Sabtu, 06 Maret 2021 09:55:27

Awalnya WFH Menyenangkan...

Awalnya WFH Menyenangkan...

Beritabatavia.com - Berita tentang Awalnya WFH Menyenangkan...

Pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar orang harus bekerja atau melakukan aktivitas dari rumah work from home (WFH). Apalagi selain WFH, ...

Awalnya WFH Menyenangkan... Ist.
Beritabatavia.com -

Pandemi Covid-19 memaksa sebagian besar orang harus bekerja atau melakukan aktivitas dari rumah work from home (WFH). Apalagi selain WFH, pemerintah juga mengimbau agar  perkantoran hanya memperbolehkan karyawannya bekerja di kantor maksimal 50 persen dari jumlah karyawan yang ada.  Sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran dan  penularan virus corona.

Awalnya WFH memang menyenangkan, karena bisa lebih dekat dengan anak-anak dan keluarga. Tetapi bila waktunya terlalu lama dapat memicu kebosanan bahkan menimbulkan  berbagai permasalahan baru, karena banyak waktu luang dapat membuat pekerjaan justru terbengkalai.  

Para pekerja kantoran akhirnya mengakui, bekerja di kantor jauh lebih mudah dan efektif serta menyenangkan. Bekerja dari rumah memiliki banyak tantangan tersendiri, apalagi dengan gangguan yang selalu datang kapan dan dimana saja.

Berikut ini beberapa hal yang harus dihindari jika harus bekerja di rumah :

Bekerja di  Tempat Tidur

Sangat menyenangkan jika bisa bekerja dari tempat tidur, tubuh bisa rileks dan santai. Namun nyatanya ini hanya jadi kesenangan semu, pasalnya bisa menjadi pemicu timbulnya rasa malas dan menurunkan produktivitas kerja. Mulai sekarang, hilangkan kebiasaan bekerja dari tempat tidur, sekalipun banyak fasilitas pendukung. Lakukan hal ini hanya saat merasa tidak mampu seperti sakit.

Cara meningkatkan produktivitas di rumah adalah membuat ruang kerja yang nyaman dan kondusif. Bagaimana jika tidak memiliki ruangan kerja khusus di rumah? Maka untuk tetap produktif dan semangat bekerja tetap tinggi, bekerjalah di lokasi yang strategis dan minim gangguan, gunakan meja di sudut ruangan atau di dekat jendela yang mendapatkan sinar matahari. Kemudian bayangkan jika sedang bekerja di meja kantor sehingga berkerja tidak menjadi beban.

Bekerja Terlalu Lama

Banyak orang yang menerapkan WFH mengeluh capek dan merasa bekerja lebih lama dari normalnya, padahal mengerjakan bagian yang sesuai dan pasti selesai saat dikerjakan di kantor.
Hal ini karena tidak menerapkan jadwal yang tepat. Pastikan membuat jadwal kerja, misalkan berangkat kerja jam 7 pagi dan mulai aktif bekerja jam 8 pagi.

Pastikan tidak menunda semua pekerjaan, sekalipun ini mudah dan bisa dikerjakan dengan cepat. Pilih waktu di pagi atau siang hari yang minim dari gangguan orang rumah, ini akan membuat anda lebih fokus dan pekerjaan selesai lebih cepat.

Kalau memang harus lembur karena deadline, lakukan saat semua orang sudah terlelap namun anda harus dalam kondisi fresh. Sebaiknya tidur atau istirahat terlebih dahulu minimal 60 menit, ini akan membuat otak bisa berhenti bekerja sejenak dan kembali lebih fresh lagi.

Tinggalkan Morning Routine

Inilah yang membuat WFH jadi buruk dan seperti di neraka, anda tidak menerapkan kebiasaan di pagi hari seperti saat bekerja normal. Sebaiknya tetap lakukan morning routine, mulai dari bangun pagi, mandi hingga sarapan. Atmosfernya seperti bekerja di kantor nantinya.

Anda akan merasa malas jika bangun pagi masih dengan baju tidur dan langsung bekerja, jika memang terpaksa sekalipun hasilnya tidak maksimal. Tubuh anda sudah terbiasa dengan aktivitas di pagi hari, boleh memang bersantai atau bangun siang saat akhir pekan. Namun tetap lakukan morning routine agar produktivitas kerja tetap terjaga.

Komunikasi Buruk

Bekerja dari rumah tentu tidak bisa bertemu dengan teman, partner hingga atasan secara langsung. Pastikan memiliki komunikasi dua arah yang bagus, ini hal kecil yang diabaikan dan akhirnya akan menghancurkan kerja sama team.

Anda tentu tidak bekerja sendiri di kantor bukan, ada puluhan bahkan ratusan karyawan yang saling terhubung satu sama lain. Saat harus menerapkan WFH, pastikan tetap melakukan komunikasi dengan baik, seolah bertemu seperti biasa, namun lakukan ini dengan media komunikasi seperti biasanya.

Tetap aktif telefon, video call atau berkirim pesan singkat. Ini akan kembali menghidupkan semangat dan seolah tetap dekat sekalipun terpisah jarak.

Sulit Kembali Bersosialisasi

Dampak terburuk dari terlalu lama WFH adalah sulit kembali bersosialisasi. Saat bertemu lagi nantinya akan terasa canggung dan enggan bertegur sapa, hal ini terjadi karena tidak ada lagi kontak fisik satu sama lain.

Kontak fisik yang dimaksud bukan sentuhan melainkan tidak ada lagi kegiatan yang dilakukan bersama. Misalkan seperti makan siang atau pergi keluar dalam rangka bekerja, ini akan melahirkan kedekatan satu sama lain.

Bagaimana cara untuk memudahkan sosialisasi kembali? Jangan ragu untuk menyapa dan cobalah untuk basa basi terlebih dahulu, ini akan mencairkan suasana sekalipun tidak kembali seperti semula.

Pastikan untuk kembali menjalin komunikasi yang intens satu sama lain dan hilangkan pikiran negatif. Cobakan untuk positif thinking pada orang lain, hal ini akan memudahkan untuk berkomunikasi kembali.

Bukan hal yang mudah memang menerapkan work from home dengan baik, bahkan hasilnya tidak bisa maksimal. Namun inilah new life yang muncul setelah adanya pandemi covid-19, ada baiknya mencoba untuk adaptasi agar tetap survive di masa yang sulit ini. 0 berbagai sumber/son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Senin, 09 Maret 2020
Selasa, 03 Maret 2020
Jumat, 24 Januari 2020
Selasa, 21 Januari 2020
Jumat, 17 Januari 2020
Selasa, 14 Januari 2020
Senin, 13 Januari 2020
Sabtu, 11 Januari 2020
Rabu, 08 Januari 2020
Minggu, 05 Januari 2020
Kamis, 02 Januari 2020
Selasa, 31 Desember 2019