Selasa, 07 April 2020 14:52:57

Cegah Penularan Virus Corona, Korlantas Polri Siapkan Aturan Mudik

Cegah Penularan Virus Corona, Korlantas Polri Siapkan Aturan Mudik

Beritabatavia.com - Berita tentang Cegah Penularan Virus Corona, Korlantas Polri Siapkan Aturan Mudik

Meskipun mudik saat jelang Idul Fitri sudah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Kemungkinan arus mudik Idul Fitri tahun 2020 ini, akan berbeda ...

Cegah Penularan Virus Corona, Korlantas Polri Siapkan Aturan Mudik Ist.
Beritabatavia.com - Meskipun mudik saat jelang Idul Fitri sudah tradisi bagi masyarakat Indonesia. Kemungkinan arus mudik Idul Fitri tahun 2020 ini, akan berbeda dengan sebelumnya. Selain ancaman wabah virus corona atau covid-19, pemerintah juga sudah mengimbau agar masyarakat tidak melakukan mudik pada Idul Fitri tahun ini. Karena potensi memicu penyebaran dan penularan virus corona  semakin meluas.

Namun, Polri sudah wanti-wanti apabila ada masyarakat yang tetap akan mudik,  yaitu wajib menaati segala ketentuan yang saat ini sedang digodok. Seperti disampaikan Kakorlantas Polri, Irjen Istiono, tentang regulasi pembatasan jumlah penumpang kendaraan bagi warga yang tetap memilih mudik. Ketentuan itu akan menjadi kewajiban yang harus ditaati setiap warga yang mudik pada Idul Fitri tahun ini.

“ Ini penting agar semuanya tetap terjaga kesehatannya. Kita buat regulasi pembatasannya. Tujuannya diharapkan nanti dapat menekan 50 persen dari kapasitas yang ada, sebagai komitmen menjaga jarak dan SOP kesehatan,” kata Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono, Selasa (7/4/2020).

Penerapan itu, Irjen Istiono melanjutkan, supaya masyarakat tetap sadar pentingnya sosial distancing dan physical distancing agar tetap sehat dan tak terpapar virus corona.
“Iya kita harus atur sebaik mungkin. Misalnya, untuk mobil sedan itu hanya diberlakukan untuk dua orang. Minibus cukup tiga orang. Depan, tengah, belakang, tiga orang. Roda dua satu orang saja,” tegasnya.

Nah, jika nantinya pemudik tidak mengikuti aturan ini, maka pihak kepolisian akan memintanya untuk putar balik atau kembali ke kediamannya di Jakarta. Menurut Irjen Istiono, untuk memastikan aturan tersebut berlaku,  polisi akan ditempatkan di beberapa titik termasuk dijalan tol, arteri dan juga jalan perbatasan. Patroli rutin juga akan disiagakan.

“Tentunya sanksi, tindak tegas, ini adalah operasi KLB, operasi kemanusiaan. Jadi yang melebihi kapasitas itu akan kita suruh putar balik. Suruh balik kanan, balik ke rumah saja, demi keselamatan dan kesehatan kita semua. Kita bareng-bareng melawan Covid-19,” pungkas Kakorlantas Polri Irjen Istiono. O son  
 

Berita Lainnya
Jumat, 22 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Jumat, 22 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Kamis, 21 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Rabu, 20 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Selasa, 19 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024
Senin, 18 Maret 2024