Senin, 03 Januari 2022 09:59:43

Varian Omicron Tidak Membahayakan Paru-Paru

Varian Omicron Tidak Membahayakan Paru-Paru

Beritabatavia.com - Berita tentang Varian Omicron Tidak Membahayakan Paru-Paru

Hasil sejumlah studi terbaru berhasil memberikan pemahaman lebih  konfrehensif terkait virus Covid-19 varian Omicron. Diantaranya varian ...

Varian Omicron Tidak Membahayakan Paru-Paru Ist.
Beritabatavia.com -

Hasil sejumlah studi terbaru berhasil memberikan pemahaman lebih  konfrehensif terkait virus Covid-19 varian Omicron. Diantaranya varian Omicron cenderung  menyebabkan gejala Covid-19 yang lebih ringan.

Seperti studi yang dilakukan tim peneliti Jepang dan Amerika pada tikus dan hamster. Hasilnya menunjukan bahwa varian omicron menyebabkan infeksi dengan tingkat pengrusakan yang lebih rendah dan sering kali hanya terbatas pada hidung, tenggorokan, dan batang tenggorok.

Studi ini juga menemukan bahwa varian omicron tidak begitu membahayakan paru-paru bila dibandingkan varian sebelumnya. Seperti diketahui, varian-varian sebelumnya dapat memicu kesulitan bernapas dan luka pada paru-paru.

Dalam studi ini, peneliti juga menggunakan hamster Syrian. Pada studi-studi sebelumnya, hamster Syrian kerap mengalami sakit berat ketika terinfeksi oleh varian-varian Covid-19. Namun, ketika terinfeksi omicron, tampak mengalami gejala yang lebih ringan.

"Ini mengejutkan, mengingat varian-varian lain menyebabkan infeksi berat pada hamster-hamster ini," ungkap peneliti dan ahli virologi dari Washington University, dr Michael Diamond seperti dilansir laman news.com, Minggu (2/1/2022).

Studi berbeda juga dilakukan tim peneliti dari University of Hong Kong. Penelitian ini pun menunjukkan hasil serupa. Studi ini menggunakan jaringan yang diambil dari saluran pernapasan manusia.

Ada 12 sampel dari paru yang digunakan dalam studi. Hasil studi menunjukkan bahwa varian omicron berkembang lebih lambat dibandingkan varian delta dan varian-varian lain.

Studi lebih lanjut tentu akan dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih lanjut terkait varian omicron. Salah satunya adalah studi untuk mempelajari saluran pernapasan orang yang terinfeksi varian omicron.

Di sisi lain, temuan terbaru dalam studi-studi ini dapat menjelaskan mengapa orang yang terinfeksi varian omicron lebih jarang dirawat di rumah sakit dibandingkan orang yang terinfeksi varian delta. 0 red/son

Berita Terpopuler
Berita Lainnya
Minggu, 04 Oktober 2020
Kamis, 17 September 2020
Selasa, 23 Juni 2020
Kamis, 30 April 2020
Minggu, 05 April 2020
Kamis, 02 April 2020
Rabu, 01 April 2020
Senin, 16 Maret 2020
Selasa, 10 Maret 2020
Senin, 09 Maret 2020
Selasa, 03 Maret 2020
Jumat, 24 Januari 2020