Kamis, 03 September 2020 10:22:12

Wah..Gaji Dipotong, Pemain Asing Hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia

Wah..Gaji Dipotong, Pemain Asing Hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia

Beritabatavia.com - Berita tentang Wah..Gaji Dipotong, Pemain Asing Hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia

Beberapa hari terakhir, setidaknya ada delapan pemain asing yang memutuskan hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia 2020. Padahal tidak lama lagi ...

Wah..Gaji Dipotong, Pemain Asing Hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia Ist.
Beritabatavia.com -

Beberapa hari terakhir, setidaknya ada delapan pemain asing yang memutuskan hengkang dari Klub Liga 1 Indonesia 2020. Padahal tidak lama lagi kompetisi sepak bola papan atas di Indonesia itu akan berlangsung.

Bahkan jumlah pemain asing yang meninggalkan Liga 1 disebut akan terus bertambah. Beragam alasan pemicu hengkangnya para pemain asing dari Liga 1 mulai mencuat kepermukaan. Diantaranya, adanya kebijakan yang membolehkan klub memotong gaji pemain sebesar 50 persen.

Pengamat sepakbola, Kesit B Handoyo mengatakan, pastinya menjadi pukulan telak buat klub-klub karena pemain asing menjadi tumpuan kekuatan utama mereka dalam  menghadapi kompetisi.

Namun, Kesit menambahkan, hengkangnya pemain asing dari klub-klub Liga 1 di saat kompetisi akan kembali digelar Oktober mendatang lebih karena alasan pemotongan gaji mereka yang mencapai hampir 50 persen.

"Wajar saja jika mereka memilih pulang kampung atau pindah ke klub lain di luar negeri karena gaji yang mereka terima dari klub di Liga 1 dipotong terlalu besar dan tidak sebanding dengan tugas mereka yang harus tetap bermain di kompetisi," kata Kesit B Handoyo.

Dia mengakui, pandemi Covid-19 membuat klub-klub berada dalam kesulitan keuangan yang terbilang parah karena tidak mendapatkan pemasukan akibat dihentikannya Liga 1. Kalau pun akan kembali digelar Oktober namun situasinya tetap tidak akan banyak menolong mereka dalam hal pemasukan keuangan akibat tidak diizinkannya penonton menyaksikan langsung di Stadion.

"Saat penonton hadir ke stadion pun sebenarnya tidak semua klub bisa menutupi seluruh kebutuhannya. Namun, paling tidak, pemasukan dari tiket bisa mengurangi beban yang ditanggung klub. Nah, bagaimana jika tidak ada penonton. Bisa dibayangkan bagaimana nasib keuangan klub. Pasti makin berantakan," ujar Kesit.  
Karena lanjutan Liga 1 tidak lagi menerapkan degradasi boleh jadi klub-klub tidak khawatir dengan kekuatan mereka walau tanpa pemain asing. Toh, kalau pun mereka terpuruk di akhir kompetisi mereka tetap aman, tambahnya.

liga1indonesia

Foto : Liga 1 Indonesia

Sementara, Presiden Persik Kediri, Abdul Hakim, mengungkapkan bahwa Ante Bakmaz enggan kembali ke Indonesia karena mendapatkan tawaran bermain dari salah satu klub asal Qatar.

"Dia ada kesempatan bermain di Liga Qatar. Jadi, kami tidak bisa menahan karena ada peluang bagus di sana. Apalagi saat itu, Liga 1 Indonesia belum ada kejelasan soal kelanjutannya," kata Abdul Hakim.

Dalam sepekan terakhir, sejumlah pemain asing yang meninggalkan Klub Liga 1 Indonesia 2020.

1.Petteri Pennanen (Tira-Persikabo).

2. Jonathan Bauman (Arema FC).

3. Oh In-kyun (Arema FC).

4. Rafinha (Persela Lamongan).

5 Sylvano Comvalius (Persipura Jayapura).

6. Mateo Bustos (Persita Tangerang).

7. Ante Bakmaz (Persik Kediri).

8. Nikola Asceric (Persik Kediri). 0 son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Jumat, 17 Januari 2020
Kamis, 16 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Senin, 13 Januari 2020
Minggu, 12 Januari 2020
Sabtu, 11 Januari 2020
Jumat, 10 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Selasa, 07 Januari 2020
Senin, 06 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019