinfeksi virus corona.
29 Februari 2020
Kedua pasien dirujuk ke RSPI Dr Sulianti Saroso.
1 Maret 2020
Kedua pasien diperiksa oleh tim medis kemudian hasil pemeriksaan dibawa ke Litbangkes. Dari hasil pemeriksaan, keduanya dinyatakan positif terinfeksi virus corona. O suara/red
 

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 24 Januari 2020
Selasa, 21 Januari 2020
Jumat, 17 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Senin, 13 Januari 2020
Sabtu, 11 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019
Minggu, 29 Desember 2019
Sabtu, 28 Desember 2019